Enter your keyword

Layanan Perpustakaan

PENELUSURAN E-BOOK

Akses  ke  seluruh  database e-book  yang  dilanggan  ITB  harus menggunakan ITB Account.

Etika Penelusuran E-Books yaitu:

    1. Akses  ke  seluruh  database e-book  yang  dilanggan  ITB menggunakan akun milik sendiri.
    2. Dilarang menyebarluaskan Informasi “username” dan “password” untuk akses e-books kepada pihak lain di luar sivitas akademika ITB, baik melalui website, open mailing list, log ataupun cara lain yang memungkinkan penggunaan oleh pihak-pihak di luar sivitas akademika ITB.
    3. Dilarang menggunakan  program  atau  aplikasi  atau sistem yang  membantu  proses  unduh  seperti Internet Download  Managers (IDM), web-spidering, web-crawling.
    4. Pelanggaran terhadap ketentuan di atas, akan dikenakan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku di ITB.

Akses di Dalam Kampus ITB

Cara akses e-book di dalam kampus menggunakan komputer dengan akses internet melalui:

a. Local Area Network (LAN) ITB; atau
b. Wi-Fi:
    – Eduroam
    – ITB Hotspot
c. Aktifkan openVPN ITB

Akses dari Luar Kampus ITB

Untuk akses e-book dari luar kampus ITB bagi Sivitas Akademika ITB, silahkan gunakan OpenVPN dengan aplikasi yang sesuai dengan sistem operasi yang digunakan. Keterangan lebih lanjut klik DI SINI.

Daftar E-Book yang dilanggan pada tahun 2023

1. McGrawHill Access Engineering Merupakan referensi teknik yang memberikan konten teknik interdisipliner yang terintegrasi dengan alat pengajaran dan pembelajaran analitik. Panduan McGrawHill Access Engineering Intro Student Video Tutorial Video
2. McGrawHill Access Pharmacy Merupakan akses full teks ke buku, video, tanya jawab terkait farmasi yang membangun fondasi penting untuk belajar, dan memungkinkan apoteker berpraktik mendapatkan informasi tentang obat, herbal, suplemen.

Panduan Access Pharmacy

Informasi Akses di ITB

3. Springerlink Merupakan akses perpetual e-book Springer yang berisi berbagai disiplin ilmu. Cara melihat koleksi yang dapat diakses adalah dengan uncheck list “Include preview only content.” Panduan Springerlink Tutorial Video
4. Wiley Online Library Merupakan akses perpetual E-Book Wiley tahun 2016, yang terdiri dari berbagai disiplin ilmu. ITB memiliki ebook Wiley sebanyak 341 judul untuk subjek multidisiplin, Sampai saat ini masih dapat diakses dengan daftaran e-book terlampir. Panduan Wiley Online Library
5. Taylor & Francis Menerbitkan buku untuk semua tingkat studi akademis dan pengembangan profesional, dalam berbagai mata pelajaran dan disiplin ilmu. Menerbitkan buku Ilmu Sosial dan Humaniora di bawah Routledge, Psychology Press dan Focal Press. Buku Sains, Teknologi, dan Kedokteran diterbitkan oleh CRC Press. Daftar Akses Database E-Book Taylor & Francis 2023

Open Access

  1. Open TextBook Library
  2. Directory of Open Access Book
  3. Project Gutenberg
  4. Internet Archive Books
  5. World Digital Library
  6. Open Library

Daftar E-Book Lainnya

PENELUSURAN E-JOURNALS

Akses  ke  seluruh  database e-journal  yang  dilanggan  ITB  harus menggunakan ITB Account.

Etika Penelusuran E-Journals

  1. Akses  ke  seluruh  database e-journal  yang  dilanggan  ITB menggunakan akun milik sendiri.
  2. Dilarang menyebarluaskan Informasi “username” dan “password” untuk akses ke e-journals kepada pihak lain di luar sivitas akademika ITB, baik melalui website, open mailing list, log ataupun cara lain yang memungkinkan penggunaan oleh pihak-pihak di luar sivitas akademika ITB.
  3. Dilarang menggunakan  program  atau  aplikasi  atau sistem  yang  membantu  proses  unduh  seperti Internet Download  Managers (IDM), web-spidering, web-crawling.
  4. Pelanggaran terhadap ketentuan di atas, akan dikenakan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku di ITB.

