Enter your keyword

Pengenalan Perpustakaan ITB untuk Dosen Magang Kemendikbudristekdikti Tahun 2022

Pengenalan Perpustakaan ITB untuk Dosen Magang Kemendikbudristekdikti Tahun 2022

Pengenalan Perpustakaan ITB untuk Dosen Magang Kemendikbudristekdikti Tahun 2022

BANDUNG, lib.itb.ac.id – Kegiatan Pengenalan Perpustakaan untuk Dosen Magang Kemendikbudristekdikti Tahun 2022 telah diselenggarakan pada hari Kamis, tanggal 18 Agustus 2022 secara daring melalui platform Zoom dan diselenggarakan dalam dua (2) sesi. Sesi pertama mulai pukul 09.00 – 11.00 wib dan sesi kedua mulai pukul 13.00 – 15.00 wib. Kegiatan tersebut diikuti oleh 22 dosen magang Kemendikbudristekdikti dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Acara perkenalan dipandu oleh para pendamping Dosen dari Institut Teknologi Bandung (ITB), yaitu Andi Yahya dan Arie Naftali Hawu Hede. Kegiatan pengenalan perpustakaan ini menampilkan para pembicara dari UPT Perpustakaan, yaitu  Ena Sukmana S.Sos, selaku Kepala UPT Perpustakaan ITB; Yoka Adam Nugrahaa, S.Sos, selaku Kepala Bidang Layanan Pemustaka dan Literasi Ilmiah; Siti sarah Nurbaity, S.Sos, selaku Kepala Bidang Layanan Teknis dan Operasional, serta Moch. Arif Trikanda, S.Si, selaku Kepala Bidang Teknologi Informasi.

Kegiatan  pengenalan perpustakaan untuk dosen magang dibuka oleh Kepala UPT Perpustakaan ITB, sekaligus memberikan materi yang berjudul “Aspek Umum Pengelolaan Perpustakaan”.  Dalam pemaparannya, Kepala Perpustakaan menyampaikan kegiatan utama perpustakaan yang bertumpu pada pengolahan pengetahuan dan pengembangan pengetahuan serta manajemen perpustakaan dari mulai perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan kerja, hingga pengontrolan. Dalam kesempatan ini Kepala Perpustakaan juga menjelaskan tentang model SECI yang merupakan salah satu model spiral pengetahuan yang menjadi landasan penciptaan pengetahuan oleh individu dan transfer teori dalam kaitannya dengan tugas dan fungsi perpustakaan. Pengetahuan hanya dapat diciptakan oleh individu. Perpustakaan harus dapat membantu individu untuk dapat menghasilkan pengetahuan. Dalam Model SECI, peranan perpustakaan dalam mendukung penciptaan pengetahuan oleh individu diejawantahkan dalam model SECI tahap pertama yaitu sosialisasi yang dikonsepkan dalam layanan sirkulasi dan layanan pemustaka dan literasi.

Dalam kegiatan pengenalan perpustakaan ini para dosen magang berkesempatan untuk mengenal lebih jauh tentang layanan teknis – dalam hal ini layanan sirkulasi – yang merupakan salah satu unsur layanan utama perpustakaan dalam penyebarluasan pengetahuan, sekaligus dalam upaya pemberdayaan aset sumber daya pengetahuan di UPT Perpustakaan. Materi ini disampaikan oleh Siti Sarah Nurbaity, S.Sos, selaku Kepala Bidang Operasional dan Layanan Teknis dengan judul “Fasilitas dan Layanan Bidang Operasional dan Layanan Teknis”. Dalam paparannya disampaikan bagaimana sebuah koleksi cetak mengalami proses mulai dari pengadaan koleksi,  pemberian identitas, pemasangan kelengkapan hingga siap disirkulasikan melalui layanan peminjaman, pengembalian, pesan pinjam, dan perpanjangan masa pinjam.

