Enter your keyword

Fasilitas

Dalam upaya menciptakan kenyamanan dan mendukung fungsi Perpustakaan sebagai tempat berkegiatan para pengunjungnya, UPT Perpustakaan menyediakan fasilitas sebagai berikut.

a. Mushola
Mushola berada di lantai dasar (basement) dan Lantai 4 dilengkapi dengan toilet dan tempat wudhu.

b. Toko Buku
Toko buku yang terletak di lobby gedung perpustakaan ini menyediakan berbagai text book maupun buku-buku popular. Buka setiap hari kerja jam 09.00 s/d 15.00.

c. Ruang Serbaguna

Terletak di Lantai 1 merupakan ruangan untuk kegiatan komunitas perpustakaan dan sivitas akademika ITB. Ruangan dilengkapi projector, layar, dan sound system. Ruang Serbaguna juga merupakan lokasi penyimpanan koleksi kerja sama (Sampoerna Corner, Indonesia Nation Building Corner, dan Goethe Institut).

d. Ruang Audio Visual

Ruang Audio Visual merupakan ruangan pelatihan teknologi informasi di perpustakaan yang dilengkapi dengan komputer dekstop, projector, layar, dan sound system. Ruang pelatihan teknologi informasi ini dimanfaatkan pula untuk aktivitas layanan internet mahasiswa di perpustakaan yang terletak di Lantai 4.

e. Corner di Perpustakaan ITB

Perpustakaan ITB mempunya berbagai jaringan kerja sama, beberapa diantaranya yaitu American Corner dan SNI Corner.

f. Layanan – layanan lain
Selain memberikan berbagai layanan yang berkaitan dengan pemanfaatan koleksinya, Perpustakaan ITB juga menyediakan beberapa layanan lainnya, baik dalam bidang pengembangan informasi (perpustakaan) maupun bidang-bidang lain yang berhubungan dengannya, seperti:

  • Menyelenggarakan beragam training/kursus singkat dalam bidang perpustakaan dan informasi (librarianship), baik untuk tingkat pemula maupun lanjutan. Materi training/kursus singkat tersebut dikembangkan melalui aplikasi teknologi informasi (perpustakaan digital).
  • Konsultasi pengelolaan perpustakaan. UPT Perpustakaan memberikan konsultasi untuk institusi/organisasi yang ingin  mendirikan atau mengembangkan sebuah perpustakaan. Staf Perpustakaan ITB dapat membantu memberikan konsultasi manajerial maupun teknis mengelola dan mengembangkan sebuah perpustakaan, termasuk jasa pembuatan katalog pustaka.
  • Event organizer untuk berbagai acara pertemuan seperti seminar, workshop, launching/ bedah buku, pameran buku, tutorial/demo, dll. Berbagai institusi pernah bekerja sama dengan UPT Perpustakaan untuk menyelenggarakan kegiatan- kegiatan yang bertujuan mengembangkan berbagai ide dalam masyarakat di antaranya: The British Council, University of South Australia, Rijksuniversiteit Groningen, Astra Graphia, The National University of Singapore, Software Competence Center-Hagenberg/SCCH Austria, Telkomsel, Ikatan Pustakawan Indonesia, PC Plus, Singapore Polytechnic, Ikatan Pustakawan Indoneisa (IPI), Antara Pustaka Utama, Kompas Cyber Media, Wearnes Indonesia, Hewlett Packard, Microsoft Indonesia, dll.
  • Library tour, yaitu program kunjungan ke Perpustakaan ITB.  Acara ini biasanya sangat diminati oleh siswa-siswa sekolah menengah (SMP-SMU) pada musim liburan. Dengan mengikuti Library Tour siswa diajak untuk mengenal lebih dekat bagaimana suatu perpustakaan dimanfaatkan, bagaimana cara menggunakan perpustakaan, dll.
X