Enter your keyword

Webinar Hybrid Scopus & ScienceDirect dalam Mendukung Penelitian Universitas

Webinar Hybrid Scopus & ScienceDirect dalam Mendukung Penelitian Universitas

Webinar Hybrid Scopus & ScienceDirect dalam Mendukung Penelitian Universitas

Bandung, lib.itb.ac.id. UPT Perpustakaan ITB menyelenggarakan webinar secara hybrid bertema “Scopus & ScienceDirect for University Research”. Acara ini diselenggarakan pada Rabu, 18 September 2024, pukul 13.30 hingga 15.00 WIB dengan Mr. Johan Jang, Elsevier Customer Consultant Southeast Asia, sebagai pemateri utama dan Ibu Ajeng Fatwa Fadlilah, S.Pd., yang merupakan Staff Layanan Keanggotaan dan Resource Sharing sebagai host dan moderator. Acara berlangsung di Ruang Pelatihan Lantai 1 Perpustakaan sebagai lokasi onsite yang dihadiri oleh 17 orang dengan partisipasi online melalui platform Zoom sebanyak 96 partisipan. 

Webinar ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dan akademisi tentang pemanfaatan basis data Scopus dan ScienceDirect dalam mendukung penelitian universitas. Mr. Johan Jang memberikan panduan komprehensif tentang cara mengakses, mencari, dan memanfaatkan jurnal-jurnal ilmiah berkualitas untuk keperluan riset. Kegiatan diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh Bapak Ena Sukmana, S.Sos., Kepala UPT Perpustakaan ITB yang menekankan pentingnya akses terhadap e-journal untuk mendukung kegiatan akademik di perkuliahan. 

Pada sesi inti, Mr. Johan Jang sebagai narasumber utama memaparkan berbagai fitur unggulan dari Scopus dan ScienceDirect yang dapat mendukung pencarian referensi penelitian secara lebih efektif dan efisien. Beliau menjelaskan bagaimana kedua platform tersebut menawarkan kemudahan dalam mengakses jurnal-jurnal ilmiah berkualitas tinggi serta artikel penelitian yang relevan untuk berbagai bidang studi. Selain itu, dalam rangka perayaan ulang tahun Elsevier yang ke-25, Mr. Johan Jang juga memperkenalkan proyek ScienceDirect-AI, sebuah inisiatif baru yang dirancang untuk mempermudah pengguna dalam mencari informasi dengan dukungan kecerdasan buatan, serta memberikan referensi yang lebih jelas dan akurat sesuai kebutuhan penelitian pengguna.

 

Webinar ditutup dengan sesi tanya jawab interaktif, di mana peserta berkesempatan untuk bertanya langsung kepada narasumber terkait penggunaan dan manfaat kedua database tersebut. Acara kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama seluruh peserta yang berada di lokasi ruang serba guna UPT Perpustakaan ITB.

 

 

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Open chat
Ask librarian!
X