Enter your keyword

Layanan Perpustakaan

E-BOOK SEARCH

Akses  ke  seluruh  database e-book  yang  dilanggan  ITB  harus menggunakan ITB Account.

Ethics E-Book Search yaitu:

    1. Akses  ke  seluruh  database e-book  yang  dilanggan  ITB menggunakan akun milik sendiri.
    2. Dilarang menyebarluaskan Informasi “username” dan “password” untuk akses e-books kepada pihak lain di luar sivitas akademika ITB, baik melalui website, open mailing list, log ataupun cara lain yang memungkinkan penggunaan oleh pihak-pihak di luar sivitas akademika ITB.
    3. Dilarang menggunakan  program  atau  aplikasi  atau sistem yang  membantu  proses  unduh  seperti Internet Download  Managers (IDM), web-spidering, web-crawling.
    4. Dilarang mengunggah/mendistribusikan artikel tanpa ijin ke media publikasi lainnya, baik situs resmi maupun ilegal ataupun media lainnya.
    5. Violation of the above provisions will be subject to sanctions following the provisions in force at ITB.

Akses di Dalam Kampus ITB

Cara akses e-book di dalam kampus menggunakan komputer dengan akses internet melalui:

a. Local Area Network (LAN) ITB; atau
b. Wi-Fi:
Eduroam
ITB Hotspot
c. Aktifkan openVPN ITB

Access from Outside the ITB Campus

Untuk akses e-book dari luar kampus ITB bagi Sivitas Akademika ITB, silahkan gunakan OpenVPN. dengan aplikasi yang sesuai dengan sistem operasi yang digunakan. Keterangan lebih lanjut klik HERE.

Pencarian Terintegrasi

Summon ITB

 

Daftar E-Book yang dilanggan pada tahun 2025

1. Springerlink Access to Springer's perpetual e-books covering a wide range of disciplines.

Springerlink Guide Tutorial Video

Daftar Judul Akses E-Book SpringerNature ITB

2. Wiley Online Library It is perpetual access to Wiley's 2016 E-Book, which consists of various disciplines. ITB has Wiley's e-books as many as 341 titles for multidisciplinary subjects. Until now, they could still be accessed with the attached e-book list. Wiley Online Library Guide
3. Taylor & Francis Menerbitkan buku untuk semua tingkat studi akademis dan pengembangan profesional, dalam berbagai mata pelajaran dan disiplin ilmu. Menerbitkan buku Ilmu Sosial dan Humaniora di bawah Routledge, Psychology Press dan Focal Press. Buku Sains, Teknologi, dan Kedokteran diterbitkan oleh CRC Press. Daftar Akses Database E-Book Taylor & Francis 2023

Daftar Dokumen Standar

4.

Standar Nasional Indonesia Merupakan outlet informasi standardisasi dan penilaian kesesuaian, yang menyediakan; dokumen SNI dengan topik terpilih, direktori laboratorium dan lembaga sertifikasi, buku referensi, serta berbagai multimedia pendidikan standardisasi, promosi SNI dan video streaming. Akses di komputer perpustakaan berikut:

  1. UPT Perpustakaan ITB. Ruang Audio Visual Lantai 4.
  2. Perpustakaan ITB Kampus Cirebon
  3. Perpustakaan Teknik Pertambangan dan Teknik Metalurgi
  4. Perpustakaan Teknik Kimia
  5. Perpustakaan Program Studi Kimia
  6. Perpustakaan Prodi Arsitektur
  7. Perpustakaan Sekolah Farmasi
  8. Perpustakaan SBM-ITB
  9. Perpustakaan Prodi Fisika
  10. Perpustakaan Klompe Teknik Geologi
  11. Perpustakaan Teknik Lingkungan-ITB
  12. Perpustakaan Oseanografi-Meteorologi-Sains Kebumian
  13. Perpustakaan Teknik Industri
  14. Perpustakaan Program Studi Teknik Perminyakan
  15. Perpustakaan ITB Kampus Jatinangor
  16. Perpustakaan Perencanaan Wilayah dan Kota
  17. Perpustakaan Program Studi Matematika
  18. Teknik Fisika
  19. Perpustakaan Prodi Teknik Geodesi dan Geomatika
  20. Library FSRD
  21. Perpustakaan MBA-SBM ITB.
Panduan Akses SNI

Open Access

  1. Open TextBook Library
  2. Directory of Open Access Book
  3. Project Gutenberg
  4. Internet Archive Books
  5. World Digital Library
  6. Open Library

Daftar E-Book Lainnya

E-JOURNALS SEARCH

Akses  ke  seluruh  database e-journal  yang  dilanggan  ITB  harus menggunakan ITB Account.

