Enter your keyword

Layanan Multikampus Perpustakaan ITB Kampus Jatinangor Bandung

Layanan Multikampus Perpustakaan ITB Kampus Jatinangor Bandung

Layanan Multikampus Perpustakaan ITB Kampus Jatinangor Bandung

Bandung, lib.itb.ac.id. Rabu, 8 Juni 2022 telah diadakan pertemuan pertemuan perdana koordinasi layanan multikampus interlibrary loan untuk Perpustakaan ITB Kampus Jatinangor. Peserta pertemuan terdiri dari perwakilan Direktorat Kampus ITB Jatinangor yaitu (1) Ibu Dian Rosleine, S.Si., M.Si.,Ph.D selaku Kepala Sub Direktorat Akademik, Kemahasiswaan dan Hubungan Masyarakat, (2) Bapak Anton Wiguna selaku Kepala Sub Direktorat Sumber Daya, (3) Bapak Yadi Prayitno Noor, S.P., M.P. selaku Kepala Seksi Akademik, (4) Ibu Tini Supartini, S.Sos.,MM. Pengelola Perpustakaan Kampus ITB Jatinangor, perwakilan dari Direktorat Sarana dan Prasarana, meliputi (1) Bapak Dr.Herto Dwi Ariesyady, ST,MT selaku Direktur Sarana Prasarana, (2) Bapak Syaiful Khosirin, S.H. selaku Kepala Subdirektorat Pendayagunaan sarana prasarana dan pelayanan umum, (3) Bapak Asep Mulya Prana Layanan Shuttle dan Kendaraan, dan perwakilan UPT Perpustakaan yaitu (1) Bapak Ena Sukmana, S.Sos. selaku Kepala UPT Perpustakaan, (2) Bapak Mochammad Arif Trikanda, S.Si. selaku Kepala Bidang Teknologi Informasi Perpustakaan, (3) Yoka Adam Nugrahaa, S.Sos. selaku Kepala Bidang Layanan Pemustaka dan Literasi Ilmiah, (4) Siti Sarah Nurbaity, S.Sos. selaku Kepala Bidang Operasional dan Layanan Teknis., dan (5) Iin Supriatin, S.Sos. selaku Koordinator Layanan Sirkulasi perpustakaan.

Acara dibuka dengan pengantar diskusi dari Kepala UPT Perpustakaan yang memaparkan tentang sistem interlibrary loan (pinjam antar perpustakaan) dalam mendukung layanan multikampus di ITB. Interlibrary loan yang merupakan layanan pinjam koleksi antar perpustakaan ini bukanlah hal yang baru di dunia keilmuan perpustakaan dan dapat dikembangkan lebih lanjut pada sistem layanan multikampus di ITB. Penjelasan detail berikutnya disampaikan oleh Kepala Bidang Teknologi Informasi Perpustakaan yang menjelaskan mengenai kesiapan sistem dan alur yang telah ada untuk dapat dimanfaatkan secara optimal. Data pada sistem perpustakaan ITB (https://webpac.lib.itb.ac.id) telah terintegrasi dan siap digunakan, namun masih memerlukan dukungan fasilitas penunjang untuk penerapannya.

Menanggapi pemaparan tersebut, Direktorat Sarana dan Prasarana ITB menyampaikan perhatian pada orientasi pelayanan terhadap sivitas akademika ITB beserta informasi fasilitas transportasi dan shuttle yang tersedia saat ini yang dikelola oleh dua unit yaitu; Direktorat Sarana dan Prasarana beserta Direktorat ITB Kampus Jatinangor. Disampaikan pula jenis kendaraan, jadwal dan frekuensi keberangkatan, serta isu lainnya mengenai keamanan buku, peran dan tanggung jawab serta kontrolnya, terutama penelusuran pada sistemnya. Disampaikan pula masukan mengenai drop poin penjemputan yang apabila diterapkan memerlukan sumberdaya dan ruangan yang representatif. Hal yang sama juga dikemukakan oleh Direktorat ITB Kampus Jatinangor yang menyoroti mengenai alur proses pengembalian serta usulan mengenai posisi buku yang dapat dipantau secara langsung beserta isu sumberdaya dalam mendukung proses ini.

Pertemuan dan kegiatan diskusi ini memberi masukan konkret untuk perpustakaan dalam menerapkan layanan. Informasi dari masukan tersebut akan didiskusikan secara internal untuk selanjutnya masuk ke dalam tahapan proses simulasi yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. UPT Perpustakaan kedepan akan mulai mematangkan jadwal rencana simulasi yang akan dikomunikasikan kembali kepada pihak-pihak yang terlibat dalam proses tersebut agar proses layanan multikampus khususnya layanan pinjam buku antar perpustakaan dapat segera dirasakan manfaatnya untuk seluruh sivitas akademika ITB.

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

X