Enter your keyword

Katalog Digital

Panduan akses katalog digital (Web Public Access Catalog/WEBPAC):

  1. Silakan untuk mengunjungi laman Katalog Digital ITB dengan alamat: https://webpac.lib.itb.ac.id/
  2. Jika sedang berada di laman Perpustakaan ITB (https://lib.itb.ac.id/), silakan memilih menu “Layanan Online”, kemudian pilih “Katalog Digital”, selanjutnya akan terhubung pada laman Katalog Digital.
  3. Untuk pencarian koleksi tidak perlu masuk ke menu anggota sehingga bisa langsung melakukan pencarian di menu “search”.
  4. Untuk dapat masuk ke menu “anggota”, isi username dan password dengan menggunakan akun ITB/SSO.
  5. Jika sudah berhasil masuk ke menu anggota akan ada menu “profil”, “sedang dipinjam”, “pinjam online”, “riwayat peminjaman koleksi”, “syarat FRS”, dan “syarat wisuda”.
  6. Pada menu “profil”, sivitas akademika dapat melihat ID, akun, nama,  tipe anggota (mahasiswa, dosen, tendik), dan email masing-masing.
  7. Pada menu “sedang dipinjam”, anggota dapat melihat koleksi yang sedang dipinjam serta tanggal pengembaliannya. Selain itu, pada menu ini anggota dapat melakukan perpanjangan masa pinjam secara mandiri, dengan catatan belum melewati masa pinjamnya. Jika sudah lewat/terlambat, maka perpanjangan masa pinjam buku harus dilakukan oleh staf.
  8. Untuk pencarian buku, dapat dilakukan melalui menu “pencarian”. Jika buku yang dicari sudah ditemukan, maka cek no panggil dan lokasi buku tersebut untuk mengetahui keberadaan buku tersebut di rak.
  9. Pada menu “pinjam online”, jika buku yang dicari telah ditemukan, statusnya tersedia, dan merupakan koleksi Perpustakaan Pusat, maka sivitas akademika dapat langsung klik tombol “pinjam online” yang tersedia di bawah data bibliografi buku. Informasi buku yang dibutuhkan akan secara otomatis dikirimkan ke staf sirkulasi.
  10. Petugas mengecek ketersediaan buku yang diminta dan menginformasikan kepada sivitas akademika terkait buku yang dimaksud. Selanjutnya, petugas meminta konfirmasi tanggal pengambilan buku. Kemudian sivitas akademika mengonfirmasi kesesuaian buku yang dipinjam dan tanggal pengambilan.
  11. Pada menu tanggal pengambilan, petugas menginput data buku yang dipinjam.
  12. Sivitas akademika mengambil buku yang akan dipinjam di Gedung Perpustakaan T.P. Rachmat II.
  13. Khusus untuk layanan pinjam online, hanya berlaku hingga mahasiswa diizinkan kembali berkegiatan di kampus.
  14. Layanan pesan pinjam hanya dapat dilakukan jika buku yang dicari telah dipinjam oleh anggota perpustakaan yang lain. Tombol “pesan pinjam” tidak akan muncul jika buku masih tersedia di Perpustakaan.
  15. Pada menu riwayat peminjaman koleksi, anggota perpustakaan dapat melihat histori buku yang pernah dipinjam serta tanggal peminjamannya.
  16. Khusus untuk anggota perpustakaan yang statusnya merupakan mahasiswa akan ada menu syarat FRS dan syarat wisuda
  17. Pada menu syarat FRS akan muncul status apakah anggota bebas kasus perpustakaan atau ada kasus perpustakaan. Jika masih ada kasus perpustakaan, maka kasus harus diselesaikan terlebih dahulu sebelum dapat mengisi FRS.
  18. Pada menu syarat wisuda akan muncul status apakah anggota bebas kasus perpustakaan atau ada kasus perpustakaan serta status sudah/belum unggah abstrak. Jika masih ada kasus perpustakaan, maka kasus harus diselesaikan terlebih dahulu dan jika belum unggah abstrak harus mengunggah abstrak terlebih dahulu sebelum dinyatakan telah memenuhi syarat wisuda dari perpustakaan.

Silakan mencoba dan memanfaatkan sarana layanan Katalog Digital ini untuk keperluan bahan referensi dan semoga bermanfaat.

Panduan Akses Katalog Digital ITB , dapat juga diunduh DI SINI.

Video tutorial untuk mengakses Katalog Digital (WEBPAC) dapat dilihat DISINI menggunakan akun microsoft ITB.

X