E-Journals Search Ethics

  1. Akses  ke  seluruh  database e-journal  yang  dilanggan  ITB menggunakan akun milik sendiri.
  2. Dilarang menyebarluaskan Informasi “username” dan “password” untuk akses ke e-journals kepada pihak lain di luar sivitas akademika ITB, baik melalui website, open mailing list, log ataupun cara lain yang memungkinkan penggunaan oleh pihak-pihak di luar sivitas akademika ITB.
  3. Dilarang menggunakan  program  atau  aplikasi  atau sistem  yang  membantu  proses  unduh  seperti Internet Download  Managers (IDM), web-spidering, web-crawling.
  4. Dilarang mengunggah/mendistribusikan artikel tanpa ijin ke media publikasi lainnya, baik situs resmi maupun ilegal ataupun media lainnya.

  5. Violation of the above provisions will be subject to sanctions following the provisions in force at ITB.

Akses di Dalam Kampus ITB

Cara akses database e-journal di dalam kampus menggunakan komputer/laptop dengan akses internet melalui:

a. Local Area Network (LAN) ITB; atau
b. Wi-Fi:
    – Eduroam
    – ITB Hotspot
c. Aktifkan openVPN ITB

Access from Outside the ITB Campus

Untuk akses database e-journal dari luar kampus ITB bagi Sivitas Akademika ITB, silahkan menggunakan OpenVPN. dengan aplikasi yang sesuai dengan sistem operasi yang digunakan. Keterangan lebih lanjut klik HERE.

 

Daftar E-Journal yang dilanggan pada tahun 2025
Multidisiplin
1.

ScienceDirect Freedom Collection

ScienceDirect covered a wide range of disciplines such as Physical Sciences & Engineering publications cover a range of disciplines, from the theoretical to the applied. Life Sciences journal articles and book chapters feature original research, insightful analysis, current theory, and more. Health Sciences collections — covering education, reference information, and decision support — keep you up-to-date on medical developments to stimulate research and improve patient care. Social Sciences & Humanities journals and books highlight historical context, current developments, theories, applications, trends, and more. 

ScienceDirect Guide

Remote Access

Tutorial Video

2.

Scopus 

Database abstrak dan kutipan terbesar dari literatur peer-review: jurnal ilmiah, buku dan prosiding konferensi.

Panduan Scopus
Ilmu komputasi, teknik informatika, dan teknologi informasi
Manajemen dan Teknik Industri
4.

Emerald Insight

Database yang dapat ditelusuri dengan artikel jurnal pada bidang subjek Emerald Management eJournal: Business, Management & Strategy, Accounting, Finance & Economics, HR, Learning & Organization Studies, Marketing, Operation, Logistics & Quality, Property Management and Built Environment, Information & Knowledge Management, Public Policy & Environment Management, Tourism and Hospitality Management, dan subjek Emerald Engineering Computing & Technology.

Panduan emerald insight

Teknik Perminyakan
5.

OnePetro

OnePetro is an online library of technical literature for the oil and gas exploration and production (E&P) industry.