Akses di Dalam Kampus ITB

Cara akses database e-journal di dalam kampus menggunakan komputer/laptop dengan akses internet melalui:

a. Local Area Network (LAN) ITB; atau
b. Wi-Fi:
    – Eduroam
    – ITB Hotspot
c. Aktifkan openVPN ITB

Akses dari Luar Kampus ITB

Untuk akses database e-journal dari luar kampus ITB bagi Sivitas Akademika ITB, silahkan menggunakan OpenVPN dengan aplikasi yang sesuai dengan sistem operasi yang digunakan. Keterangan lebih lanjut klik DI SINI.

Daftar E-Journal yang dilanggan pada tahun 2023

1.

Association for Computing Machinery (ACM) Digital Library

ACM merupakan database yang berisi kumpulan publikasi dalam bentuk teks lengkap berfokus pada bidang disiplin ilmu komputasi, teknik informatika, dan teknologi informasi.

Panduan ACM

Tutorial Video 

Daftar Judul Artikel Penulis ITB di Association for Computing Machinery (ACM)

2.

American Chemical Society (ACS)

ACS merupakan database yang membantu para peneliti untuk menelusuri subjek terkait kimia dan teknik kimia melalui jurnal, dan majalah ilmiah.

Panduan ACS

Intro

Tutorial Video

3.

American Physical Society (APS)

APS merupakan organisasi nirlaba yang bekerja dalam bidang penelitian ilmu  fisika. Koleksinya mencakup fisika modern dengan perkembangan terkini di dunia fisika.

Panduan APS

Tutorial Video APS Journals

Tutorial Video Physical Review Journals

4.

American Society of Civil Engineering (ASCE)

Database yang terdiri dari hasil penelitian dalam bidang ilmu teknik sipil dan bidang subjek yang berkaitan seperti manajemen proyek, konstruksi, keberlanjutan serta bidang dengan topik khusus seperti rekayasa transportasi dan topik lainnya. 

Panduan ASCE

Tutorial Video 1

Tutorial Video 2

5.

IEEE Electronic Library (IEL)

IEEE merupakan database yang berisi artikel jurnal yang berfokus pada bidang teknik kelistrikan, ilmu komputer, teknik informatika, elektronika  dan teknologi informasi.

Panduan IEEE / IET Electronic Library (IEL) Getting Started and Saving Searches

Panduan IEEE / IET Electronic Library (IEL) Search and Save with Your File Cabinet

Tutorial Video

6.

Nature

Kumpulan artikel jurnal yang berfokus pada keilmuan sains, teknologi, dan perkembangan terkini ilmu pengetahuan.

Panduan Nature
7.

OnePetro

Kumpulan literatur teknis online untuk bidang subjek teknik perminyakan meliputi industri eksplorasi dan produksi minyak dan gas.

Panduan OnePetro

Tutorial Video

8.

ProQuest ABI/Inform Collection

ProQuest ABI/Inform Collection merupakan database yang menampilkan teks lengkap dari ribuan jurnal, kertas kerja, majalah bisnis dan ekonomi utama seperti Economist, laporan yang berfokus pada negara dan industri, serta data yang dapat diunduh. Cakupan internasionalnya memberi gambaran lengkap kepada para peneliti tentang perusahaan dan tren bisnis di seluruh dunia.

Panduan ProQuest Basic Search

Panduan ProQuest Advanced Search

Tutorial Video Basic Search

9.

ScienceDirect Freedom Collection

ScienceDirect Freedom Collection merupakan database dari penerbit Elsevier yang menghimpun koleksi publikasi multidisiplin dalam bidang sains dan teknik dalam jumlah besar yang mencakup berbagai disiplin ilmu, dari teori hingga terapan. Selain itu, ada berbagai pilihan artikel jurnal yang menampilkan penelitian asli, analisis berwawasan, dan teori terkini. 

