Enter your keyword

Kegiatan Sosialisasi E-Resources: CAS SciFinder Discovery Platform for University Research

Kegiatan Sosialisasi E-Resources: CAS SciFinder Discovery Platform for University Research

Kegiatan Sosialisasi E-Resources: CAS SciFinder Discovery Platform for University Research

Bandung   lib.itb.ac.id – Dalam rangka mengoptimalkan pemanfaatan database CAS SciFinder, sebuah sumber daya penting bagi kalangan akademisi dan peneliti, UPT Perpustakaan bekerja sama dengan CAS Scifinder telah melaksanakan kegiatan sosialisasi e-resources dengan tema Discovery Platform for University Research, pada hari Kamis, 5 September 2024, pukul 14.00 hingga 15.30, melalui platform Zoom Meeting. Kegiatan ini menghadirkan Pamela Oon (Customer Success Specialist dari CAS, sebuah divisi dari American Chemical Society (ACS)), sebagai narasumber utama.

Kegiatan sosialisasi dibuka oleh Kepala Bidang Layanan Pemustaka dan Literasi Ilmiah, UPT Perpustakaan ITB, Yoka Adam Nugrahaa, S.Sos. Dalam sambutannya, Beliau menyampaikan perjalanan pengadaan database CAS SciFinder yang berproses dalam beberapa tahapan penting hingga hasilnya dapat diakses oleh sivitas akademika ITB. Selain itu juga dijelaskan tentang tren penggunaan CAS SciFinder oleh sivitas akademika ITB selama masa berlangganan.

 

CAS SciFinder adalah platform terkemuka yang disediakan oleh Chemical Abstracts Service (CAS), bagian dari American Chemical Society (ACS), yang dirancang untuk membantu para peneliti dalam mengakses informasi ilmiah terdepan di bidang kimia, biokimia, dan ilmu material. Sebagai sumber referensi ilmiah yang sangat andal, SciFinder memungkinkan pengguna untuk mencari literatur akademik, data kimia, dan informasi paten melalui database yang komprehensif. Keunggulan utama dari CAS SciFinder adalah aksesnya yang luas terhadap lebih dari 100 juta senyawa kimia, reaksi, serta jutaan artikel ilmiah dan paten dari seluruh dunia. Selain itu, SciFinder menggunakan algoritma pencarian berbasis kecerdasan buatan yang memungkinkan pengguna mencari informasi melalui kata kunci, struktur kimia, serta data lainnya secara lebih efektif dan mendalam.

Dalam sosialisasi ini, nara sumber, Pamela Oon menjelaskan secara rinci disertai dengan demo cara pencarian informasi pada beberapa aspek penting, seperti substances, references, CAS Concept, CAS Lexicon, CAS Analytical Methods, CAS Formulus, serta CAS Life Sciences. Setiap fitur sangat membantu bagi para peneliti dalam bidang kimia, farmasi, ilmu material, dan ilmu kehidupan untuk mendapatkan informasi terperinci dan spesifik yang dibutuhkan

Kegiatan sosialisasi ini diharapkan mampu membantu para peneliti untuk lebih efektif dalam mengakses informasi ilmiah yang relevan, sehingga dapat menunjang aktivitas penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan.

 

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Open chat
Ask librarian!
X