OnePetro Guide

Tutorial Video

Reference Management Software

  1. Zotero (Installation guide HERE)
  2. Mendeley (Installation guide HERE)

Schlumberger E-Journal

  1. The Oilfield Glossary

E-Resources Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

  1. e-Resources PNRI  (e-Resources PNRI guide HERE)

Open Access

  1. Directory of Open Access Books – DOAB
  2. Directory of Open Access Journals – DOAJ
  3. IDEAS
  4. IFLA JOURNAL
  5. INTEGRITAS (Jurnal AntiKorupsi)
  6. Indices of Social Development
  7. Jurnal FPPTI
  8. OAIster
  9. OAPEN
  10. OpenDOAR – Directory of Open Access Repositories
  11. Open Research Online
  12. PubMed Central
  13. SpringerOpen
  14. The World Bank’s Open Data Initiative
  15. UNdata
  16. WorldCat
  17. World Bank Open Knowledge Repository – OKR
  18. World Digital Library

 

 

 

Digital catalog access guide (Web Public Access Catalog/WEBPAC):

  1. Please visit the ITB Digital Catalog page at the address https://webpac.lib.itb.ac.id/
  2. If you are on the ITB Library pagehttps://lib.itb.ac.id/), please select the "Online Service" menu, then select "Digital Catalog," then you will be connected to the Digital Catalog page.
  3. To search the collection, you don't need to log in. You can directly search in the "search" menu.
  4. To see the "member" menu, fill in username and password using the ITB/SSO account.
  5. If you have successfully entered the member menu, there will be a "profile" menu, "on loan," "online borrowing," "collection borrowing history," "FRS requirements," and "graduation requirements."
  6. On the "profile" menu, ITB academic community can see their respective IDs, accounts, names, types of members (students, lecturers, staff), and emails .
  7. In the "borrowed" menu, members can view the collections that are being borrowed and the date they were returned. In addition, in this menu members can extend the loan period independently, provided that the loan period has not passed. If it is past/late, then the extension of the borrowing period must be carried out by the staff.
  8. For searching books, you can use the "search" menu. If the book you are looking for has been found, check the call number and the location of the book to find out where the book is on the shelf.
  9. On the “borrow online” menu, if the book you are looking for has been found, its status is available, and it is a collection of the Central Library. The academic community can directly click the “borrow online” button which is available under the bibliographic data of the book. The required book information will be automatically sent to the circulation staff.
  10. The staff checks the availability of the requested book and informs the academic community regarding the book in question. Next, the staff asked for confirmation of the book collection date. Then the academic community confirms the suitability of the books borrowed and the date of collection.
  11. On the pick-up date menu, the staff inputs the data of the borrowed book.
  12. The academic community took the books at the Library Building, T.P. Rahmat II.
  13. Online loan services are only valid until students are allowed to return to activities on campus.
  14. Book reserve service can only be done if the book you are looking for is currently being borrowed by another library member. The “reserve” button will not appear if the book is still available in the library.
  15. In the collections borrowing history, library members can see the history of books that have been borrowed and the date they were borrowed.
  16. For library members whose status is a student, there is an FRS requirement menu and graduation requirements menu.
  17. In the FRS requirements menu, the student's status will appear, whether they have or they don't have a library case. If the student has library cases, they must be resolved before filling out the FRS.
  18. On the graduation requirements menu, a status will appear whether the member is free from library cases or there is a library case and the whether they have uploaded an abstract or not. If there is still a library case, then the case must be resolved first and if the abstract has not been uploaded, they must upload the abstract first before being declared to have fulfilled the graduation requirements from the library.

Please try and utilize the Digital Catalog service facility for reference material purposes.

ITB Digital Catalog Access Guide can also be downloaded HERE.

Video tutorials for accessing the Digital Catalog (WEBPAC) can be viewed HERE

LAYANAN MULTIKAMPUS INTER LIBRARY LOAN UPT PERPUSTAKAAN ITB

Perpustakaan ITB memiliki layanan Inter Library Loan untuk Kampus Jatinangor. Inter Library loan merupakan layanan dimana pemustaka suatu perpustakaan dapat meminjam bahan pustaka yang dimiliki oleh perpustakaan lain untuk waktu yang telah ditentukan. Dalam hal ini antara perpustakaan pusat kampus Ganesha dengan perpustakaan kampus Jatinangor.

Sistem Inter Library Loan menggunakan Webpac, yang terdiri dari koleksi, dimana koleksi ini merupakan koleksi cetak yang berada di perpustakaan pusat dan statusnya tersedia atau tidak dalam keadaan habis dipinjam. Selanjutnya yaitu Pustakawan Perpustakaan Pusat dan Pustakawan Perpustakaan Jatinangor, serta Mahasiswa Jatinangor yang status akademiknya aktif di akun SiX.