Panduan ScienceDirect

Remote Access

Tutorial Video

10.

Springerlink

Database yang memiliki koleksi lebih dari 1.200 jurnal online mencakup berbagai topik dalam bidang sains dan teknik.

Panduan Springerlink

Tutorial Video

11.

Taylor and Francis (Arts & Humanities)

Database yang dapat ditelusuri dengan artikel jurnal pada bidang subjek seni & humaniora.

Panduan Taylor and Francis

Daftar Judul Artikel Penulis ITB di Taylor and Francis

12.

emerald insight

Database yang dapat ditelusuri dengan artikel jurnal pada bidang subjek Emerald Management eJournal: Business, Management & Strategy, Accounting, Finance & Economics, HR, Learning & Organization Studies, Marketing, Operation, Logistics & Quality, Property Management and Built Environment, Information & Knowledge Management, Public Policy & Environment Management, Tourism and Hospitality Management, dan subjek Emerald Engineering Computing & Technology.

Panduan emerald insight

Citation Database

1.

Scopus 

Database abstrak dan kutipan terbesar dari literatur peer-review: jurnal ilmiah, buku dan prosiding konferensi.

Panduan Scopus

Reference Management Software

  1. Zotero (Panduan instalasi dapat dilihat DI SINI)
  2. Mendeley (Panduan instalasi dapat dilihat DI SINI)

Schlumberger E-Journal

  1. The Oilfield Glossary

E-Resources Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

  1. e-Resources PNRI  (Panduan akses e-Resources PNRI: Klik di sini)

eLibraryUSA

  1. Americanspaces eLibraryUSA (Form untuk Akses: KLIK DI SINI

         Tutorial video: KLIK DI SINI*.
         *Login menggunakan akun Microsoft ITB

Open Access

  1. Directory of Open Access Books – DOAB
  2. Directory of Open Access Journals – DOAJ
  3. IDEAS
  4. IFLA JOURNAL
  5. INTEGRITAS (Jurnal AntiKorupsi)
  6. Indices of Social Development
  7. OAIster
  8. OAPEN
  9. OpenDOAR – Directory of Open Access Repositories
  10. PubMed Central
  11. Open Research Online
  12. UNdata
  13. WorldCat
  14. The World Bank’s Open Data Initiative
  15. World Bank Open Knowledge Repository – OKR
  16. World Digital Library

 

 

Panduan akses katalog digital (Web Public Access Catalog/WEBPAC):

