Enter your keyword

Orientasi Perpustakaan Bagi Mahasiswa Baru ITB Program Pascasarjana Tahun 2021

Orientasi Perpustakaan Bagi Mahasiswa Baru ITB Program Pascasarjana Tahun 2021

Orientasi Perpustakaan Bagi Mahasiswa Baru ITB Program Pascasarjana Tahun 2021

BANDUNG, lib.itb.ac.id – Orientasi perpustakaan bagi mahasiswa program pascasarjana merupakan rangkaian terakhir dari kegiatan program orientasi pengenalan layanan perpustakaan yang dilaksanakan oleh UPT Perpustakaan ITB bagi mahasiswa baru tahun 2021. Dalam acara ini Kepala UPT Perpustakaan ITB, Dr. Ir. Yuli Setyo Indartono, kembali memandu penyampaian materi yang diberikan oleh para staf UPT Perpustakaan ITB melalui tayangan video.

Kegiatan orientasi untuk mahasiswa baru program pascasarjana  telah diselenggarakan pada hari Kamis, tanggal 19 Agustus 2021 pukul 13.00 – 14.00 WIB secara live event melalui  platform Microsoft Live Meeting dan live streaming melalui kanal YouTube dengan tajuk Pengarahan Mahasiswa Baru Program Pascasarjana.

Live Streaming Orientasi Perpustakaan Online untuk Mahasiswa Baru ITB Program Pascasarjana

Pada kegiatan orientasi ini dipaparkan dukungan apa saja yang dapat diberikan oleh Perpustakaan ITB guna mendukung kelancaran studi dan mendukung publikasi para mahasiswa pascasarjana di ITB.

“Kami di Perpustakaan berupaya terus-menerus secara maksimal dalam memberikan dukungan agar para mahasiswa bisa belajar dengan baik, mendapatkan koleksi-koleksi e-resources yang diperlukan, baik itu buku (apakah cetak atau elektronik), juga jurnal, terutama elektronik kalau untuk jurnal. Kemudian hal-hal lain yang bisa kami dukung di Perpustakaan ITB”, ujar Dr. Ir. Yuli Setyo Indartono di awal acara.

Selanjutnya Dr. Ir. Yuli Setyo Indartono menyampaikan bahwa dalam kegiatan orientasi ini disampaikan 4 (empat) materi yang meliputi fasilitas dan layanan Perpustakaan (dengan materi keanggotaan Perpustakaan, koleksi tercetak, layanan sirkulasi (peminjaman, perpanjangan dan pengembalian), pencarian koleksi, layanan peminjaman pada masa pandemik, lama peminjaman, sanksi, perpustakaan digital, waktu operasional layanan, pembagian zona ruangan di perpustakaan, informasi FRS dan wisuda berkaitan dengan layanan perpustakaan, sistem keamanan di Perpustakaan, tata tertib di Perpustakaan, informasi kontak, web, dan media sosial perpustakaan, serta Mobile Apps);  akses e-book atau buku elektronik (dengan penyampaian materi meliputi jenis electronic resources menurut International Federation of Library Association (IFLA), akses e-book dari luar dan dalam kampus, etika penelusuran e-book, konsekuensi pelanggaran etika, daftar akses e-book di ITB, informasi kontak, web, dan media sosial perpustakaan); akses e-journal atau jurnal elektronik (dengan penyampaian materi meliputi jenis electronic resources, karakteristik e-journal, akses dari luar kampus, informasi OpenVPN ITB, etika penelusuran, pelanggaran etika, daftar akses e-Journal di ITB, serta informasi kontak pertanyaan terkait e-Journal); dan terakhir terkait dengan manajemen referensi dan sitasi (penyampaian materi meliputi pengenalan Mendeley: fitur Mendeley Web Importer, Mendeley Cite Microsoft Word, pengelolaan bibliografi; dan pengolahan visualisasi data referensi meliputi: indexing and abstracting database dan VOSViewer).

Kegiatan orientasi terbagi menjadi 3 sesi, yaitu sesi pemaparan materi melalui tayangan video, sesi kuis, dan sesi tanya jawab. Sesi kuis wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa sebagai persyaratan untuk dapat menggunakan fasilitas di Perpustakaan.

Di akhir acara Dr. Ir. Yuli S. Indartono menyampaikan harapannya agar para mahasiswa dapat sukses dan berkarya besar untuk pribadi, ITB, dan bangsa.

Recorded Live Event tanggal 19 Agustus 2021. Klik DI SINI. Akses video dokumentasi menggunakan akun Microsoft ITB (sign in: …@mahasiswa.itb.ac.id, …@office.itb.ac.id).

#ITBEvent

#PMBITB2021

#ITBProud

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

X