Prosedur Peminjaman Multikampus-Perpustakaan Kampus Jatinangor; 

  1. Mahasiswa Jatinangor memesan koleksi cetak melalui Webpac. Mahasiswa dapat melakukan pencarian buku yang dibutuhkan di sistem otomasi perpustakaan (https://webpac.lib.itb.ac.id). Login menggunakan ITB Account. Akan ada proses pengecekan di SiX, dimana mahasiswa yang dapat melakukan peminjaman multikampus adalah mahasiswa yang status akademiknya aktif, tidak sedang cuti, dan atau belum unggah abstrak atau belum memenuhi syarat wisuda. 
  2. Dilayani oleh staff/ Pustakawan. 
  3. Koleksi cetak sedang dalam perjalanan ke Jatinangor. 
  4. Koleksi cetak diterima oleh Pustakawan di Perpustakaan Kampus Jatinangor. Mahasiswa akan menerima email notifikasi yang berisi bahwa pesanan “Sudah ada di Perpustakaan Jatinangor” dan himbauan untuk segera mengambil buku tersebut di perpustakaan Jatinangor, karena ada batas waktu yang telah ditentukan untuk pengambilan buku yang dipesan. 
  5. Peminjaman koleksi cetak oleh Mahasiswa. Waktu lama peminjaman dihitung ketika ada proses peminjaman, bukan pada proses pemesanan. Waktu lama peminjamannya yaitu mengikuti aturan jenis koleksi yang berada di perpustakaan pusat dimana Koleksi Mingguan selama Dua Minggu, koleksi Kejasama selama Satu Minggu, Koleksi TPB selama Satu Minggu, Koleksi Referensi Selama Tiga Hari dan Koleksi Umum selama Dua Minggu. 
  6. Pengembalian koleksi cetak oleh Mahasiswa. Mahasiswa dapat mengembalikan buku tersebut ke perpustakaan Jatinangor sesuai dengan waktu yang ditentukan atau dapat memperpanjang masa pinjam buku secara mandiri. Ada beberapa syarat untuk memperpanjang masa pinjam buku mandiri, yaitu jika ada pesanan maka buku tidak dapat diperpanjang, jika sudah terlambat maka buku tidak dapat diperpanjang secara mandiri tetapi harus dilakukan langsung di perpustakaan, dan menu perpanjangan akan muncul Dua Hari sebelum tanggal pengembalian/harus kembali. 

Jika membutuhkan informasi mengenai Layanan Multikampus Inter Library Loan, dapat menghubungi Pustakawan pada; 

UPT Perpustakaan Pusat Perpustakaan Kampus Jatinangor
Ibu Iin Supriatin Ibu Tini Supartini
WA (+62) 85759182225 WA (+62) 85624063236
email : sirkulasi@itb.ac.id email : tini1967@itb.ac.id

Video Layanan Multikampus Inter Library Loan Remote access can be seen di sini.

Layanan referensi online mengalihkan layanan referensi pertemuan fisik secara luring menjadi daring. Layanan referensi penting sebagai interaksi antara pustakawan and pemustaka sivitas akademika ITB untuk kebutuhan yang khusus. Interaksi yang terjadi pada layanan referensi, yaitu berupa konsultasi sumber yang relevan untuk informasi yang spesifik  

Sebagai tahapan awal, sivitas akademika ITB khususnya mahasiswa dapat memanfaatkan layanan ini setiap hari Senin and Kamis pukul 14.00-15.00 WIB secara daring melalui platform Zoom.

Kebutuhan informasi yang dipandu pada layanan referensi online, yaitu;

Adapun pustakawan yang akan melayani konsultasi online, yaitu sebagai berikut:

