TRENDING ACCESS BASIS DATA SPRINGER TAHUN 2023
Bandung, lib.itb.ac.id. Springer adalah basis data yang memiliki koleksi lebih dari 1.200 jurnal online mencakup berbagai topik dalam bidang sains dan teknik. Dalam laporan tahunan pemanfaatan basis data elektronik selama tahun 2023 tercatat bahwa dari seluruh publikasi yang diterbitkan oleh Springer dan dilanggan ITB terdapat tiga jurnal yang menduduki trending access paling tinggi. Penilaian ini didasarkan pada perhitungan total item request dan total item investigation selama satu tahun penuh (total permintaan item : berapa kali pengguna melihat, mengunduh, mengirim email, atau mencetak konten lengkap artikel jurnal, abstrak, bab buku, dll) dan total item investigasi (berapa kali pengguna mengakses konten artikel jurnal, abstrak, bab buku, dll). Ketiga jurnal tersebut adalah Environmental Science and Pollution Research, Applied Microbiology and Biotechnology, dan Education and Information Technologies
Environmental Science and Pollution Research melayani komunitas internasional di semua bidang Ilmu Lingkungan dan mata pelajaran terkait dengan penekanan pada senyawa kimia. Ini termasuk: – Biologi dan Ekologi Terestrial- Biologi dan Ekologi Perairan- Kimia Atmosfer- Mikrobiologi Lingkungan/Sumber Energi Berbasis Bio- Fitoremediasi dan Restorasi Ekosistem- Analisis dan Pemantauan Lingkungan- Penilaian Risiko dan Interaksi Polutan di Lingkungan- Biologi Konservasi dan Pertanian Berkelanjutan- Dampak Bahan Kimia/Polutan terhadap Kesehatan Manusia dan Hewan (toksikologi manusia dan
ekotoksikologi)- Ekonomi Lingkungan
Applied Microbiology and Biotechnology berfokus pada penelitian mengenai sel prokariotik atau eukariotik, enzim dan protein yang relevan, serta genetika terapan dan bioteknologi molekuler. Menerbitkan makalah lengkap dan ulasan singkat tentang produk, proses, dan teknologi baru dan yang sedang berkembang.Meliputi berbagai topik termasuk bioteknologi lingkungan, proses dan produk, genomik, dan proteomik.
Education and Information Technologies adalah jurnal resmi Komite Teknis Pendidikan IFIP. Ini mencakup hubungan kompleks antara teknologi informasi dan komunikasi dan pendidikan. Jurnal ini memberikan perspektif di semua tingkatan, mulai dari aplikasi mikro spesifik atau contoh penggunaan di ruang kelas hingga permasalahan makro mengenai kebijakan nasional dan proyek-proyek besar; dari kelas anak usia lima tahun hingga orang dewasa di perguruan tinggi; dari guru dan administrator, hingga peneliti dan desainer; dari institusi hingga pembelajaran terbuka, jarak jauh, dan seumur hidup. Cakupan yang luas ini memungkinkan teknologi pendidikan dan informasi untuk mengkaji isu-isu mendasar di semua tingkatan, mendiskusikan contoh dan kasus tertentu, menarik kesimpulan dan menyelidiki teori. Jurnal ini tertanam dalam penelitian dan praktik para profesional.
No Comments