Enter your keyword

Pertemuan Koordinasi Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan di Lingkungan ITB

Pertemuan Koordinasi Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan di Lingkungan ITB

Pertemuan Koordinasi Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan di Lingkungan ITB

BANDUNG, lib.itb.ac.id – UPT Perpustakaan ITB menyelenggarakan Pertemuan Koordinasi Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan di Lingkungan ITB. Pertemuan koordinasi ini merupakan kegiatan pertama dan perdana pada tahun 2022 melanjutkan pertemuan pendampingan rutin yang telah dilaksanakan pada tahun sebelumnya. Kegiatan ini dihadiri oleh Dosen koordinator dan tenaga kependidikan pustakawan/pengelola perpustakaan prodi/fakultas/sekolah yang ada di lingkungan ITB.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari program integrasi database perpustakaan yang merupakan salah satu rencana strategis UPT Perpustakaan.” Demikian disampaikan Kepala UPT Perpustakaan, Ena Sukmana, S.Sos dalam sambutannya di awal acara. Lebih lanjut Kepala UPT Perpustakaan menjelaskan bahwa UPT Perpustakaan telah menyusun program strategis dan program rutin. Program strategis meliputi layanan perpustakaan multikampus, program integrasi database perpustakaan, mobile apps (ITB Library), dan program pengembangan sistem dashboard. Terkait layanan multikampus, Kepala Perpustakaan menyampaikan tahap pertama adalah Perpustakaan Jatinangor dengan sasaran utama mahasiswa TPB. Dengan layanan multikampus ini mahasiswa di Kampus Jatinangor tidak perlu datang ke Perpustakaan di Kampus Ganesa untuk memesan dan meminjam koleksi Perpustakaan, cukup dengan memanfaatkan aplikasi mobile apps dan webpac. Sementara itu, program rutin UPT Perpustakaan meliputi pengadaan buku teks, peningkatan layanan pada masa pandemi, dan pengelolaan digital.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom pada hari Rabu (23/02/2022) menghadirkan 4 (empat) narasumber dari UPT Perpustakaan dengan moderator Siti Sarah Nurbaity, S.Sos. Narasumber yang pertama adalah Esha Mustika Dewi, S.Sos (Koordinator Layanan Pengembangan Koleksi Cetak) dengan materi Mekanisme pengusulan buku cetak. Nara sumber kedua adalah Iin Supriatin, S.Sos (Koordinator Layanan Sirkulasi) menyampaikan materi Peminjaman koleksi cetak secara daring. Sesi selanjutnya adalah penyampaian materi akses Koleksi E-Resources (E-Journal dan E-Book) dengan narasumber Yoka Adam Nugrahaa, S.Sos (Kepala Bidang Layanan Pemustaka dan Literasi Ilmiah), dan narasumber terakhir adalah M. Arif Trikanda, S.Si (Kepala Bidang Teknologi Informasi Perpustakaan), dengan materi Pemanfaatan perpustakaan digital (digilib) dan sistem informasi perpustakaan (webpac).

Dalam sesi tanya jawab banyak muncul pertanyaan dari peserta terkait pengadaan buku, pelatihan e-journal dan e-book, integrasi database dan perpustakaan digital (digilib) yang langsung ditanggapi oleh para narasumber. Pada kegiatan ini juga peserta banyak memberi masukan, baik mengenai teknis penyelenggaraan kegiatan (seperti kegiatan pertemuan koordinasi untuk rutin dilaksanakan, diharapkan ada sesi praktek di dalamnya, durasi acara diperpendek, dan opsional mengundang nara sumber dari perpustakaan lain), maupun mengenai materi kegiatan (seperti refreshing/penyegaran materi fitur-fitur webpac, pelayanan sirkulasi, pengolahan bahan pustaka, pelatihan e-journal, pelatihan Mendeley, pemanfaatan scopus, manajemen perpustakaan, pengulangan materi dan cara penguploadan TA, thesis, dan disertasi ke Digilib, dll.). Semua masukan dan usulan dari para peserta akan menjadi bahan evaluasi untuk kegiatan pertemuan koordinasi perpustakaan berikutnya.

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Open chat
Ask librarian!
X