Enter your keyword

KEGIATAN PERTEMUAN KOORDINASI KE-1 PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DI LINGKUNGAN INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG

KEGIATAN PERTEMUAN KOORDINASI KE-1 PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DI LINGKUNGAN INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG

KEGIATAN PERTEMUAN KOORDINASI KE-1 PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DI LINGKUNGAN INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG

Bandung.lib.itb.ac.id – Pada tahun 2024 ini kegiatan pertemuan Koordinasi ke-1 Pengelolaan Perpustakaan di lingkungan ITB Kembali dilaksanakan.  Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 26 April 2024 di Ruang Pelatihan UPT Perpustakaan Lantai 1 pukul 13.30 s.d 15.00 WIB dengan mengambil tema “Informasi Survei Kepuasan Pemustakan Tahun 2024” materi disampaikan oleh Rikirik Sundari, M.A.P selaku koordinator layanan rujukan dan pemanduan, untuk materi “Pengisian Data Akreditasi Pada Sistem Webpac” disampaikan oleh Ajeng Fatwa Fadillah, S.Pd. selaku Plt. koordinator layanan keanggotaan dan resource sharing dan materi “Mekanisme Pengusulan Koleksi Buku cetak Tahun 2024” disampaikan oleh Siti Sarah Nurbaity,. S.Sos.

 

Acara pertemuan yang dipandu oleh Bapak Irwan sopian sebagai pembawa acara dibuka Bapak Yoka Adam Nugrahaa. S.Sos selaku Kepala layanan pemustaka dan literasi ilmiah kemudian dilanjutkan oleh Kepala UPT Perpustakaan ITB, Ena Sukmana, S.Sos. Dalam sambutannya beliau menyampaikan latar belakang diangkatnya tema ini untuk disampaikan dalam kegiatan pertemuan koordinasi kali ini.  Dalam sambutannya disampaikan bahwa pentingnya akreditasi perpustakaan bagi institusi.

Sesi berikutnya dari kegiatan ini adalah pemaparan materi terkait “Informasi Survei Kepuasan Pemustakan Tahun 2024” yang disampaikan oleh Rikirik Sundari, M.A.P, materi ini disampaikan bertujuan untuk mengukur kepuasan pemustaka untuk meningkatkan kualitas layanan perpustakaan. Pemateri juga menyampaikan bahwa survei ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pemustaka terhadap layanan UPT Perpustakaan Institut Teknologi Bandung (ITB). Hasil penelitian ini akan menjadi dasar perbaikan dan peningkatan layanan untuk memenuhi harapan dan kebutuhan perpustakaan ITB.  Informasi dari pengisian survei ini disampaikan oleh pemateri kepada peserta yang merupakan pustakawan perpustakaan program studi/fakultas/kampus, agar dapat diisi oleh mahasiswa dan dosen.

Selanjutnya pada sesi tanya jawab ada peserta yang bertanya terkait dengan bagaimana cara mengakses survei tersebut dan hasil survei, pertanyaan tersebut dijawab oleh pemateri, bahwa semua yang berkaitan dengan informasi terkait survei pemustaka ini dapat diakses pada laman perpustakaan ITB.

Materi berikutnya yang disampaikan yaitu terkait dengan “Pengisian Data Akreditasi Pada Sistem Webpac” yang disampaikan oleh Ajeng Fatwa Fadillah, S.Pd. Pemateri menyampaikan informasi dan cara menginput data-data perpustakaan terkait sarana dan prasarana yang harus diisi untuk keperluan akreditasi perpustakaan, agar data-data tersebut tersimpan dan dapat diakses pada laman perpustakaan. Selanjutnya untuk menutup materi, pemateri mempersilahkan peserta untuk menyampaikan masukan atau saran terkait data-data keperluan akreditasi yang kemudian akan ditambahkan pada laman perpustakaan.

Pada sesi penyampaian materi terakhir yaitu terkait dengan “Mekanisme Pengusulan Koleksi Buku cetak Tahun 2024” yang disampaikan oleh Siti Sarah Nurbaity,. S.Sos. Pemateri menyampaikan informasi dan cara menginput data-data pengajuan buku cetak yang dapat melalui saran-saran dari dosen-dosen program studi kemudian diajukan oleh pustakawan melalui mana webpac.itb.ac.id, selanjutanya pengajuan buku cetak tersebut akan diproses oleh pihak Upt Perpustakaan, disampaikan oleh pemateri untuk menutup presentasinya.

Selanjutnya kegiatan ditutup dengan foto bersama seluruh peserta, pemateri dan panitia yang hadir yang dilaksanakan di depan Gedung T.P Rahmat II lantai 1.

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Open chat
Ask librarian!
X