Enter your keyword

Live Instagram, Perpustakaan ITB

Live Instagram, Perpustakaan ITB

Live Instagram, Perpustakaan ITB

BANDUNG. Lib.itb.ac.id – Pada tanggal 5 Oktober 2021, telah dilaksanakan kegiatan Bincang Santai melalui Live Instagram UPT Perpustakaan berkaitan dengan pembukaan kembali layanan perpustakaan secara luring terbatas. Kegiatan ini menghadirkan Bapak Dr. Eng. Yuli Setyo Indartono  selaku Kepala UPT Perpustaakaan Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Dwina Fatimiyah Shidiq, M.I.Kom. sebagai Koordinator Layanan Hubungan Masyarakat dan Kerjasama. Kegiatan Live Instragam ini dihadiri oleh Mahasiswa melalui akun Instagram mereka, terlebih keingintahuan mahasiswa yang mencari informasi mengenai pembukaan Kembali perpustakaan khusus nya saat ini pada masa pandemi. Saat ini, ITB sudah memberikan izin untuk Mahasiswa dapat memasuki kampus ITB secara terbatas sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dasar acuan yang digunakan adalah surat edaran dari Seketaris Institut ITB terkait dengan Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) beserta aturan-aturan dari setiap Fakultas dan Sekolah di ITB.

Bapak Dr. Eng. Yuli Setyo Indartono menyampaikan terkait pembukaan kembali UPT Perpustakaan dengan tetap menjaga protokol Kesehatan, diantaranya yaitu:  

  1. Kuota kunjungan perpustakaan sebanyak 100 orang per hari,
  2. Sivitas akademika ITB mengikuti ketentuan di Fakultas/Sekolah masing-masing terkait ijin untuk mendapatkan akses masuk kampus.
  3. Fasilitas dan layanan yang dapat digunakan adalah: Layanan Sirkulasi (peminjaman dan pengembalian buku), Khusus bagi mahasiswa yang melakukan reservasi online, Fasilitas Ruang Baca. Ruang baca diatur sesuai dengan rambu-rambu yang sudah diberi tanda oleh staf perpustakaan, Penelusuran koleksi menggunakan gawai masing-masing.
  4. Jam operasional perpustakaan. Dibuka pada pukul 9.00 sampai dengan pukul 14.30 WIB
  5. Pendaftaran kunjungan pada sistem yang sudah disediakan.

Selama acara, beragam pertanyaan diajukan terkait layanan perpustakaan untuk sivitas akademika ITB, diantaranya yaitu dari akun instragram @Saddah yang bertanya “Bagaimana cara mendapatkan izin masuk kampus?”. Kepala UPT Perpustakaan menjawab pertanyaan tersebut dengan mengarahkan Mahasiswa untuk melakukan kontak kepada bagian tata usaha setiap Fakultas dan Sekolah dengan membawa surat rekomendasi dari dosen pembimbing, agar mendapatkan izin masuk kampus. Pertanyaan yang lain terkait dengan akses karya ilmiah ITB. Mahasiswa bertanya “Apakah setelah masuk perpustakaan kita dapat membaca/mencari karya ilmiah?” Bapak Yuli menjawab dengan mempersilakan Mahasiwa untuk mengikuti prosedur dan protokol kesehatan yang telah ditentukan,  “Mahasiswa untuk dapat mengakses buku dengan tidak mengembalikan buku ke rak karena akan ada staf yang membereskannya dengan memproses buku yang sudah digunakan dengan ketentuan yang ada” ujar Pak Yuli.

Pertanyaan yang lain dari Mahasiswa yaitu mengenai pembatasan jam layanan, Bapak Yuli merespon dengan menyampaikan bahwa tidak ada pembatasan waktu dengan disesuaikan dengan jam layanan perpustakaan. Mahasiswa juga menyampaikan pertanyaan melalui Direct Message (DM) Instagram @itblibrary, yaitu berkaitan dengan peminjaman/pengembalian buku namun tidak ada izin masuk dari Fakultas/Sekolah. Bapak Yuli menjawab dengan menyampaikan bahwa akan dibuatkan rencana untuk membuka layanan tersebut dengan melakukan pelayanan peminjaman/pengembalian pada area tertentu agar mahasiswa dapat memanfaatkan layanan peminjaman/pengembalian buku. Pertanyaan lain dari Mahasiswa mengenai denda buku, disampaikan bahwa denda belum diberlakukan selama masa pandemi.

Berdasarkan pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat terlihat keingintahuan Mahasiswa mengenai pembukaan kembali UPT Perpustakaan dan layanan yang dapat dimanfaatkan oleh sivitas akademika cukup besar. UPT Perpustakaan berupaya terus-menerus secara maksimal dalam memberikan dukungan agar sivitas akademika ITB dapat belajar dengan baik. Disampaikan lebih lanjut oleh Bapak Yuli bahwa, “UPT Perpustakaan juga memberikan fasilitas yang diperlukan yang dapat kami dukung dari Perpustakaan ITB disesuaikan dengan pembukaan perpustakaan secara bertahap”, ujar Dr. Ir. Yuli Setyo Indartono, ditengah diskusi dan menjawab pertanyaan.

Kegiatan Bincang Santai Live Instagram ini diupayakan untuk selalu hadir dengan tema yang beragam. Program ini menjadi jembatan komunikasi antara sivitas akademika ITB dan pustakawan secara online terlebih lagi di masa pandemi covid-19 yang mengutamakan protokol kesehatan pada hampir semua aktivitas masyarakat. Penting bagi perpustakaan untuk selalu mensosialisasikan semua informasi layanan yang tersedia kepada semua sivitas akademika. Melalui sosialisasi yang dilakukan oleh perpustakaan, salah satunya melalui media sosial khususnya pelaksanaan Instagram Live ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran sivitas akademika  serta mendorong sivitas akademika  ITB memanfaatkan Layanan perpustakaan secara optimal.

Untuk mengakses kegiatan Live Instagram tersebut, silakan untuk mengakses DISINI

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

X