Enter your keyword

Orientasi Perpustakaan Bagi Mahasiswa Baru ITB Program Sarjana Tahun 2022

Orientasi Perpustakaan Bagi Mahasiswa Baru ITB Program Sarjana Tahun 2022

Orientasi Perpustakaan Bagi Mahasiswa Baru ITB Program Sarjana Tahun 2022

BANDUNG, lib.itb.ac.id Perkenalan/Orientasi Perpustakaan bagi mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh UPT Perpustakaan Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan difasilitasi Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Direktorat Pendidikan ITB merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun pada saat penerimaan mahasiswa baru. Kegiatan perkenalan atau orientasi perpustakaan ini bertujuan memperkenalkan kepada mahasiswa bahwa perpustakaan merupakan suatu sistem yang di dalamnya terdapat fasilitas, koleksi, dan sumber informasi/sumber pengetahuan yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dalam mendukung kegiatan perkuliahan selama di ITB.  Kegiatan orientasi dibagi menjadi tiga sesi, yaitu kegiatan orientasi untuk mahasiswa baru program sarjana, kegiatan orientasi untuk mahasiswa baru program pascasarjana dan profesi, serta kegiatan orientasi bagi mahasiswa internasional ITB. Sesi pertama yaitu  kegiatan orientasi untuk mahasiswa baru program sarjana diselenggarakan pada hari Senin, tanggal 15 Agustus 2022 pukul 08.00 – 10.00 WIB secara live event melalui  platform zoom dan live streaming melalui kanal YouTube ITB, diikuti oleh kurang lebih 2500 mahasiswa baru dengan lebih dari 7000 tayangan yang disaksikan via kanal YouTube ITB. Acara orientasi dipandu oleh Ena Sukmana S.Sos, selaku Kepala UPT Perpustakaan ITB.

Materi orientasi perpustakaan kali ini yang disampaikan langsung oleh Kepala UPT Perpustakaan ITB memaparkan mengenai berbagai fasilitas dan layanan yang tersedia di UPT Perpustakaan beserta berbagai koleksi yang dimiliki yang dapat dimanfaatkan oleh para pemustaka (mahasiswa). Paparan diawali dengan tata cara menjadi anggota perpustakaan sebagai prasyarat awal para mahasiswa dapat menggunakan berbagai layanan yang terdapat di perpustakaan. Selanjutnya, diperkenalkan berbagai koleksi yang ada dan dapat diakses oleh para pemustaka. UPT Perpustakaan memiliki beraneka ragam koleksi cetak, seperti koleksi mingguan dengan berbagai bidang disiplin ilmu, koleksi TPB bagi mahasiswa tahun pertama, koleksi rujukan, koleksi umum, koleksi khusus yang dapat diakses di http://webpac.lib.itb.ac.id. Selain itu terdapat juga koleksi American Corner dan Koleksi Indonesia Nation Building Corner.

Selain, koleksi cetak UPT Perpustakaan juga berlangganan koleksi e-resources berupa buku dan jurnal elektronik dari berbagai penerbit. Selain buku dan jurnal elektronik. Dalam kesempatan ini juga dijelaskan berbagai hal terkait sumber daya elektronik ini, seperti, bagaimana cara mengaksesnya (di dalam dan di luar kampus), etika penelusuran yang harus dipatuhi oleh pemustaka, serta sanksi terkait pelanggaran yang dilakukan selama melakukan penelusuran. Untuk sumber-sumber elektronik ini para pemustaka dapat mengaksesnya di https://lib.itb.ac.id/e-journal dan https://lib.itb.ac.id/e-book, dan https://digilib.itb.ac.id  untuk repositori perpustakaan digital.

Dalam kegiatan orientasi ini juga diperkenalkan layanan utama dari perpustakaan yaitu layanan sirkulasi yang dapat dimanfaatkan ketika mahasiswa hendak meminjam buku, mengembalikan buku, dan memperpanjang masa pinjam buku serta waktu operasional layanan. Terdapat keterkaitan antara koleksi perpustakaan dan sistem akademik SIX ITB, yaitu dalam hal pengisian FRS  dan syarat wisuda. Mahasiswa baru dapat mengisi FRS (Formulir Rencana Studi) hanya bila telah mengembalikan seluruh buku yang dipinjamnya. Sementara itu, untuk syarat wisuda, mahasiswa diharuskan mengembalikan seluruh buku pinjaman serta sudah mengunggah file abstrak dari tugas akhir ke laman digilib UPT Perpustakaan.

Dalam paparannya, Kepala UPT Perpustakaan juga menyampaikan hal-hal terkait aspek kenyamanan bagi pemustaka, seperti adanya pembagian zona perpustakaan, yaitu zona hening, zona tenang, dan zona diskusi, selain tata tertib yang harus dipatuhi oleh para pemustaka ketika berada di Gedung perpustakaan dan  juga sistem keamanan di perpustakaan terkait perlindungan terhadap koleksi yang dimiliki UPT Perpustakaan.

Kegiatan orientasi diakhiri dengan sesi tanya jawab dan kuiz orientasi perpustakaan. Sesi pengisian kuiz dalam acara orientasi ini wajib diikuti oleh para mahasiswa karena nilai kelulusan dalam pengisian kuiz akan menjadi syarat mahasiswa dapat menggunakan berbagai fasilitas perpustakaan. Dalam kesempatan ini panitia menyediakan merchandise bagi tiga (3) orang mahasiswa yang berhasil mendapatkan nilai terbaik dengan waktu tercepat. Dalam sesi tanya jawab, beberapa pertanyaan yang disampaikan para mahasiswa melalui kolom chat langsung mendapat tanggapan dari Kepala Perpustakaan beserta staf. Untuk mahasiswa baru yang ingin melihat Kembali materi yang telah disampaikan dapat mengunjungi laman berikut https://lib.itb.ac.id/orientasi-online-perpustakaan-2022/

Sebagai rangkaian penutup dari kegiatan orientasi perpustakaan untuk mahasiswa baru program sarjana di ITB ini, Kepala UPT Perpustakaan menyampaikan harapan dan doa yang mewakili juga seluruh pengelola perpustakaan di ITB, agar mahasiswa dapat dengan optimal memanfaatkan fasilitas dan layanan perpustakaan yang tersedia dan pada akhirnya hasil terbaik akan dirasakan kembali bagi mahasiswa tersebut. Akhir kata, doa penutup untuk seluruh mahasiswa baru agar semakin sukses dan semangat berjuang serta belajar dalam menjalani perkuliahan agar dapat lulus tepat waktu.

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Open chat
Ask librarian!
X