 Nama PustakawanBidang LayananLayanan Informasi
Yoka Adam Nugrahaa, S.Sos. Kepala Bidang Layanan Pemustaka dan Literasi IlmiahAkses E-journal dan E-Book; Manajemen Sitasi "Mendeley", Mapping Tools "VosViewer" dan Citation Database "Scopus"
Alice Diniarti, M.I.Kom.Koordinator Layanan Repositori, Konten Digital dan MultimediaRepository (Tugas Akhir, Tesis, dan Disertasi)
Rikrik Sundari, M.A.P.Koordinator Layanan Rujukan dan PemanduanAkses E-journal dan E-Book; Manajemen Sitasi "Mendeley" dan Mapping Tools "VosViewer"
Dwina Fatimiyah Shidiq, M.I.Kom.Koordinator Layanan Kerjasama dan Hubungan MasyarakatInformasi Umum (Jam Layanan, Kegiatan, Kunjungan, dll.) ; Akses E-journal dan E-Book
Ajeng Fatwa Fadlillah, S.Pd..Koordinator Layanan Keanggotaan dan Resource Sharing Akses E-journal dan E-Book; Manajemen Sitasi "Mendeley" dan Mapping Tools "VosViewer"
Irwan Sopyan, S.Sos.Staf Layanan Repositori, Konten Digital dan MultimediaRepository (Tugas Akhir, Tesis, dan Disertasi)

Seluruh sivitas akademika ITB dapat mendaftar dan membuat jadwal pertemuan terlebih dahulu pada LINK INI  (Sign in menggunakan akun Microsoft ITB…@mahasiswa.itb.ac.id)

Link untuk bergabung Zoom akan diberikan ke email masing-masing setelah pengisian form. Pengecekan email Microsoft ITB KLIK DISINI.

 

UPT Perpustakaan Institut Teknologi Bandung melayani mahasiswa untuk peminjaman, pengembalian, dan perpanjangan masa pinjam buku.

 

 

Prosedur peminjaman online buku bagi dosen ITB adalah sebagai berikut:

 

  1. Sivitas akademika mencari buku yang dibutuhkan di sistem otomasi perpustakaan (https://webpac.lib.itb.ac.id)
  2. Jika buku yang dicari telah ditemukan, status buku tersedia, dan merupakan koleksi perpustakaan pusat, maka sivitas akademika dapat langsung klik tombol “Pinjam Online” yang tersedia di bawah data bibliografi buku. (Informasi buku yang telah diajukan pesan pinjam, akan secara otomatis ternotifikasi ke bagian sirkulasi).
  3. Petugas sirkulasi mengecek ketersediaan buku yang diminta dan menginformasikan kepada sivitas akademika terkait keberadaan buku yang diminta, dan meminta konfirmasi waktu pengambilan buku kepada sivitas akademika yang memesan pinjam.
  4. Sivitas akademika yang memesan pinjam buku mengkonfirmasi kesesuaian buku dan tanggal pengambilan buku (pastikan tanggal pengambilan buku sudah sesuai dengan tanggal ijin masuk kampus ITB).
  5. Pada tanggal pengambilan, petugas sirkulasi menginput data buku pada sistem perpustakaan.
  6. Sivitas akademika dapat mengambil buku yang dipesan pinjam di Gedung Perpustakaan T.P. Rachmat II.

 

Prosedur pengembalian buku bagi sivitas akademika ITB adalah sebagai berikut:

 

  1. Pengecekan peminjaman buku dapat dilakukan melalui login menggunakan akun ITB pada sistem otomasi perpustakaan di laman https://webpac.lib.itb.ac.id/.
  2. Buku dapat dikembalikan dengan menggunakan jasa ekspedisi tercatat yang ditujukan kepada:
    • UPT Perpustakaan ITB  
    • Jalan Ganesa No. 10 
    • Bandung 40132 
    • CP: Ibu Iin Supriatin (+6285759182225)
  3. Adapun catatan yang perlu diperhatikan oleh sivitas akademika yang akan mengembalikan buku, yaitu:
    • Sivitas akademika wajib mencantumkan identitas berupa NIM, nama, dan nomor handphone.
    • Sivitas akademika wajib mencantumkan semua nomor barcode buku yang dituliskan di bawah identitas. (contoh dapat dilihat di bagian bawah postingan).
    • Pastikan buku dikemas dengan baik untuk menghindari kerusakan. Buku yang rusak saat tiba di perpustakaan menjadi tanggung jawab sivitas akademika yang bersangkutan.
  4. Jika ada denda keterlambatan buku, maka sivitas akademika harus menyelesaikannya terlebih dahulu dengan cara membayar denda via transfer ke:
    • Bank Mandiri (a.n. Penampungan UPT-ITB) – No. Rekening 13000-6030-3339
  5. Setelah membayar denda, silakan untuk mengirimkan bukti transfer via WhatsApp ke nomor +6285759182225 a.n. Ibu Iin Supriatin.