  1. Silakan untuk mengunjungi laman Katalog Digital ITB dengan alamat: https://webpac.lib.itb.ac.id/
  2. Jika sedang berada di laman Perpustakaan ITB (https://lib.itb.ac.id/), silakan memilih menu “Layanan Online”, kemudian pilih “Katalog Digital”, selanjutnya akan terhubung pada laman Katalog Digital.
  3. Untuk pencarian koleksi tidak perlu masuk ke menu anggota sehingga bisa langsung melakukan pencarian di menu “search”.
  4. Untuk dapat masuk ke menu “anggota”, isi username dan password dengan menggunakan akun ITB/SSO.
  5. Jika sudah berhasil masuk ke menu anggota akan ada menu “profil”, “sedang dipinjam”, “pinjam online”, “riwayat peminjaman koleksi”, “syarat FRS”, dan “syarat wisuda”.
  6. Pada menu “profil”, sivitas akademika dapat melihat ID, akun, nama,  tipe anggota (mahasiswa, dosen, tendik), dan email masing-masing.
  7. Pada menu “sedang dipinjam”, anggota dapat melihat koleksi yang sedang dipinjam serta tanggal pengembaliannya. Selain itu, pada menu ini anggota dapat melakukan perpanjangan masa pinjam secara mandiri, dengan catatan belum melewati masa pinjamnya. Jika sudah lewat/terlambat, maka perpanjangan masa pinjam buku harus dilakukan oleh staf.
  8. Untuk pencarian buku, dapat dilakukan melalui menu “pencarian”. Jika buku yang dicari sudah ditemukan, maka cek no panggil dan lokasi buku tersebut untuk mengetahui keberadaan buku tersebut di rak.
  9. Pada menu “pinjam online”, jika buku yang dicari telah ditemukan, statusnya tersedia, dan merupakan koleksi Perpustakaan Pusat, maka sivitas akademika dapat langsung klik tombol “pinjam online” yang tersedia di bawah data bibliografi buku. Informasi buku yang dibutuhkan akan secara otomatis dikirimkan ke staf sirkulasi.
  10. Petugas mengecek ketersediaan buku yang diminta dan menginformasikan kepada sivitas akademika terkait buku yang dimaksud. Selanjutnya, petugas meminta konfirmasi tanggal pengambilan buku. Kemudian sivitas akademika mengonfirmasi kesesuaian buku yang dipinjam dan tanggal pengambilan.
  11. Pada menu tanggal pengambilan, petugas menginput data buku yang dipinjam.
  12. Sivitas akademika mengambil buku yang akan dipinjam di Gedung Perpustakaan T.P. Rachmat II.
  13. Khusus untuk layanan pinjam online, hanya berlaku hingga mahasiswa diizinkan kembali berkegiatan di kampus.
  14. Layanan pesan pinjam hanya dapat dilakukan jika buku yang dicari telah dipinjam oleh anggota perpustakaan yang lain. Tombol “pesan pinjam” tidak akan muncul jika buku masih tersedia di Perpustakaan.
  15. Pada menu riwayat peminjaman koleksi, anggota perpustakaan dapat melihat histori buku yang pernah dipinjam serta tanggal peminjamannya.
  16. Khusus untuk anggota perpustakaan yang statusnya merupakan mahasiswa akan ada menu syarat FRS dan syarat wisuda
  17. Pada menu syarat FRS akan muncul status apakah anggota bebas kasus perpustakaan atau ada kasus perpustakaan. Jika masih ada kasus perpustakaan, maka kasus harus diselesaikan terlebih dahulu sebelum dapat mengisi FRS.
  18. Pada menu syarat wisuda akan muncul status apakah anggota bebas kasus perpustakaan atau ada kasus perpustakaan serta status sudah/belum unggah abstrak. Jika masih ada kasus perpustakaan, maka kasus harus diselesaikan terlebih dahulu dan jika belum unggah abstrak harus mengunggah abstrak terlebih dahulu sebelum dinyatakan telah memenuhi syarat wisuda dari perpustakaan.

Silakan mencoba dan memanfaatkan sarana layanan Katalog Digital ini untuk keperluan bahan referensi dan semoga bermanfaat.

Panduan Akses Katalog Digital ITB , dapat juga diunduh DI SINI.

Video tutorial untuk mengakses Katalog Digital (WEBPAC) dapat dilihat DISINI.

LAYANAN MULTIKAMPUS INTER LIBRARY LOAN UPT PERPUSTAKAAN ITB

Perpustakaan ITB memiliki layanan Inter Library Loan untuk Kampus Jatinangor. Inter Library loan merupakan layanan dimana pemustaka suatu perpustakaan dapat meminjam bahan pustaka yang dimiliki oleh perpustakaan lain untuk waktu yang telah ditentukan. Dalam hal ini antara perpustakaan pusat kampus Ganesha dengan perpustakaan kampus Jatinangor.

Sistem Inter Library Loan menggunakan Webpac, yang terdiri dari koleksi, dimana koleksi ini merupakan koleksi cetak yang berada di perpustakaan pusat dan statusnya tersedia atau tidak dalam keadaan habis dipinjam. Selanjutnya yaitu Pustakawan Perpustakaan Pusat dan Pustakawan Perpustakaan Jatinangor, serta Mahasiswa Jatinangor yang status akademiknya aktif di akun SiX.