UPT Perpustakaan senantiasa berupaya meningkatkan kualitas layanannya agar para pemustaka dapat memperoleh informasi yang diperlukan dengan cepat, tepat dan akurat. Salah satu upaya adalah dengan memberikan layanan berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang dikembangkan oleh Bidang Teknologi Informasi Perpustakaan, UPT Perpustakaan ITB.  Berbagai program dan aplikasi diimplementasikan di banyak kegiatan perpustakaan. Perkembangan teknologi pengelolaan perpustakaan disampaikan oleh Moch. Arif Trikanda, S.Si, selaku Kepala Bidang Teknologi Informasi Perpustakaan dalam presentasinya berjudul “Sistem Informasi Perpustakaan Institut Teknologi Bandung”. Materi yang diberikan mulai dari selayang pandang perkembangan otomasi perpustakaan mulai dari sistem manual hingga Mobile Apps; integrasi sistem dan integrasi data lintas unit antara UPT Perpustakaan dengan Direktorat Pendidikan dan Direktorat Teknologi Informasi (DTI – ITB) dalam kaitannya dengan layanan akademik mahasiswa; Integrasi otomasi dalam rangka mewujudkan layanan satu pintu antara UPT Perpustakaan dengan perpustakaan prodi/fakultas/sekolah di lingkungan ITB.

Koleksi UPT Perpustakaan tidak saja hanya mencakup koleksi cetak, tetapi juga koleksi elektronik atau digital yang dalam perkembangan selanjutnya akan menjadi fokus utama dalam perkembangan UPT Perpustakaan. Bidang Layanan Pemustaka dan Literasi Ilmiah merupakan bidang yang diserahi tugas untuk mengelola dan mengembangkan koleksi elektronik melalui inovasi, sosialisasi, dan promosi perpustakaan. Pada kegiatan pengenalan perpustakaan untuk dosen magang ini, Kepala Bidang Layanan Pemustaka dan Literasi Ilmiah, Yoka Adam Nugrahaa, S.Sos menyampaikan presentasinya berjudul “Layanan Pemustaka dan Literasi Ilmiah”. Dalam presentasi tersebut dipaparkan penjelasan terkait

  • Perpustakaan digital yang mengelola repositori karya ilmiah sivitas akademika ITB yang berupa tugas akhir, tesis, dan disertasi.
  • Pengelolaan e-resources mulai dari jenis, proses seleksi, proses pengadaan, sosialisasi dan promosi, cara akses, dan etika penelusuran serta peran perpustakaan dalam penyediaan e-resources.
  • Manajemen referensi dan visualisasi data (Publish or Perish, Mendeley, dan VOSviewer) yang membantu mahasiswa, dosen, dan peneliti dalam proses penyusunan karya ilmiah. Disertai demo penggunaannya di akhir paparan materi.
  • Library engagement melalui berbagai kegiatan guna menumbuhkan rasa memiliki di kalangan sivitas akademika ITB terhadap perpustakaan.
  • Media sosial yang dimiliki dan dikelola oleh UPT Perpustakaan guna mendukung promosi perpustakaan dan juga library engagement.
  • Layanan terbarukan di perpustakaan yang merupakan hasil kerja sama dengan mitra kerja perpustakaan.

Dalam kesempatan ini juga Kepala UPT Perpustakaan menyampaikan rencana pengembangan yaitu transformasi koleksi dari koleksi cetak ke koleksi elektronik. Ruang perpustakaan menjadi meeting point setelah perpustakaan mentransformasikan seluruh koleksi cetaknya ke koleksi elekronik. Dengan rencana pengembangan ini diharapkan layanan perpustakaan semakin efektif dan efisien dalam memberikan layanan kepada pemustaka sehingga dapat berkontribusi pada percepatan kelulusan mahasiswa (tepat waktu) serta peningkatan jumlah publikasi ilmiah yang diterbitkan di jurnal internasional dengan kategori Q1.

Kepala Perpustakaan berharap informasi yang diperoleh dari kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan sekaligus menjadi inspirasi  yang dapat diterapkan oleh para dosen magang di tempatnya masing-masing. Selanjutnya pada kesempatan ini Bapak Arie Naftali Hawu Hede menyampaikan dalam beberapa bulan kedepan, para dosen magang yang saat ini tersebar di seluruh Indonesia akan melaksanakan kegiatan magangnya di ITB secara luring, UPT Perpustakaan dan para dosen magang sepakat untuk bertemu dan melihat langsung perpustakaan di ITB.

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Open chat
Ask librarian!
X