Enter your keyword

Guide to get published with Emerald Publishing Bersama William Loh (Customer Success Partner, Emerald Publishing)

Guide to get published with Emerald Publishing Bersama William Loh (Customer Success Partner, Emerald Publishing)

Guide to get published with Emerald Publishing Bersama William Loh (Customer Success Partner, Emerald Publishing)

Bandung lib.itb.ac.id – Dalam upaya meningkatkan akses dan layanan perpustakaan, UPT Perpustakaan bekerja sama dengan Penerbit Emerald selaku penyedia database e-journal yang dilanggan ITB, yaitu Emerald Insight, menyelenggarakan webinar bertajuk “Guide to get published with Emerald Publishing” pada hari Jumat, 30 Agustus 2024. Acara ini berlangsung secara daring melalui Zoom Meeting mulai pukul 13.30 hingga 15.00 WIB.
Narasumber dalam kegiatan webinar ini adalah William Loh, Customer Success Partner dari Emerald Publishing, yang memiliki pengalaman luas dalam membantu penulis dan peneliti dalam proses publikasi ilmiah. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memberikan panduan praktis tentang cara publikasi dari perspektif penerbit serta berbagi pengalaman seputar proses penerbitan ilmiah.
Acara dibuka oleh Kepala Perpustakaan, Ena Sukmana, S.Sos. Dalam kata sambutannya, Kepala Perpustakaan menyampaikan bahwa perpustakaan mempunyai peranan penting di dalam tridarma perguruan tinggi dengan salah satu fungsi menyediakan alat/sarana untuk mendukung penelitian. Kegiatan ini merupakan bagian dari fungsi tersebut. Selanjutnya Beliau menyatakan bahwa kegiatan ini juga bisa menjadi perantara/wadah untuk lebih memudahkan pemanfaatan sumber-sumber elektronik yang dimiliki/dilanggan oleh ITB.
Sebelum agenda utama, terlebih dahulu disampaikan tata cara penginstalan OpenVPN. OpenVPN (Virtual Private Network) ITB merupakan sebuah layanan yang disediakan oleh Direktorat Teknologi Informasi (DTI) ITB untuk melakukan koneksi ke dalam jaringan ITB. OpenVPN diperlukan untuk bisa mengakses seluruh koleksi elektronik yang dilanggan ITB, baik ketika berada di dalam kampus, maupun di luar kampus. Selanjutnya dijelaskan pula cara remote access untuk dapat mengakses database Emerald Insight.
Selama acara, peserta mendapat ikhtisar lengkap mengenai berbagai aspek penting dalam publikasi/penerbitan, mulai dari seleksi jurnal yang tepat; persiapan manuskrip, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan; prosedur pengiriman naskah, hingga mengatasi penolakan dari editor. Selain itu, proses peer review yang sering menjadi tantangan bagi penulis juga dibahas secara mendalam. Dalam kesempatan ini narasumber juga menyampaikan komponen penting yang harus menjadi perhatian para penulis di dalam mempublikasikan karya ilmiahnya. Ketiga komponen penting ini menjadi titik tolak manuskrip diterima atau ditolak. Ketiga komponen tersebut adalah judul, abstrak, dan kata kunci. Judul, abstrak, dan kata kunci adalah kunci awal ketertarikan para editor jurnal terhadap sebuah manuskrip yang akan dipublikasikan.

Dengan diadakannya webinar ini, diharapkan para penulis, peneliti, dan akademisi dapat lebih memahami langkah-langkah penting dalam proses publikasi serta meningkatkan kualitas karya ilmiah mereka. Webinar ini merupakan salah satu upaya nyata dalam mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan meningkatkan visibilitas penelitian di tingkat internasional.
Acara ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dan diskusi interaktif, yang memberikan kesempatan bagi peserta untuk mendapatkan jawaban langsung dari ahlinya.

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Open chat
Ask librarian!
X