Prosedur Peminjaman Multikampus-Perpustakaan Kampus Jatinangor; 

  1. Mahasiswa Jatinangor memesan koleksi cetak melalui Webpac. Mahasiswa dapat melakukan pencarian buku yang dibutuhkan di sistem otomasi perpustakaan (https://webpac.lib.itb.ac.id). Login menggunakan ITB Account. Akan ada proses pengecekan di SiX, dimana mahasiswa yang dapat melakukan peminjaman multikampus adalah mahasiswa yang status akademiknya aktif, tidak sedang cuti, dan atau belum unggah abstrak atau belum memenuhi syarat wisuda. 
  2. Dilayani oleh staff/ Pustakawan. 
  3. Koleksi cetak sedang dalam perjalanan ke Jatinangor. 
  4. Koleksi cetak diterima oleh Pustakawan di Perpustakaan Kampus Jatinangor. Mahasiswa akan menerima email notifikasi yang berisi bahwa pesanan “Sudah ada di Perpustakaan Jatinangor” dan himbauan untuk segera mengambil buku tersebut di perpustakaan Jatinangor, karena ada batas waktu yang telah ditentukan untuk pengambilan buku yang dipesan. 
  5. Peminjaman koleksi cetak oleh Mahasiswa. Waktu lama peminjaman dihitung ketika ada proses peminjaman, bukan pada proses pemesanan. Waktu lama peminjamannya yaitu mengikuti aturan jenis koleksi yang berada di perpustakaan pusat dimana Koleksi Mingguan selama Dua Minggu, koleksi Kejasama selama Satu Minggu, Koleksi TPB selama Satu Minggu, Koleksi Referensi Selama Tiga Hari dan Koleksi Umum selama Dua Minggu. 
  6. Pengembalian koleksi cetak oleh Mahasiswa. Mahasiswa dapat mengembalikan buku tersebut ke perpustakaan Jatinangor sesuai dengan waktu yang ditentukan atau dapat memperpanjang masa pinjam buku secara mandiri. Ada beberapa syarat untuk memperpanjang masa pinjam buku mandiri, yaitu jika ada pesanan maka buku tidak dapat diperpanjang, jika sudah terlambat maka buku tidak dapat diperpanjang secara mandiri tetapi harus dilakukan langsung di perpustakaan, dan menu perpanjangan akan muncul Dua Hari sebelum tanggal pengembalian/harus kembali. 

Jika membutuhkan informasi mengenai Layanan Multikampus Inter Library Loan, dapat menghubungi Pustakawan pada; 

UPT Perpustakaan Pusat Perpustakaan Kampus Jatinangor
Ibu Iin Supriatin Ibu Tini Supartini
WA (+62) 85759182225 WA (+62) 85624063236
email : sirkulasi@itb.ac.id email : tini1967@itb.ac.id

Video Layanan Multikampus Inter Library Loan dapat dilihat di sini.

Layanan referensi online mengalihkan layanan referensi pertemuan fisik secara luring menjadi daring. Layanan referensi penting sebagai interaksi antara pustakawan dan pemustaka sivitas akademika ITB untuk kebutuhan yang khusus. Interaksi yang terjadi pada layanan referensi, yaitu berupa konsultasi sumber yang relevan untuk informasi yang spesifik  

Sebagai tahapan awal, sivitas akademika ITB khususnya mahasiswa dapat memanfaatkan layanan ini setiap hari Senin dan Kamis pukul 14.00-15.00 WIB secara daring melalui platform Zoom.

Kebutuhan informasi yang dipandu pada layanan referensi online, yaitu;

Adapun pustakawan yang akan melayani konsultasi online, yaitu sebagai berikut:

