Enter your keyword

Akses Trial CAS SciFinder-n di ITB

Akses Trial CAS SciFinder-n di ITB

Akses Trial CAS SciFinder-n di ITB

Bandung, lib.itb.ac.id. – Dalam upaya peningkatan akses dan layanan perpustakaan, UPT Perpustakaan Institut Teknologi Bandung (ITB) bekerjasama dengan organisasi non-profit American Chemical Society (ACS) selaku penyedia database e-Journal yang dilanggan ITB pada bidang kimia ACS Publications (https://pubs.acs.org/),  telah mengaktifkan akses trial (uji coba) dari akses database CAS SciFinder-n (https://scifinder-n.cas.org) selama periode 25 Juli 2022 s.d. 25 September 2022.

CAS SciFinder-n merupakan database bidang kimia yang dibuat oleh Chemical Abstracts Service (CAS)—sebuah divisi dari ACS. Database tersebut merupakan alat penelitian dan penemuan dalam basis data CAS mencakup literatur, bank data informasi zat dan reaksi bidang kimia, biomedis, biokimia, teknik kimia, farmasi, ilmu material, lingkungan dll. SciFinder-n mempunyai Fitur Sorotan yakni: Reference, Substance, Reaction, Markush, Chemical Suppliers, dan Regulated Chemicals.


CAS SciFinder-n memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan Pencarian artikel melalui Google dan Full Text/ Abstrak Databases lainnya, yakni: SciFinder-n dapat akses untuk Reference, Chemical Registration, Chemical Structure, Chemical Reactions, Properties, Step by step Methods/ Protocols, Predictive Retrosynthesis Planning, Full Text Patents, Patents with marked-up chemistry, Human Cured Content, dan Indexed Formulation Content. Sedangkan untuk artikel Full Text Journal, CAS SciFinder-n tidak menyediakannya.

CAS SciFinder-n adalah database untuk penelusuran literatur kimia, dengan metode pencarian dapat berdasarkan topik, penulis, zat serta berdasarkan nama atau Nomor Registrasi CAS, dapat juga menggunakan editor untuk menggambar struktur, substruktur, atau reaksi kimia. Sivitas akademika ITB dapat melakukan uji coba fitur-fitur tersebut mulai dari tanggal 25 Juli 2022 s.d. 25 September 2022

Berikut langkah-langkah untuk dapat menggunakan akses trial CAS SciFinder-n, yaitu sebagai berikut:

1. Semua proses akses harus dalam jaringan internet ITB
Di dalam Kampus
-Komputer dengan Akses Internet LAN
-WIFI
*Hot Spot ITB
**EDUROAM (dengan “Akses OpenVPN“)
Di luar Kampus
Akses OpenVPN

2. Sivitas Akademika harus mendaftarkan akun dengan menggunakan email domain ITB di laman : https://bit.ly/ITB-Trial-Scifinder-n

3. Setelah registrasi akun, sivitas akademika akan menerima email dari CAS berisi link untuk aktivasi dan verifikasi akun.

4. Setelah verifikasi berhasil, sivitas akademika dapat masuk ke SciFinder-n dengan ID dan kata sandi di laman: https://scifinder-n.cas.org

5. Panduan untuk registrasi akun SciFinder-n dapat diunduh di laman: http://bit.ly/manualregscifinder

Database CAS SciFinder-n dapat dimanfaatkan oleh banyak bidang ilmu, seperti Farmasi, Biokimia, Kimia, Teknik Kimia, Ilmu Pertanian, Ilmu Hayati, dan bidang keilmuan lainnya, sehingga para peneliti dapat memperkaya cakupan penelitiannya secara komprehensif dengan sains yang diungkapkan dalam berbagai disiplin ilmu.

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

X