Enter your keyword

Orientasi Perpustakaaan untuk Mahasiswa Baru ITB Program Sarjana Semester I Tahun Ajaran 2024/2025

Orientasi Perpustakaaan untuk Mahasiswa Baru ITB Program Sarjana Semester I Tahun Ajaran 2024/2025

Orientasi Perpustakaaan untuk Mahasiswa Baru ITB Program Sarjana Semester I Tahun Ajaran 2024/2025

BANDUNG, lib.itb.ac.id – Pada hari Kamis, 25 Juli 2024 pukul 09.00-11.00 WIB, UPT Perpustakaan ITB melaksanakan kegiatan Orientasi Perpustakaaan untuk Mahasiswa Baru ITB Program Sarjana Semester I Tahun Ajaran 2024/2025. Kegiatan tersebut juga merupakan rangkaian dari Penerimaan Mahasiswa Baru Semester I Tahun Ajaran 2024/2025.

Pembicara pada kegiatan orientasi perpustakan ini yaitu Ena Sukmana, S.Sos. selaku Kepala UPT Perpustakaan ITB yang dimoderatori oleh Michell Amanda F. selaku Duta Kampus ITB 2024. Kegiatan dilaksanakan secara daring melalui live Zoom yang diikuti sekitar 3800 peserta, dan panitia yang terlibat melaksanakan kegitaannya secara bersamaan dalam satu tempat yaitu di studio khusus (Gedung CRCS, lantai 3).

Orientasi Studi Perpustakaan adalah program informasi yang dirancang untuk memperkenalkan berbagai layanan, fasilitas, dan sumber referensi di Perpustakaan ITB kepada mahasiswa baru. Tujuan dari orientasi ini adalah untuk membantu mahasiswa baru ITB merasa nyaman dan terbiasa dengan perpustakaan, sehingga mereka dapat memaksimalkan penggunaan semua fasilitas dan layanan yang tersedia demi menunjang kesuksesan akademik mereka selama belajar di ITB.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk membekali mahasiswa baru tentang fasilitas dan layanan yang ada di perpustakaan ITB. Orientasi studi perpustakaan tentunya  memaparkan terkait fasilitas, layanan, termasuk pencarian koleksi perpustakaan, jenis koleksi cetak yang dimiliki perpustakaan ITB, peminjaman dan pengembalian koleksi, sanksi, e-resources yang dilanggan, dan lainnya. 

Terkait keanggotaan, semua mahasiswa Institut Teknologi Bandung otomatis menjadi anggota perpustakaan, namun untuk memanfaatkan layanan dan fasilitas, mahasiswa harus mengikuti orientasi perpustakaan terlebih dahulu dan mengisi kuis orientasi dengan ketentuan mendapat skor minimal 70.

Di akhir pemaparan materi, peserta yang merupakan mahasiswa baru dapat menyampaikan pertanyaan terkait yang telah disampaikan sebelumnya. Beberapa pertanyaan tersebut seperti kapan mahasiswa baru dapat meminjam buku di perpustakaan, apakah di perpustakaan terdapat koleksi fiksi seperti novel, komik, atau manga, bagaimana cara mengembalikan buku ke perpustakaan, serta apa perbedaan antara aplikasi ITB Library dan website perpustakaan ITB, pertanyaan-pertanyaan tersebut langsung dijawab oleh Kepala UPT Perpustakaan ITB.

Melalui kegiatan orientasi ini, diharapkan mahasiswa baru ITB dapat segera menyesuaikan diri dengan lingkungan perpustakaan dan memanfaatkan berbagai fasilitas yang tersedia secara optimal. Dengan demikian, perpustakaan ITB tidak hanya menjadi tempat untuk mencari referensi, tetapi juga menjadi pusat pembelajaran yang mendukung perkembangan akademik dan kreativitas mahasiswa. Semoga dengan adanya orientasi studi perpustakaan ini, mahasiswa dapat meraih prestasi terbaik selama menempuh studi di Institut Teknologi Bandung.

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Open chat
Ask librarian!
X