 Nama PustakawanBidang LayananLayanan Informasi
Yoka Adam Nugrahaa, S.Sos. Kepala Bidang Layanan Pemustaka dan Literasi IlmiahAkses E-journal dan E-Book; Manajemen Sitasi "Mendeley", Mapping Tools "VosViewer" dan Citation Database "Scopus"
Alice Diniarti, M.I.Kom.Koordinator Layanan Repositori, Konten Digital dan MultimediaRepository (Tugas Akhir, Tesis, dan Disertasi)
Rikrik Sundari, M.A.P.Koordinator Layanan Rujukan dan PemanduanAkses E-journal dan E-Book; Manajemen Sitasi "Mendeley" dan Mapping Tools "VosViewer"
Dwina Fatimiyah Shidiq, M.I.Kom.Koordinator Layanan Kerjasama dan Hubungan MasyarakatInformasi Umum (Jam Layanan, Kegiatan, Kunjungan, dll.) ; Akses E-journal dan E-Book
Ajeng Fatwa Fadlillah, S.Pd..Koordinator Layanan Keanggotaan dan Resource Sharing Akses E-journal dan E-Book; Manajemen Sitasi "Mendeley" dan Mapping Tools "VosViewer"
Irwan Sopyan, S.Sos.Staf Layanan Repositori, Konten Digital dan MultimediaRepository (Tugas Akhir, Tesis, dan Disertasi)

Seluruh sivitas akademika ITB dapat mendaftar dan membuat jadwal pertemuan terlebih dahulu pada LINK INI  (Sign in menggunakan akun Microsoft ITB…@mahasiswa.itb.ac.id)

Link untuk bergabung Zoom akan diberikan ke email masing-masing setelah pengisian form. Pengecekan email Microsoft ITB KLIK DISINI.

 

UPT Perpustakaan Institut Teknologi Bandung melayani mahasiswa untuk peminjaman, pengembalian, dan perpanjangan masa pinjam buku.

 

 

Prosedur peminjaman online buku bagi dosen ITB adalah sebagai berikut:

 

  1. Sivitas akademika mencari buku yang dibutuhkan di sistem otomasi perpustakaan (https://webpac.lib.itb.ac.id)
  2. Jika buku yang dicari telah ditemukan, status buku tersedia, dan merupakan koleksi perpustakaan pusat, maka sivitas akademika dapat langsung klik tombol “Pinjam Online” yang tersedia di bawah data bibliografi buku. (Informasi buku yang telah diajukan pesan pinjam, akan secara otomatis ternotifikasi ke bagian sirkulasi).
  3. Petugas sirkulasi mengecek ketersediaan buku yang diminta dan menginformasikan kepada sivitas akademika terkait keberadaan buku yang diminta, dan meminta konfirmasi waktu pengambilan buku kepada sivitas akademika yang memesan pinjam.
  4. Sivitas akademika yang memesan pinjam buku mengkonfirmasi kesesuaian buku dan tanggal pengambilan buku (pastikan tanggal pengambilan buku sudah sesuai dengan tanggal ijin masuk kampus ITB).
  5. Pada tanggal pengambilan, petugas sirkulasi menginput data buku pada sistem perpustakaan.
  6. Sivitas akademika dapat mengambil buku yang dipesan pinjam di Gedung Perpustakaan T.P. Rachmat II.

 

Prosedur pengembalian buku bagi sivitas akademika ITB adalah sebagai berikut:

 

  1. Pengecekan peminjaman buku dapat dilakukan melalui login menggunakan akun ITB pada sistem otomasi perpustakaan di laman https://webpac.lib.itb.ac.id/.
  2. Buku dapat dikembalikan dengan menggunakan jasa ekspedisi tercatat yang ditujukan kepada:
    • UPT Perpustakaan ITB  
    • Jalan Ganesa No. 10 
    • Bandung 40132 
    • CP: Ibu Iin Supriatin (+6285759182225)
  3. Adapun catatan yang perlu diperhatikan oleh sivitas akademika yang akan mengembalikan buku, yaitu:
    • Sivitas akademika wajib mencantumkan identitas berupa NIM, nama, dan nomor handphone.
    • Sivitas akademika wajib mencantumkan semua nomor barcode buku yang dituliskan di bawah identitas. (contoh dapat dilihat di bagian bawah postingan).
    • Pastikan buku dikemas dengan baik untuk menghindari kerusakan. Buku yang rusak saat tiba di perpustakaan menjadi tanggung jawab sivitas akademika yang bersangkutan.
  4. Jika ada denda keterlambatan buku, maka sivitas akademika harus menyelesaikannya terlebih dahulu dengan cara membayar denda via transfer ke:
    • Bank Mandiri (a.n. Penampungan UPT-ITB) – No. Rekening 13000-6030-3339
  5. Setelah membayar denda, silakan untuk mengirimkan bukti transfer via WhatsApp ke nomor +6285759182225 a.n. Ibu Iin Supriatin.

