Enter your keyword

Benchmarking Universitas Sam Ratulangi Manado

Benchmarking Universitas Sam Ratulangi Manado

Benchmarking Universitas Sam Ratulangi Manado

BANDUNG,lib.itb.ac.id  Pada hari Rabu, 16 November 2022, pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 11.30 WIB, UPT Perpustakaan Institut Teknologi Bandung (ITB) menerima kunjungan dalam rangka Benchmarking Repository Big Data Perpustakaan dan E-Resources dari Universitas Sam Ratulangi, Manado. Rombongan dari Universitas Sam Ratulangi, Manado dipimpin oleh Kepala Perpustakaan Bapak Freddy Lolong, SH.,MH. Rombongan diterima oleh Kepala UPT Perpustakaan ITB, Ena Sukmana, S. Sos didampingi oleh Dwina Fatimiyah Shidiq, M.I.Kom. selaku Koordinator Layanan Hubungan Masyarakat UPT Perpustakaan ITB. 

Peserta kunjungan diterima di Ruang Rapat Perpustakaan Lantai 1. Pertemuan dimoderasi oleh Dwina Fatimiyah Shidiq, M.I.Kom., dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua rombongan, yaitu Bapak Freddy Lolong, SH.,MH. Beliau merupakan sesama peserta pada kegiatan kepustakawanan di Bali bersama Kepala UPT Perpustakaan ITB Bapak Ena Sukmana, S.Sos. Disampaikan lebih lanjut bahwa maksud dan tujuan dari kegiatan benchmarking ini adalah untuk mengetahui dan mempelajari Repository Big Data Perpustakaan dan E-Resources yang di kelola oleh UPT Perpustakaan ITB. Kepala UPT Perpustakaan ITB, Bapak Ena Sukmana, S.Sos menyambut baik kegiatan benchmarking ini dan menyampaikan terkait Digital ITB dan E-Resources yang dimiliki oleh UPT Perpustakaan ITB. 

Dalam kesempatan berikutnya sebelum rombongan melakukan tur perpustakaan, disampaikan pemaparan materi terkait kondisi umum di UPT Perpustakaan yang disampaikan oleh Dwina Fatimiyah Shidiq, M.I.Kom. Materi yang disajikan dalam paparan tersebut diantaranya tentang Profil Institut Teknologi Bandung (ITB)​, Pengelolaan Koleksi Cetak​, Akses E-Journal/E-Book, & Perpustakaan Digital ITB. Selain dari itu disampaikan juga kondisi umum layanan UPT Perpustakaan selama masa pandemi, user engagement, inovasi layanan terbarukan yang dimiliki UPT Perpustakaan, serta berbagai statistik, seperti statistik digilib, kunjungan perpustakaan, pemanfaatan e-journal, dan statistik lainnya. 

 

Setelah acara pemaparan selesai, rombongan dibawa berkeliling ke seluruh gedung Perpustakaan mulai dari Lantai 1 hingga Lantai 4. Dalam kegiatan keliling tersebut ada beberapa pertanyaan yang disampaikan oleh Bapak Freddy Lolong, SH.,MH.. Pertanyaan tersebut mengenai cara pengadaan dan pengolahan koleksi buku yang berada di area pengadaan dan pengolahan koleksi tercetak, selanjutnya terkait sistem yang digunakan dalam layanan sirkulasi, mendengarkan pemaparan cara kerja di sirkulasi oleh tim sirkulasi, serta proses digitalisasi dan unggah abstrak yang dilakukan oleh Perpustakaan ITB. Kegiatan kunjungan ini diakhiri dengan foto bersama di area depan Gedung Perpustakaan. 

 

 

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Open chat
Ask librarian!
X