Enter your keyword

KEGIATAN PERTEMUAN KOORDINASI KE-2 PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DI LINGKUNGAN INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG

KEGIATAN PERTEMUAN KOORDINASI KE-2 PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DI LINGKUNGAN INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG

KEGIATAN PERTEMUAN KOORDINASI KE-2 PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DI LINGKUNGAN INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG

Bandung.lib.itb.ac.id – Kegiatan pertemuan Koordinasi Pengelolaan Perpustakaan di lingkungan ITB pada Semester Ganjil kali ini sudah dilakukan sedikitnya 2 kali pertemuan. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 21 Juni 2024 di Ruang Audio Visual UPT Perpustakaan Lantai 4 pukul 08:00 – 10:30 WIB dengan narasumber sebanyak empat orang yang tersdiri dari Ibu Iin Supriatin, S.Sos. menyampaikan terkait Layanan Sirkulasi di UPT Perpustakaan ITB, Bapak Yana Mulyana, S.I.Pust sebagai pustakawan dari Sekolah Farmasi yang menyampaikan terkait Alur Bebas Pinjam Perpustakaan Sekolah Farmasi-ITB untuk Calon Wisudawan, Bapak Irwan Sofiyan menyampaikan terkait Pelayanan Karya Tugas Akhir Mahasiswa di Perpustakaan Digital ITB, serta Ibu Rikrik Sundari, M.A.P. menyampaikan terkait Informasi Survei Kepuasan Pemustaka Tahun 2024. yang dimoderatori oleh Ibu Alice Diniarti, M.I.Kom. sebagai Koordinator Layanan Repositori, Konten Digital dan Multimedia.

Acara dibuka Bapak Yoka Adam Nugrahaa. S.Sos selaku Kepala layanan pemustaka dan literasi ilmiah sebagai perwakilan dari Kepala UPT Perpustakaan ITB, Ena Sukmana, S.Sos. yang sedang melaksanakan tugas luar. Dalam sambutannya beliau menyampaikan adanya kegiatan koordinasi bagi Pengelolaan Perpustakaan di lingkungan ITB merupakan ajang sharing session/ berbagi pengalaman dalam menegelola perpustakaan agar supaya pelayanan perpustakaan bagi pemuataka berjalan dengan semestinya baik itu bagi perpustakaan pusat ataupun perpustakaan di Fakultas/Sekolah/program studi.

Sesi pertama mengenai Layanan Sirkulasi di UPT Perpustakaan ITB menarik pehatian bagi para peserta, tidak sedikit para pengelola perpustakaan bertanya terkait masalah denda di peprustakaan, syarat wisuda/FRS, dan juga terkait efektivitas fasilitas layanan pinjam online yang tersedia hanya untuk dosen dan tenaga pendidikan ITB saja. Sesi selanjutnya yaitu terkait Alur Bebas Pinjam Perpustakaan Sekolah Farmasi-ITB untuk Calon Wisudawan, dimana Bapak Yana Mulyana, S.I.Pust selaku pengelola perpustakaan Sekolah Farmasi memberikan pengalamannya dalam mengelola perpustakaan khususnya dibagian Alur Bebas Pinjam untuk Calon Wisudawan. Ada beberapa masukan dan pertanyaan terkait hal tersebut, diantaranya masukan mengenai olah data hasil karya ilmiah yang akan diunggah di digilib sebagai syarat wisuda serta terkait Informasi hasil pengolahan olah data/ alih media dari hasil karya mahasiswa.

Sesi ke-3 yaitu terkait Pelayanan Karya Tugas Akhir Mahasiswa di Perpustakaan Digital ITB, dalam sesi ini Bapak Irwan Sofiyan memberikan pemaparan terkait olah data hasil karya ilmiah yang akan di unggah di digilib ITB. Dan sesi yang terakhir yaitu tgerkait Informasi Survei Kepuasan Pemustakan Tahun 2024 yang disampaikan oleh Rikirik Sundari, M.A.P, materi ini disampaikan bertujuan untuk mengukur kepuasan pemustaka untuk meningkatkan kualitas layanan perpustakaan. Pemateri juga menyampaikan bahwa total skor indeks survei kepuasan pemustaka tahun 2024 adalah 77,75 dengan kategori “Baik”. Serta saran dan rekomendasi yang diberikan dari hasil survei ini untuk dapat ditindaklanjuti yang selanjutnya disusun dalam kerangka rencana target jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang, berkesinambungan seiring dengan perkembangan kebutuhan pemustaka di ITB. Hasil dari survei kepuasan pemustaka ini akan disimpan atau diinformasikan melalui Webasite dan Media soail milik perpustakaan yang dapat diakses atau diketahui oleh hal layak umum.

Selanjutnya kegiatan ditutup dengan foto bersama seluruh peserta, pemateri dan panitia yang hadir yang dilaksanakan di Gedung T.P Rahmat II lantai 4.

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Open chat
Ask librarian!
X