 

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi email sirkulasi perpustakaan (sirkulasi@itb.ac.id)

 

Contoh Label Barcode Buku

 

Prosedur perpanjangan masa pinjam buku bagi sivitas akademika ITB adalah sebagai berikut:

 

  1. Pengecekan peminjaman buku dapat dilakukan melalui login menggunakan akun ITB pada sistem otomasi perpustakaan di laman https://webpac.lib.itb.ac.id/.
  2. Buku dapat diperpanjang sebelum tanggal pengembalian, dan jika status buku tersebut tidak sedang dipesan pinjam. Sivitas akademika tidak dapat memperpanjang masa pinjam buku jika sudah melewati batas tanggal pengembalian buku.
  3. Jika akan memperpanjang masa pinjam buku setelah batas tanggal pengembalian buku, maka harus membayar denda keterlambatan terlebih dahulu.
  4. Denda keterlambatan buku dibayarkan melalui transfer ke rekening panampungan UPT:
    • Bank Mandiri (a.n. Penampungan UPT-ITB) – No. Rekening 13000-6030-3339
  5. Setelah membayar denda, silakan untuk mengirimkan bukti transfer via WhatsApp ke nomor +6285759182225 a.n. Ibu Iin Supriatin.
  6. Kirimkan email konfirmasi ke sirkulasi@itb.ac.id.
  7. Setelah terkonfirmasi, buku akan diperpanjang oleh petugas sirkulasi.

 

Aplikasi ITB Library hadir untuk memudahkan seluruh sivitas akademika ITB dalam mengakses Digital Library dan Web Public Access Catalog. Aplikasi dapat didapatkan pada keterangan di bawah ini:

PENELUSURAN PERPUSTAKAAN DIGITAL ITB (DIGILIB ITB)

 

Berdasarkan SK Rektor ITB Nomor: 74/1.b01/pp/2016 tentang serah simpan karya ilmiah yang merupakan hasil riset/ penelitian yang dihasilkan oleh sivitas akademika ITB. Karya ilmiah tersebut meliputi skripsi/ tugas akhir, tesis, disertasi, jurnal elektronik, prosiding, kliping elektronik, buku elektronik, koleksi buku langka, dan laporan penelitian. Berbagai karya ilmiah ini dikelola oleh Perpustakaan ITB agar dapat dimanfaatkan oleh sivitas akademika yang memerlukan referensi hasil penelitian.

Video tutorial untuk mengakses digilib dapat dilihat DI SINI.

Panduan Akses Perpustakaan Digital ITB/Dgilib ITB, yaitu:

 

  1. Silakan mengunjungi laman Perpustakaan Digital ITB dengan alamat: https://digilib.itb.ac.id/
  2. Jika sedang berada di laman Perpustakaan ITB (https://lib.itb.ac.id/), silakan memilih menu “Layanan online”, kemudian pilih “Perpustakaan Digital “, selanjutnya akan terhubung ke laman Perpustakaan Digital.
  3. Status akses dari konten/isi digilib yaitu read only atau hanya dapat dibaca saja dan tidak dapat di-download/diunduh.
  4. Untuk dapat mengakses konten Digilib, sivitas akademika ITB dapat login dengan mengisi username dan password menggunakan akun ITB/SSO.
  5. Bagi masyarakat umum, untuk dapat mengakses konten digilib tidak diperlukan login, namun akses dibatasi hanya dapat membaca tesis dan disertasi saja.
  6. Untuk mencari karya ilmiah sebagai bahan referensi, silakan melakukan pencarian pada menu “pencarian” menggunakan Nomor Induk Mahasiswa (NIM), nama penulis, judul karya ilmiah, ataupun dengan kata kunci dari subjek tertentu.
  7. Pencarian informasi karya ilmiah berdasarkan kumpulan judul.
    • Silakan mencari karya ilmiah pada kolom “Jenis Koleksi” yang berisi koleksi S1, S2, S3, dan sebagainya.
    • Silakan mencari karya ilmiah pada kolom “Fakultas”, yang berisi judul-judul karya ilmiah dari program studi yang dinaungi fakultas tersebut.
    • Dan untuk lebih spesifik lagi, silakan mencari karya imiah pada kolom “Program Studi” yang berisi kumpulan judul karya ilmiah untuk S1 (tugas akhir), S2 (tesis), dan S3 (disertasi) dari program studi tersebut.
  8. Ketika telah berhasil menemukan referensi karya ilmiah yang dicari, setelah dibuka akan muncul identitas karya ilmiah, seperti nama penulis, nomor induk mahasiswa penulis, judul karya ilmiah, nama pembimbing dan abstrak karya ilmiah, serta mendata dari setiap bab dari karya ilmiah tersebut yang dapat dibuka untuk dibaca.

