Enter your keyword

Kunjungan Kuliah Lapangan Mahasiswa Summer Camp Dokumentasi Arsitektur (kegiatan MBKM)

Kunjungan Kuliah Lapangan Mahasiswa Summer Camp Dokumentasi Arsitektur (kegiatan MBKM)

Kunjungan Kuliah Lapangan Mahasiswa Summer Camp Dokumentasi Arsitektur (kegiatan MBKM)

Bandung, lib.itb.ac.id. Kamis, 16 Juni 2022, UPT Perpustakaan ITB menerima kunjungan kuliah lapangan Mahasiswa Program Studi Sarjana Arsitektur, Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) ITB Angkatan tahun 2020 dalam rangkaian kegiatan Summer Camp Dokumentasi Arsitektur (kegiatan MBKM). Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 80 mahasiswa didampingi asisten dan Dosen pendamping. Para peserta diterima oleh Kepala Bidang Layanan Pemustaka dan Literasi UPT Perpustakaan ITB, Bapak Yoka Adam Nugrahaa, S.Sos. Dalam penerimaannya, Bapak Yoka dan tim memandu para peserta menuju ruang pelatihan UPT Perpustakaan ITB Lantai 1 dimana di ruangan tersebut telah disiapkan bahan-bahan pembelajaran terkait dengan kebutuhan peserta kunjungan. Beberapa di antaranya yaitu arsip dokumen gambar denah Gedung UPT Perpustakaan ITB dan maket gedung. Selain itu, di ruangan pelatihan telah disiapkan pula Printer 3-D beserta peralatan virtual reality (VR) untuk dikenalkan kepada para peserta kunjungan.

Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan tersebut. Beberapa peserta mengobservasi proses pencetakan objek pada printer 3-D. Objek yang dicetak saat itu adalah Tongkonan atau rumah tradisional dari Tanah Toraja. Sementara itu, peserta lainnya mencoba menggunakan virtual reality (VR) mengeksplorasi program dan permainan yang tersedia pada peralatan tersebut. Sebagian besar peserta lainnya mempelajari arsip dokumen gambar dan denah gedung perpustakaan mulai dari tahun 1984 sampai dengan tahun 2013. Gedung UPT Perpustakaan ITB sendiri merupakan hasil rancangan Ir. Slamet Wirasonjaya, berlokasi di sebelah utara ITB Kampus Ganesa. Gedung unik yang tampak seperti tumpukan buku berundak-undak ini, sempat mengalami beberapa perubahan tampilan pada fasade gedung. Mulai dari awal ketika dibangun berupa tembok putih, kemudian berganti menjadi keramik berwarna dominan biru dan perubahan terakhir (saat ini) dengan dinding dari bahan panel metal Aluminium Composite (ACP) berwarna nuansa abu-abu metalik.

Setelah dari ruang pelatihan, para peserta melanjutkan observasinya dengan berkeliling ke lantai dua, tiga, dan empat. Para peserta memperhatikan pencahayaan alami yang sebagian besar masuk dari arah utara dan selatan gedung, sedangkan sinar matahari dari arah barat dan timur tidak langsung masuk ke dalam gedung perpustakaan karena bukaan yang minim pada sisi bagian ini. Hal ini tentunya menjadikan koleksi buku yang ada didalamnya, aman dari kerusakan sinar matahari langsung. Momen berkeliling ini juga dimanfaatkan peserta untuk mencari lokasi koleksi buku dengan subjek arsitektur. Sebagian besar peserta belum pernah mengunjungi perpustakaan karena adanya masa pembatasan saat pandemi. Pada kegiatan eksplorasi ruangan ini, sebagian peserta didampingi, sementara sisanya mengeksplorasi sendiri setiap ruangan di perpustakaan. Acara pada akhirnya ditutup dengan foto bersama di depan gedung perpustakaan.

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

X