 

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi email sirkulasi perpustakaan (sirkulasi@itb.ac.id)

 

Contoh Label Barcode Buku

 

Prosedur perpanjangan masa pinjam buku bagi sivitas akademika ITB adalah sebagai berikut:

 

  1. Pengecekan peminjaman buku dapat dilakukan melalui login menggunakan akun ITB pada sistem otomasi perpustakaan di laman https://webpac.lib.itb.ac.id/.
  2. Buku dapat diperpanjang sebelum tanggal pengembalian, dan jika status buku tersebut tidak sedang dipesan pinjam. Sivitas akademika tidak dapat memperpanjang masa pinjam buku jika sudah melewati batas tanggal pengembalian buku.
  3. Jika akan memperpanjang masa pinjam buku setelah batas tanggal pengembalian buku, maka harus membayar denda keterlambatan terlebih dahulu.
  4. Denda keterlambatan buku dibayarkan melalui transfer ke rekening panampungan UPT:
    • Bank Mandiri (a.n. Penampungan UPT-ITB) – No. Rekening 13000-6030-3339
  5. Setelah membayar denda, silakan untuk mengirimkan bukti transfer via WhatsApp ke nomor +6285759182225 a.n. Ibu Iin Supriatin.
  6. Kirimkan email konfirmasi ke sirkulasi@itb.ac.id.
  7. Setelah terkonfirmasi, buku akan diperpanjang oleh petugas sirkulasi.

Aplikasi ITB Library hadir untuk memudahkan seluruh sivitas akademika ITB dalam mengakses Digital Library dan Web Public Access Catalog. Aplikasi dapat didapatkan pada keterangan di bawah ini:

ITB DIGITAL LIBRARY SEARCH (DIGILIB ITB)

 

Berdasarkan SK Rektor ITB Nomor: 74/1.b01/pp/2016 tentang serah simpan karya ilmiah yang merupakan hasil riset/ penelitian yang dihasilkan oleh sivitas akademika ITB. Karya ilmiah tersebut meliputi skripsi/ tugas akhir, tesis, disertasi, jurnal elektronik, prosiding, kliping elektronik, buku elektronik, koleksi buku langka, dan laporan penelitian. Berbagai karya ilmiah ini dikelola oleh Perpustakaan ITB agar dapat dimanfaatkan oleh sivitas akademika yang memerlukan referensi hasil penelitian.

A tutorial video to access digilib can be viewed HERE.

ITB Digital Library Access Guide

 

  1. Visit the ITB Digital Library page at the address https://digilib.itb.ac.id/
  2. If you are on the ITB Library pagehttps://lib.itb.ac.id/), please select the "Online service" menu, select "Digital Library", then you will be connected to the Digital Library page.
  3. The access status of the digilib content is read only and cannot be downloadeddownload/diunduh.
  4. To be able to access Digilib content, ITB academics could be log in by filling in username and password using an ITB/SSO account.
  5. For the public, to be able to access digilib content, no login is required, but access is limited to only reading theses and dissertations.
  6. To find scientific papers as reference material, please do a search on the "search" menu using the Student Identification Number (NIM), author's name, title of scientific work, or with keywords from certain subjects.
  7. Search for scientific work information based on a collection of titles.
    • Please search for scientific papers in the "Type of Collection" column which contains collections of S1, S2, S3, and so on.
    • Please search for scientific papers in the "Faculty" column, which contains the titles of scientific works from the study program.
    • And to be more specific, search for scientific papers in the "Study Program" column which contains a collection of scientific work titles for S1 (final project), S2 (thesis), and S3 (dissertation) from the study program.
  8. When you have succeeded in finding the scientific work reference you are looking for, once opened, the identity of the scientific work will appear, such as the author's name, student identification number, title of scientific work, supervisor and abstract of scientific work, as well as registering each chapter of the scientific author which could be opened for reading.

