Enter your keyword

UPT Perpustakaan Terima Kunjungan Studi Banding Dari Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian

UPT Perpustakaan Terima Kunjungan Studi Banding Dari Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian

UPT Perpustakaan Terima Kunjungan Studi Banding Dari Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian

Bandung, lib.itb.ac.id –  Jumat, 15 Desember 2023 UPT Perpustakaan ITB menerima kunjungan dari Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian, Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian dalam rangka studi banding terkait pengembangan dokumentasi hasil-hasil analisis sosial ekonomi dan penyebarluasannya menggunakan sistem perpustakaan digital yang dapat dijangkau oleh pengguna secara luas. Kunjungan diterima oleh Kepala Perpustakaan ITB, Ena Sukmana, S.Sos dan Yoka Adam Nugrahaa, S.Sos (Kepala Bidang Layanan Pemustaka dan Literasi Ilmiah, UPT Perpustakan ITB) di Ruang Rapat Lantai 1, UPT Perpustakaan pukul 09.00 s.d 11.00 WIB. Kunjungan ini diisi dengan beberapa kegiatan, penyampaian gambaran umum tentang UPT Perpustakaan oleh Kepala UPT Perpustakaan, presentasi terkait Layanan dan fasilitas yang ada di UPT Perpustakaan ITB yang disampaikan oleh Alice Diniarti, M.IKom (Koordinastor  Layanan Repositori, Konten Digital dan Multimedia, UPT Perpustakaan ITB), serta acara diskusi /tanya jawab dan sharing untuk mencari best practice terbaik di antara kedua belah pihak.

Dalam kesempatan itu Kepala UPT Perpustakaan ITB menyampaikan beberapa hal terkait pengembangan perpustakaan, integrasi sistem, sumber informasi digital, Layanan multikampus, dan pengadaan koleksi. Pengembangan perpustakaan bertumpu pada lima aspek, di antaranya konten/koleksi, layanan, dan akses. Koleksi UPT Perpustakaan saat ini masih belum bisa sepenuhnya berbasis koleksi elektronik dikarenakan masih banyak sumber referensi di dalam kurikulum yang masih belum menyediakan edisi elektroniknya. Pada aspek layanan dan akses, beberapa layanan di UPT Perpustakaan sudah tersedia secara online, seperti peminjaman mandiri (untuk dosen dan tendik), perpanjangan koleksi secara mandiri, baik melalui webpac maupun melalui aplikasi mobile (Mobile Apps), baik versi android maupun IOS. Dalam aspek layanan juga saat ini tengah dikembangkan layanan multikampus yang disediakan bagi para mahasiswa yang beraktivitas di Kampus ITB Jatinangor dan memerlukan koleksi yang berada di UPT Perpustakaan, Kampus Ganesha. Dalam pengembangannya kedepan akan disediakan smart locker dan book drop sebagai upaya perluasan pemberian layanan.

Lebih jauh lagi Kepala UPT Perpustakaan menyampaikan sistem UPT Perpustakaan yang sudah tersintegrasi dengan sistem akademik sehingga syarat wisuda dan kasus perpustakaan dapat  terpantau dengan lebih baik melalui sistem yang sudah terintegrasi ini.

UPT Perpustakaan juga menyediakan  sejumlah sumber informasi digital dengan melanggan buku dan jurnal elektronik. Saat ini terdapat 17 jurnal elektronik, 5 judul buku elektronik dan 1 databases pengindeks, yaitu Scopus. Selain itu adapula  akses e-resources yang disediakan oleh American Corner yaitu E-Library USA dan e-resources dari Perpusnas.  Pengembangan selanjutnya agar dapat melayani kebutuhan elektronik diluar yang dilanggan, Perpustakaan berecana unutk menyediakan Global ILL yang telah pula diikuti oleh perpustakaan-perpustakaan di luar negeri, sehingga dengan adanya Global ILL ini peluang untuk pemenuhan kebutuhan informasi sivitas akademika ITB akan lebih lebih besar lagi.

Gambaran umum lainnya yang diberikan oleh Kepala UPT Perpustakaan adalah terkait pengadaan koleksi cetak. Untuk mewadahi kegiatan ini sudah disesiakan modul di webpac yang menampung usulan-usulan koleksi buku yang dibutuhkan prodi/jurusan/fakultas /sekolah.

Dalam sesi sharing dan diskusi dibahas terkait akses masyarakat umum terhadap koleksi yang ada di UPT Perpustakaan. Masyarakat umum hanya dapat mengakses koleksi UPT Perpustakaan dengan datang langsung ke gedung UPT Perpustakaan. Materi diskusi selanjutnya terkait pengelolaan e-journal dalam hal ini dibahas mengenai etika penelusuran dan cara meminimalisasi pelangaran etika yang diantaranya dengan memberikan kuis orietasi yang butirnya-butirnya menggambarkan tingkat pemahaman para mahasiswa akan aturan/etika pengunduhan. Acara kunjungan ini diakhiri dengan pemberian tanda kenang-kenangan dan foto bersama.

 

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Open chat
Ask librarian!
X