Enter your keyword

Kegiatan Program Pengalaman Lapangan Mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi UPI di UPT Perpustakaan ITB

Kegiatan Program Pengalaman Lapangan Mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi UPI di UPT Perpustakaan ITB

Kegiatan Program Pengalaman Lapangan Mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi UPI di UPT Perpustakaan ITB

BANDUNG, lib.itb.ac.id  Sebagai salah satu wujud dari misi UPT Perpustakaan yaitu  menjadi mitra profesional bagi para peneliti dan pendidik dan berbagai institusi di dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, UPT Perpustakaan menerima mahasiwa magang dari Universitas Pendidikan Indonesia guna melaksanakan Program Pengalaman Kerja selama hampir dua bulan. Program Pengalaman Lapangan merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menerapkan teori ilmu pengetahuan yang diterima saat proses pembelajaran di bangku kuliah ke dalam dunia kerja yang sesungguhnya.  Program ini juga merupakan salah satu program yang dikembangkan oleh Program Studi (Prodi) Perpustakaan dan Sains Informasi Universitas Pendidikan Indonesia. Tujuan dari PPL itu sendiri adalah memberikan pengalaman lapangan secara nyata, agar para mahasiswa memiliki kemampuan dalam bidang pengembangan perpustakaan dan informasi, penelitian pendidikan, maupun bidang kerja sama atau pengabdian masyarakat.

Kegiatan PPL Mahasiswa UPI berlangsung dari tanggal 7 November 2022 sampai dengan tanggal 13 Januari 2023 diikuti oleh tiga orang Mahasiswa Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi UPI, yaitu  Adinda Khoerunnisa Aprilia, Thryas Prameswara, dan Vanira Rima Shinta.  Kegiatan yang dilaksanakan meliputi pembuatan rancangan program kerja; presentasi pengajuan program kerja; pelaksanaan program kerja; pembuatan laporan akhir (yang merupakan luaran dari kegiatan PPL selain berupa produk); dan Ujian Sidang PPL.  Terdapat tiga (3) program kerja yang diusulkan yaitu pembuatan virtual library tour, pembuatan form kepuasan pemustaka yang dikemas dalam QR Code, serta user education berupa pembuatan poster dan Banner informasi perpustakaan.

Tujuan pembuatan virtual library tour adalah memberikan layanan online kepada pemustaka berupa virtual library sebagai nilai tambah dalam promosi perpustakaan. Dapat digunakan oleh pemustaka untuk mendapatkan informasi yang ditampilkan secara visual dengan gambar panorama 3600.

     

Pengambilan gambar virtual tour                                    Pengerjaan dan Pengeditan form Kepuasan Pemustaka (QR Code)

Program kerja yang kedua adalah pembuatan QR Code. QR Code dibuat untuk mempermudah pemustaka dalam menyampaikan kritik atau saran hanya dengan mengakses link yang disematkan pada webpac perpustakaan, link e-journal/e-book, dan link digilib. Program kerja yang ketiga adalah user education  melalui banner dan poster dengan tujuan memberikan edukasi dan informasi kepada pemustaka mengenai tata tertib selama di perpustakaan; cara  mengakses e-journal dan e-book; serta etika penelusuran yang harus diterapkan oleh pemustaka selama melakukan penelusuran informasi.

           

Pengerjaan dan pengeditan X Banner dan poster             Pengerjaan dan Pengeditan virtual tour

Kegiatan Ujian sidang PPL (presentasi laporan akhir) sendiri dihadiri oleh Dosen Pembimbing dari UPI (Dr. Riche Cynthia Johan, M.Si), Kepala Perpustakaan (Ena Sukmana, S.Sos), Kepala Bidang Layanan Pemustaka dan Literasi Ilmiah (Yoka Adam Nugrahaa, S.Sos), serta para pustakawan fungsional.

                   

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Open chat
Ask librarian!
X