Digilib

PENELUSURAN DIGITAL LIBRARY

Perpustakaan digital ITB atau biasa disebut dengan digilib ITB, merupakan sistem untuk penyimpanan repositori hasil penelitian/riset/karya ilmiah sivitas akademika ITB.  Berdasarkan SK Rektor ITB: nomor 74/1.b01/pp/2016 yaitu mengenai serah simpan karya ilmiah, karya ilmiah yang merupakan hasil riset/penelitiaan yang dihasilkan oleh sivitas akademika itb dan dapat dimanfaatkan untuk memudahkan pihak-pihak yang memerlukan referensi hasil penelitian yang dikelola oleh perpustakaan itb. Karya ilmiah tersebut yaitu Skripsi/Tugas akhir, Tesis, Disertasi, Jurnal Elektronik, Prosiding, Kliping Elektronik, Buku Elektronik, Koleksi Buku Langka, Laporan Penelitian.

Video tutorial untuk mengakses digilib dapat dilihat DISINI menggunakan akun microsoft ITB.

Panduan Akses Perpustakaan Digital ITB /digilib ITB, yaitu:

  1. Silahkan untuk mengunjungi laman perpustakaan Digital ITB dengan alamat: https://digilib.itb.ac.id/
  2. Jika sedang berada pada laman perpustakaan ITB (lib.itb.ac.id), silahkan untuk memilih menu “Layanan online”, kemudian pilih “Perpustakaan digital”, selanjutnya akan terhubung pada laman Perpustakaan Digital.
  3. Status akses dari dari konten digilib yaitu, read only /hanya dapat dibaca saja dan tidak dapat mendownload/unduh isi dari digilib.
  4. Untuk dapat mengakses konten dari digilib , bagi sivitas akademika ITB, dapat login menggunakan username dan password dari akun ITB/SSO.
  5. Untuk dapat mengakses konten dari digilib , bagi masyarakat umum, yaitu; tidak perlu login namun untuk akses kami batasi hanya dapat membaca tesis dan disertasi saja.
  6. Untuk mencari karya ilmiah untuk bahan referensi, silahkan dapat mencari pada menu “pencarian”, yaitu dengan mencari berdasarkan Nomor induk mahasiswa (NIM), Nama penulis, Judul dari karya ilmiah, ataupun dengan kata kunci dari subjek tertentu.
  7. Pencarian Informasi karya ilmiah berdasarkan kumpulan judul-judul, yaitu:
    • Silahkan untuk memilih menu berdasarakan “Jenis Koleksi”, yaitu berisi koleksi karya ilmiah gabungan berdasarkan jenis koleksi, seperti koleksi S1, S2, S3, dan sebagainya.
    • Silahkan mencari referensi karya ilmiah dengan mencari berdasarkan kumpulan judul-judul yang terdapat pada kolom “Fakultas”, yang berisi judul-judul karya ilmiah dari Program studi yang dinaungi.
    • Dan untuk lebih spesifik lagi, silahkan dapat mencari karya ilmiah pada kolom “program studi” yang berisi kumpulan judul-judul karya ilmiah untuk S1 (tugas akhir), S2 (tesis), S3 (Disertasi), pada pilihan program studi yang ingin dicari.
  8. Ketika telah berhasil menemukan referensi karya ilmiah yang dicari, maka setelah dibuka akan muncul identitas karya ilmiah, seperti; Nama penulis, Nomor induk mahasiswa penulis, judul karya ilmiah, Nama pembimbing dan abstrak karya ilmiah, juga ditampilkan juga metadata dari setiap bab dari kerya ilmiah tersebut yang dapat dibuka untuk dibaca.
  9. Silahkan mencoba dan memanfaatkan sarana layanan perpustakaan digital ini untuk keperluan bahan referensi dan semoga bermanfaat.

Panduan Akses Perpustakaan Digital ITB /digilib ITB, dapat juga diunduh DISINI.