Enter your keyword

Kunjungan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia

Kunjungan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia

Kunjungan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia

Bandung, Lib.itb.ac.id. UPT Perpustakaan menerima kunjungan dosen/peneliti dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya  Universitas Indonesia dalam rangka pelaksanaan penelitian mengenai perpustakaan digital. Dosen Universitas Indonesia yang terdiri dari Ibu Dr. Dra Luki Wijayanto, SIP., M.Hum. dan Dr. Dra. Indira Irawati, M.A.  melakukan studi penelitian  ke UPT Perpustakaan Insitut Teknologi Bandung (ITB) dalam rangka  pengumpulan data lapangan, kunjungan  dilaksanakan pada hari kamis, tanggal 10 November 2022 pukul 13.30 sampai dengan 15.00 WIB.  Kunjungan diterima oleh Bapak Ena Sukmana (Kepala Perpustakaan ITB),  Bapak Yoka Adam Nugrahaa (Kepala Bidang Layanan Pemustaka dan Literasi Ilmiah), Bapak Mochamad Arif Trikanda (Kepala Bidang Teknologi Informasi Perpustakaan), serta Alice Diniarti (Koordinator Layanan Digital dan Multimedia).

Kegiatan pertemuan diawali dengan penyampaian maksud dan tujuan kunjungan, dilanjutkan dengan pemaparan mengenai sejarah perpustakaan digital yang disampaikan oleh Bapak Ena Sukmana (Kepala Perpustakaan ITB).  Berikutnya pemaparan dari Alice Diniarti selaku Koordinator layanan digital dan multimedia yang menyampaikan materi presentasi terkait pengelolaan konten digital dan statistik akses laman perpustakaan digital. Dalam presentasi tersebut disampaikan lebih dalam mengenai pengelolaan repositori karya ilmiah yang meliputi, layanan perpustakaan digital di lingkungan ITB, akses konten digilib oleh pemustaka baik sivitas akademika ITB ataupun masyarakat umum

Dalam sesi diskusi dan tanya jawab dibahas berbagai hal terkait yaitu, penelitian repositori dan akses terbuka terhadap karya ilmiah ITB, kebijakan dan alur birokrasi, kebijakan pengembangan sistem, akses perpustakaan digital, pengembangan sistem repositori, tujuan dari repositori ITB, sistem plagiasi, statistik kunjungan daring terhadap laman digilib, pengembangan sistem integrasi Perpustakaan di lingkungan ITB, perkembangan komunitas forum pustakawan di lingkungan ITB, beserta permasalahan-permasalahan yang ditemukan dalam pengelolaan perpustakaan digital serta pengaruh ekonomi politik terhadap perpustakaan digital.

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Open chat
Ask librarian!
X