Silakan mencoba dan memanfaatkan sarana layanan perpustakaan digital ini untuk keperluan bahan referensi.

Panduan Akses Perpustakaan Digital ITB /Digilib ITB dapat juga diunduh DI SINI.

Menjelang wisuda, mahasiswa perlu menyiapkan beberapa syarat agar dapat mendaftar wisuda, diantaranya yaitu bebas pinjam perpustakaan dan unggah abstrak karya ilmiah ke Perpustakaan ITB.

Prosedur unggah abstrak Tugas Akhir, Tesis dan Disertasi, adalah sebagai berikut:

 

  1. Mahasiswa mengunggah abstrak karya ilmiah di perpustakaan pusat / perpustakaan prodi. (Selama masa pembatasan masuk kampus, silakan membuat file dalam bentuk pdf yang berisikan Cover, Abstrak Bahasa Indonesia, Abstrak Bahasa Inggris, dan Lembar Pengesahan (yang telah ditandatangani oleh pembimbing)).
  2. Kirimkan file tersebut ke alamat email digilib@itb.ac.id.

Prosedur Bebas Pinjam Perpustakaan, adalah sebagai berikut:

 

  1. Mahasiswa cek status kasus di akun SiX. (Jika ada peminjaman yang belum diselesaikan maka harus diselesaikan terlebih dahulu).
  2. Setelah mahsiswa tidak memiliki pinjaman dan unggah abstrak, maka informasi bebas pinjam akan terdeteksi pada sistem SiX.
  3. Informasi terkait peminjaman buku dapat menghubungi email sirkulasi@itb.ac.id.

 

 

 

Informasi Standar Tarif Layanan UPT Perpustakaan

Berdasarkan Peraturan Rektor Institut Teknologi Bandung Nomor:4A/IT1.A/PER/2023 mengenai STANDAR TARIF LAYANAN LABORATORIUM DAN LAYANAN PENDUKUNG INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG, berikut merupakan Informasi Standar Tarif Layanan di UPT Perpustakaan;

Nama Tarif Satuan Tarif Keterangan
Denda Keterlambatan Pengembalian Buku Hari/Buku Rp. 1000,-  
Denda Penggantian Buku Rusak atau Hilang Buku Sesuai Harga Jual Penerbit/ Distributor  
Denda Penggantian Kunci Loker Rusak atau Hilang Kunci Rp. 20.000,-  
Kartu Akses Layanan Perpustakaan Kartu Rp. 10.000,- Anggota FPPTI Wilayah Jawa Barat
Kartu Akses Layanan Perpustakaan Kartu Rp. 10.000,- Anggota FKP2TN

Trial Access ITB
No. Trial AccessPeriodGuide
1CAS SciFinder-n25 July until 25 September 2022CAS SciFinder-n Guide
2McGraw Hill Access PharmacyOctober 1, 2022 until October 31, 2022.Access Pharmacy Guide
3Akses Trial Statista 8 September s.d. 8 Oktober 2023.Statista Guide
HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Open chat
Ask librarian!
X