Please try and take advantage of this digital library service facility for reference material purposes.

ITB Digital Library access guide can be downloaded HERE.

Menjelang wisuda, mahasiswa perlu menyiapkan beberapa syarat agar dapat mendaftar wisuda, diantaranya yaitu bebas pinjam perpustakaan dan unggah abstrak karya ilmiah ke Perpustakaan ITB.

Prosedur unggah abstrak Tugas Akhir, Tesis dan Disertasi, adalah sebagai berikut:

 

  1. Mahasiswa mengunggah abstrak karya ilmiah di perpustakaan pusat / perpustakaan prodi. (Selama masa pembatasan masuk kampus, silakan membuat file dalam bentuk pdf yang berisikan Cover, Abstrak Bahasa Indonesia, Abstrak Bahasa Inggris, dan Lembar Pengesahan (yang telah ditandatangani oleh pembimbing)).
  2. Kirimkan file tersebut ke alamat email digilib@itb.ac.id.

Prosedur Bebas Pinjam Perpustakaan, adalah sebagai berikut:

 

  1. Mahasiswa cek status kasus di akun SiX. (Jika ada peminjaman yang belum diselesaikan maka harus diselesaikan terlebih dahulu).
  2. Setelah mahsiswa tidak memiliki pinjaman dan unggah abstrak, maka informasi bebas pinjam akan terdeteksi pada sistem SiX.
  3. Informasi terkait peminjaman buku dapat menghubungi email sirkulasi@itb.ac.id.

 

 

Informasi Standar Tarif Layanan UPT Perpustakaan

Berdasarkan Peraturan Rektor Institut Teknologi Bandung Nomor:4A/IT1.A/PER/2023 mengenai STANDAR TARIF LAYANAN LABORATORIUM DAN LAYANAN PENDUKUNG INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG, berikut merupakan Informasi Standar Tarif Layanan di UPT Perpustakaan;

Nama Tarif Satuan Tarif Keterangan
Denda Keterlambatan Pengembalian Buku Hari/Buku Rp. 1000,-  
Denda Penggantian Buku Rusak atau Hilang Buku Sesuai Harga Jual Penerbit/ Distributor  
Denda Penggantian Kunci Loker Rusak atau Hilang Kunci Rp. 20.000,-  
Kartu Akses Layanan Perpustakaan Kartu Rp. 10.000,- Anggota FPPTI Wilayah Jawa Barat
Kartu Akses Layanan Perpustakaan Kartu Rp. 10.000,- Anggota FKP2TN

Trial Access ITB
No. Trial AccessPeriodGuide
1CAS SciFinder-n25 July until 25 September 2022CAS SciFinder-n Guide
2McGraw Hill Access PharmacyOctober 1, 2022 until October 31, 2022.Access Pharmacy Guide
3Akses Trial Statista 8 September s.d. 8 Oktober 2023.Statista Guide
4Karger8 Mei s.d. 14 Juni 2024Karger Account Register

Tamu instansi/ lembaga yang bermaksud untuk mengajukan permohonan kunjungan ke UPT Perpustakaan ITB dapat mengikuti prosedur berikut:

  1. Mengirimkan surat resmi (dalam bentuk PDF) permohonan kunjungan yang berisikan:
    • Nama instansi
    • Maksud dan tujuan berkunjung
    • Tanggal dan waktu kunjungan
    • Jumlah peserta kunjungan,
    • Nama dan nomor kontak narahubung yang akan melaksanakan koordinasi kunjungan.
  2. Surat ditujukan kepada Kepala UPT Perpustakaan Institut Teknologi Bandung dan dikirimkan melalui email library@itb.ac.id
  3. Surat permohonan kunjungan diterima oleh UPT Perpustakaan ITB paling lambat 2 (dua) minggu sebelum pelaksanaan rencana kunjungan.
  4. Mengisi formulir reservasi permohonan penerimaan kunjungan pada link: https://bit.ly/reservasi-kunjungan-perpustakaan-itb
  5. Konfirmasi/koordinasi persetujuan penerimaan kunjungan akan dikirimkan melalui email dan/atau WhatsApp Perpustakaan ITB dalam maksimal 5 (lima) hari kerja kepada narahubung yang akan melaksanakan koordinasi kunjungan.

