Enter your keyword

Pertemuan Koordinasi Ke-6 Program Pendampingan Perpustakaan di Lingkungan ITB: Update Pengembangan Sistem Perpustakaan

Pertemuan Koordinasi Ke-6 Program Pendampingan Perpustakaan di Lingkungan ITB: Update Pengembangan Sistem Perpustakaan

Pertemuan Koordinasi Ke-6 Program Pendampingan Perpustakaan di Lingkungan ITB: Update Pengembangan Sistem Perpustakaan

BANDUNG, lib.itb.ac.id  Sebagai bagian dari pengembangan sistem perpustakaan, UPT Perpustakaan ITB telah meluncurkan layanan aplikasi mobile versi IOS. Layanan ini telah dirilis untuk dimanfaatkan oleh para dosen, mahasiswa, dan tendik. Layanan aplikasi mobile merupakan salah satu kegiatan dari program pengembangan yang merupakan bagian dari rencana strategis UPT Perpustakaan yang dicanangkan pada tahun 2020.

Hal ini dikatakan oleh Kepala UPT Perpustakaan, Ena Sukmana, S.Sos dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan Pertemuan Koordinasi ke-6 Pendampingan Perpustakaan di Lingkungan ITB: Update Pengembangan Sistem Perpustakaan, yang diselenggarakan pada hari Jumat, 4 November 2022 pukul 09.00 s.d 10.30 wib di Ruang Audio Visual Perpustakaan Pusat, Lantai 4, dengan menghadirkan pembicara Moch. Arif Trikanda, S.Si, Kepala Bidang Teknologi dan Informasi Perpustakaan. Kegiatan dihadiri oleh para pustakawan dan tenaga pengelola perpustakaan di lingkungan ITB.

Lebih lanjut Kepala Perpustakaan menyatakan bahwa pengembangan sistem perpustakaan merupakan bagian dari upaya pemenuhan indikator kinerja, sejalan dengan pencanangan ekosistem digital yang dicanangkan oleh Perpustakaan nasional. Pencanangan ekosistem digital berkaitan erat dengan teknologi informasi yang diterapkan dalam berbagai aspek, baik aspek koleksi maupun aspek layanan. “Secara bertahap Perpustakaan akan bertransformasi dari perpustakaan konvensional ke perpusakaan digital. Proses pengalihan dari sistem cetak ke elektronik disesuaikan dengan mekasnime yang ada”, ujar Kepala UPT Perpustakaan.

Dalam kesempatan ini Kepala Bidang Teknologi dan Informasi Perpustakaan, Moch. Arif Trikanda, S.Si, menyampaikan beberapa hal terkait berbagai pengembangan sistem informasi yang telah dilakukan di UPT Perpustakaan. Hal yang melatarbelakangi dilakukannya update pengembangan sistem perpustakaan adalah adanya kebijakan pimpinan, optimalisasi proses yang disebabkan adanya berbagai kendala teknis pada sistem, dan adanya ide/gagasan/kondisi yang mengharuskan para pihak melakukan inovasi guna memberikan solusi pada kondisi yang terjadi.

Pengembangan sistem informasi melalui integrasi sistem meliputi dua (2) aspek, yaitu integrasi dengan sistem internal dan eksternal. Integrasi sistem perpustakaan dengan sistem internal dilakukan antara sistem webpac dan digilib dengan sistem yang ada di Direktorat Pendidikan (SIX), Direktorat SistemTeknologi dan Informasi (DTI), dan Direktorat Keuangan. Sementara itu, integrasi eksternal dilakukan dengan OneSearch (Perpusnas) untuk semua koleksi yang ada di Perpustakaan dan koneksi dengan RAMA untuk koleksi digilib yang terdiri atas tugas akhir, tesis, dan disertasi. OneSearch atau Indonesia OneSearch/IOS adalah sebuah portal pencarian tunggal untuk semua koleksi publik dari perpustakaan, museum, dan arsip di seluruh Indonesia, sedangkan Rama adalah sebuah repositori/database nasional yang mengumpulkan laporan hasil penelitian baik berupa skripsi, tugas akhir, proyek mahasiswa (diploma), tesis (S2), disertasi (S3) ataupun laporan penelitian dosen / peneliti yang bukan merupakan publikasi di jurnal, konferensi maupun buku yang diintegrasikan dari repositori perguruan tinggi dan lembaga penelitian di Indonesia.

Dalam paparan lainnya dijelaskan perihal update yang dilakukan terhadap sistem perpustakaan yang meliputi input digllib, pencarian koleksi, integrasi sistem keuangan, mobile Apps (Android, IOS), Anggota, FRS/Wisuda, pesan pinjam, pinjam online, perpanjangan mandiri, buku pembelian, dan digilib.  Kemudian ada juga pembaruan fitur pada menu Staf dan anggota.

Setelah pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pertanyaan yang muncul di antaranya berkaitan dengan akun untuk login ke Mobile Apps (android), pencetakan barcode, login bagi pengunjung dari luar ITB, peminjaman satu (1)semester bagi dosen, publikasi karya ilmiah di RAMA, upload TA di digilib, perpanjangan mandiri, serta fasilitas upload  yang meliputi kapasitas dan lamanya waktu upload.

Acara Pertemuan Koordinasi Ke-6 Program Pendampingan Perpustakaan di Lingkungan ITB diakhiri dengan foto bersama yang diikuti oleh jajaran pimpinan Perpustakaan, pemateri, panitia, dan peserta pertemuan.

 

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Open chat
Ask librarian!
X