Enter your keyword

Kembali Dibukanya Perpustakaan ITB

Kembali Dibukanya Perpustakaan ITB

Kembali Dibukanya Perpustakaan ITB

BANDUNG, lib.itb.ac.id – Pada tanggal 27 September 2021, telah dilaksanakan kegiatan penyambutan mahasiswa kembali ke kampus dalam rangka transisi perkuliahan dari daring menuju tatap muka (PTM). Acara penyambutan tersebut dihadiri oleh Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M.Eng., dan Sekretaris Institut Prof. Dr.-Ing. Ir. Widjaja Martokusumo, beserta undangan para Dekan, Pimpinan Unit Kerja, dan sebagian mahasiswa ITB.

Berkaitan dengan hal tersebut, UPT Perpustakaan ITB dibuka kembali pada hari Selasa, 28 September 2021. UPT Perpustakaan ITB dibuka untuk seluruh sivitas akademika ITB yang telah mendapatkan ijin masuk kampus ITB, adapun untuk kuota kunjungan perpustakaan sebanyak 100 orang per hari. Dosen, Mahasiswa, Tenaga Kependidikan yang akan berkunjung ke Perpustakaan ITB wajib mengikuti ketentuan dari Fakultas / Sekolah masing-masing untuk mendapatkan akses masuk kampus terlebih dahulu, untuk selanjutnya mendapatkan akses kunjungan ke Perpustakaan ITB.

Hari pertama kunjungan perpustakaan dibuka kembali, Perpustakaan ITB menerapkan pendaftaran kunjungan pada sistem yang sudah disediakan. Pendaftaran tersebut paling lambat dilakukan pada H-1 sebelum rencana kunjungan. Terdata sebanyak 55 orang yang mendaftar untuk berkunjung ke Perpustakaan, pendaftar tersebut tersebar dari berbagai Fakultas dan Sekolah. Namun demikian pada hari perpustakaan dibuka, tercatat sebanyak 18 orang yang berkunjung ke Perpustakaan, hal tersebut dikarenakan ada kendala dari berbagai faktor yang membuat rencana kunjungan ke perpustakaan tersebut batal atau urung tidak jadi dilaksanakan. 


Salah satu pengunjung perpustakaan yang bernama Antania, Mahasiswa dari Teknik Sipil Angkatan 2019 menyampaikan bahwa tujuan awalnya hanya untuk mengembalikan buku, tetapi karena melihat suasana perpustakaan masih sepi membuat Antania memanfaatkan layanan ruang baca untuk belajar di perpustakaan dalam rangka persiapannya menghadapi Ujian Tengah Semester (UTS).

Selain itu, Antania juga menyampaikan perasaannya yang begitu “excited” dan senang untuk pertama kali melaksanakan kunjungannya ke perpustakaan. Menurutnya, suasana perpustakaan masih sepi sehingga nyaman untuk dapat memanfaatkan fasilitas di Perpustakaan. Diungkapkan lagi olehnya, dikarenakan pandemi sudah berlangsung sekitar 18 bulan lamanya, Antania merasa nostalgia lagi berada di Perpustakaan, karena dahulu saat menjadi mahasiswa TPB sering belajar di Perpustakaan.

Antania juga menyinggung sedikit pengalamanya mengenai “booking” untuk pendaftaran berkunjung ke Perpustakaan, menurutnya “Awalnya kirain bakal ribet untuk booking, ternyata pas masuk ke website Perpustakaan sangat mudah, tinggal masuk ke menu pada sudut kanan atas pilih kunjungan perpustakaan dan langsung keluar QR Code nya, gampang gitu” ujar Antania.

Antania menuturkan bahwa mudah, tidak rumit dan tidak ada kendala dalam pengaplikasiannya untuk “booking” pendaftaran kunjungan ke Perpustakaan. Selain itu, Antania juga mengapresiasi kepada Perpustakaan atas usaha penerapan protokol kesehatan yang ketat, dimana di Perpustakaan sudah ada pembatasan bagi pengunjung setiap harinya, serta kursi-kursi yang telah diatur sedemikian rupa agar tetap menjaga jarak. Diakhir pembicaraannya, Antania berharap kepada Perpustakaan agar dapat menambah jam operasinal layanannya, walaupun mungkin itu sulit pada masa pandemi ini ujarnya. Bagi Dosen, Mahasiswa, dan Tenaga Kependidikan lainnya yang berencana memanfaatkan fasilitas dan layanan perpustakaan secara luring terbatas saat ini seperti Antania, dapat mengunjungi tautan berikut untuk melihat informasi detailnya KLIK DISINI

Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh Dosen, Mahasiswa, dan Tenaga Kependidikan yang berencana mengunjungi perpustakaan, yaitu:

  1. Kuota kunjungan perpustakaan sebanyak 100 orang per hari.
  2. Dosen, Mahasiswa dan Tenaga Kependidikan wajib mengikuti ketentuan di Fakultas/Sekolah masing-masing terkait ijin untuk mendapatkan akses masuk kampus.
  3. Fasilitas dan layanan yang dapat digunakan adalah:
    • Layanan Sirkulasi (peminjaman dan pengembalian buku) *Khusus bagi mahasiswa yang melakukan reservasi online (termasuk yang akan meminjam dan mengembalikan buku), tetap mengisi pendaftaran kunjungan pada H-1.
    • Fasilitas Ruang Baca. Ruang baca diatur sesuai dengan rambu-rambu yang sudah diberi tanda oleh staf perpustakaan
    • Penelusuran koleksi menggunakan gawai masing-masing di laman https://webpac.lib.itb.ac.id/
  4. Jam operasional perpustakaan.
    • Perpustakaan dibuka mulai pukul 09:00 s.d 14:30 WIB.
    • Waktu Istirahat Layanan pukul 12.00 s.d. 13.00 WIB.
  5. Pendaftaran kunjungan pada sistem yang sudah disediakan.
    • Pendaftaran paling lambat dilakukan pada H-1 sebelum rencana kunjungan.
    • Pendaftaran yang berhasil/disetujui menunjukkan kapasitas masih tersedia.

Cara Pendaftaran kunjungan Perpustakaan:

  1. Akses https://webpac.lib.itb.ac.id/
  2. Login menggunakan SSO akun INA ITB
  3. klik “Menu” (pada sudut kanan atas), pilih “Kunjungan Perpustakaan” pada drop down menu atau klik link berikut https://webpac.lib.itb.ac.id/find/kunjunganperpus
    • Pilih tanggal rencana masuk. Apabila kuota masih tersedia akan ada keterangan “input berhasil”, namun apabila kuota penuh/tidak berhasil maka dapat memilih hari lain yang masih tersedia.
    • Dosen, Mahasiswa dan Tendik yang sudah mendaftar dan berhasil akan mendapatkan konfirmasi email untuk masuk perpustakaan.
  4. Pada hari kunjungan, Dosen, Mahasiswa dan Tenaga Kependidikan yang sudah mendaftar dapat masuk ke perpustakaan dengan scan barcode NIM/NIP/NOPEG.

Semoga pembukaan fasilitas dan layanan perpustakaan kembali secara luring ini dapat memenuhi kebutuhan sivitas akademik ITB dan seluruh pihak selalu sehat dan selamat. Semangat Berkarya dan Salam Literasi.

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

X