 

Catatan:

Persetujuan penerimaan kunjungan akan ditentukan oleh Kepala UPT Perpustakaan ITB berdasarkan ketersediaan waktu untuk menerima kunjungan.

 

 

Mahasiswa yang bermaksud untuk mengajukan permohonan observasi/wawancara ke UPT Perpustakaan ITB dapat mengikuti prosedur berikut:

  1. Mengirimkan surat resmi (dalam bentuk PDF) permohonan observasi/wawancara dari Fakultas/Program Studi yang berisikan:
    • Nama Instansi
    • Maksud dan tujuan observasi/wawancara
    • Tanggal dan waktu observasi/wawancara
    • Jumlah dan nama detail mahasiswa yang akan melaksanakan observasi/wawancara
    • Nama dan nomor kontak hubung yang kaan melaksanakan observasi/wawancara
  1.  
  2. Surat ditujukan kepada Kepala UPT Perpustakaan Institut Teknologi Bandung dan dikirimkan melalui email library@itb.ac.id
  3. Surat permohonan observasi/wawancara diterima oleh UPT Perpustakaan ITB paling lambat 1 (satu) minggu sebelum pelaksanaan observasi/wawancara.
  4. Mengisi formulir reservasi permohonan observasi/wawancara pada link: bit.ly/reservasi-observasi-perpustakaan-itb
  5. Narahubung mahasiswa yang akan melaksanakan observasi/wawancara mengirimkan konfirmasi melalui WhatsApp Perpustakaan ITB (+6281225088800)
  6. Konfirmasi/koordinasi persetujuan penerimaan observasi/wawancara akan dikirimkan melalui email dan/atau WhatsApp Perpustakaan ITB

Catatan:

  • Persetujuan penerimaan observasi/wawancara akan ditentukan oleh Kepala UPT Perpustakaan ITB berdasarkan ketersediaan waktu dari narasumber.
  • Jika dalam satu instansi ada lebih dari satu permohonan melaksanakan observasi/wawancara dalam satu waktu yang sama atau waktu yang berdekatan, maka akan diterima hanya salah satu atau diterima secara bersamaan (walaupun berbeda tema).

Mahasiswa yang bermaksud untuk mengajukan permohonan praktek kerja mahasiswa magang di UPT Perpustakaan ITB dapat mengikuti prosedur berikut:

  1. Mengirimkan surat resmi (dalam bentuk PDF) permohonan permohonan praktek kerja mahasiswa magang di UPT Perpustakaan ITB dari Fakultas/Program Studi yang berisikan:
    • Nama instansi
    • Nama dosen penanggungjawab
    • Daftar nama mahasiswa yang akan melaksanakan praktek kerja
    • Permohonan tanggal awal dan akhir praktek kerja 
    • Nama dan nomor kontak narahubung dosen penanggungjawab dan mahasiswa yang akan melaksanakan praktek kerja 
  2. Surat ditujukan kepada Kepala UPT Perpustakaan Institut Teknologi Bandung dan dikirimkan melalui email library@itb.ac.id
  3. Surat permohonan praktek kerja mahasiswa magang diterima oleh UPT Perpustakaan ITB paling lambat 2 (dua) minggu sebelum pelaksanaan praktek kerja
  4. Mengisi formulir reservasi permohonan permohonan praktek kerja mahasiswa magang pada link: https://bit.ly/pendaftaran-praktek-kerja-mahasiswa-magang-perpustakaan-itb
  5. Narahubung mahasiswa yang akan melaksanakan observasi/wawancara mengirimkan konfirmasi melalui WhatsApp Perpustakaan ITB (+6281225088800)
  6. Konfirmasi/koordinasi persetujuan permohonan praktek kerja mahasiswa magang akan dikirimkan melalui email dan/atau WhatsApp Perpustakaan ITB

Catatan:

  • Persetujuan penerimaan praktek kerja mahasiswa magang akan ditentukan oleh Kepala UPT Perpustakaan ITB berdasarkan ketersediaan waktu dan pekerjaan di Perpustakaan ITB

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Open chat
Ask librarian!
X