Enter your keyword

PERTEMUAN KOORDINASI KE-5 PENDAMPINGAN PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DI LINGKUNGAN ITB

PERTEMUAN KOORDINASI KE-5 PENDAMPINGAN PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DI LINGKUNGAN ITB

PERTEMUAN KOORDINASI KE-5 PENDAMPINGAN PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DI LINGKUNGAN ITB

Bandung, Lib.itb.ac.id. UPT Perpustakaan ITB mengadakan kegiatan pertemuan koordinasi ke-5 pendampingan pengelolaan perpustakaan di lingkungan ITB secara luring dan daring. Kegiatan dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 29 Juli 2022, pukul 08.30 – 11.00 WIB yang dihadiri seluruh Tenaga Kependidikan Pengelola Perpustakaan Fakultas/Sekolah/Program Studi yang ada di lingkungan ITB.

Kegiatan dibuka oleh Bapak Yoka Adam Nugrahaa, S.Sos. selaku Kepala Bidang Layanan Pemustaka dan Literasi Ilmiah yang mewakili Bapak Ena Sukmana., S.Sos, selaku Kepala UPT Perpustakaan ITB yang tidak dapat hadir karena harus mengikuti agenda kegiatan lain di ITB.  Bapak Yoka Adam Nugrahaa membuka kegiatan dengan memberi pengantar kegiatan mengenai pentingnya promosi perpustakaan untuk Mahasiswa Baru ITB. Latar belakang kegiatan ini dilakukan adalah sebagai salah satu persiapan penerimaan Mahasiswa Baru ITB pada Bulan Agustus 2022. Perpustakaan dapat turut serta aktif membantu Mahasiswa Baru dalam memahami peran perpustakaan membantu mereka selama berkuliah di ITB. Wujud nyata bantuan tersebut dalam bentuk penyajian informasi yang dibuat oleh perpustakaan menampilkan informasi yang terseleksi, informatif dan atraktif serta menarik untuk dipahami oleh Mahasiswa Baru ITB. Untuk membekali para pengelola perpustakaan dalam menyiapkan bahan-bahan promosi tersebut, UPT Perpustakaan ITB melakukan koordinasi pembekalan dan pendampingan terkait dengan materi penyajian informasi pathfinder, perancangan e-poster dan video untuk promosi perpustakaan.

Kegiatan diawali dengan pemaparan materi, pada sesi pertama disampaikan pemaparan isi materi dan praktek mengenai pembuatan Pathfinder koleksi perpustakaan oleh Ibu Rikrik Sundari, M.A.P. selaku Pustakawan Ahli Pertama di UPT Perpustakaan. Isi materi berupa mekanisme pembuatan Pathfinder koleksi perpustakaan yang dilanjutkan dengan praktek pembuatan Pathfinder.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dan praktek terkait perancangan e-poster sebagai media informasi perpustakaan yang disampaikan Oleh Dwina Fatimiyah Shidiq, M.I.Kom, selaku koordinator layanan humas di UPT Perpustakaan. Dalam pemaparannya disampaikan mengenai tahapan pembuatan e-poster perpustakaan. Dimulai dengan pembuatan konsep dan ide yang dituangkan pada aplikasi Canva ­ sampai menjadi sebuah e-poster berisikan informasi terkait perpustakaan yang dapat diunggah untuk dibagikan informasinya secara elektonik di website dan  media sosial perpustakaan ataupun dibuat dalam bentuk tercetak.

Kegiatan selanjutnya adalah penyampaian materi dan praktek mengenai perancangan video promosi perpustakaan oleh Ibu Dwi Ary Fuziastuti, S.Pd, yaitu selaku Pengelola Perpustakaan Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam ITB. Sebelumnya Ibu Dwi Ary Fuzyastuti cukup aktif dalam mempromosikan perpustakaan melalui video yang dibuat olehnya. Dalam pemaparannya disampaikan mengenai tahapan pembuatan video promosi perpustakaan, dimulai dengan pembuatan konsep dan ide yang dituangkan pada aplikasi Canva ­ sampai menjadi sebuah video berisikan informasi terkait perpustakaan Fakultas/Sekolah/Program Studi.

Seluruh peserta yang hadir tampak antusias menyimak dan melakukan praktek secara langsung dalam pembuatan produk informasi berupa e-poster dan video promosi perpustakaan pada aplikasi Canva. Kegiatan praktek tersebut selain dipandu oleh pemateri juga dibantu oleh staf Bidang Layanan Pemustaka dan Literasi Ilmiah yang hadir pada acara tersebut.  Dalam kegiatan praktek tersebut diselingi dengan tanya jawab serta diskusi dari peserta dan pemateri.

Rencana kegiatan pertemuan koordinasi pendampingan pengelolaan perpustakaan di lingkungan ITB selanjutnya disepakati akan diselenggarakan dengan materi terkait topik-topik pengelolaan perpustakaan yang diperlukan oleh peserta. Kegiatan diakhiri dengan acara foto bersama yang diikuti oleh seluruh pemateri dan peserta kegiatan, baik secara daring maupun luring.

 

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

X