Enter your keyword

Orientasi Perpustakaan Bagi Mahasiswa Baru ITB Program Sarjana Tahun 2021

Orientasi Perpustakaan Bagi Mahasiswa Baru ITB Program Sarjana Tahun 2021

Orientasi Perpustakaan Bagi Mahasiswa Baru ITB Program Sarjana Tahun 2021

BANDUNG, lib.itb.ac.id – Pada hari Senin, 16 Agustus 2021 ITB menyelenggarakan acara Penyambutan Mahasiswa Baru secara daring dan disiarkan langsung melalui kanal Youtube. Institut Teknologi Bandung pada Tahun Akademik 2021/2022 ini menerima 7.277 mahasiswa baru yang terdiri atas 4355 mahasiswa Program Sarjana, 2.224 mahasiswa Program Magister, 326 mahasiswa Program Doktor, dan 372 mahasiswa Program Profesi.

Live Streaming Orientasi Perpustakaan Online untuk Mahasiswa Baru ITB Program Sarjana

Orientasi Perpustakaan bagi mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh UPT Perpustakaan merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru ITB. Kegiatan orientasi perpustakaan dibagi menjadi 2 bagian, yaitu kegiatan orientasi perpustakaan untuk mahasiswa baru program sarjana dan kegiatan orientasi perpustakaan untuk mahasiswa program pascasarjana. Kegiatan orientasi perpustakaan untuk mahasiswa baru program sarjana  telah diselenggarakan pada hari Rabu, tanggal 18 Agustus 2021 pukul 10.00 – 12.00 secara live event melalui  platform Microsoft Team Live Meeting dan live streaming melalui kanal YouTube dengan tajuk Wawasan ITB : Pengenalan Perpustakaan. Acara orientasi dipandu oleh Dr. Ir. Yuli Setyo Indartono, selaku Kepala UPT Perpustakaan ITB.

Materi yang diberikan dalam orientasi perpustakaan PMB ITB Tahun 2021 ini meliputi fasilitas dan layanan Perpustakaan (dengan penyampaian materi meliputi keanggotaan Perpustakaan, koleksi tercetak, layanan sirkulasi (peminjaman, perpanjangan dan pengembalian), pencarian koleksi, layanan peminjaman pada masa pandemik, lama peminjaman, sanksi, perpustakaan digital, waktu operasional layanan, pembagian zona ruangan di perpustakaan, informasi FRS dan wisuda berkaitan dengan layanan perpustakaan, sistem keamanan di Perpustakaan, tata tertib di Perpustakaan, informasi kontak, web, dan media sosial perpustakaan, dan Mobile Apps); akses e-book atau buku elektronik (dengan penyampaian materi meliputi jenis electronic resources, akses e-book dari luar dan dalam kampus, etika penelusuran e-book, pelanggaran etika, daftar akses e-book di ITB, informasi kontak, web, dan media sosial perpustakaan), dan akses e-Journal atau jurnal elektronik (dengan penyampaian materi  meliputi jenis electronic resources, karakteristik e-journal, akses dari luar kampus, informasi OpenVPN ITB, etika penelusuran, pelanggaran etika, daftar akses e-journal di ITB, dan informasi kontak pertanyaan terkait e-journal). Acara ini dibagi menjadi 3 sesi, sesi pertama penyampaian materi melalui pemutaran video,  selanjutnya sesi kuiz, dan tanya jawab.

Dalam kata pengantarnya di awal acara Dr. Ir. Yuli S. Indartono menyampaikan bahwa UPT Perpustakaan siap mendukung mahasiswa ITB termasuk mahasiswa baru untuk menggunakan berbagai macam koleksi baik koleksi cetak, koleksi elektronik maupun fasilitas lainnya yang ada di Perpustakaan ITB guna mendukung studi para mahasiswa ITB. Pada kesempatan ini pula Dr. Ir. Yuli S. Indartono menyampaikan bahwa terkait masa pembatasan di kampus, fasilitas layanan yang bersifat fisik hanya dapat dilakukan manakala kampus sudah dibuka kembali. Selain itu, Dr. Ir. Yuli S. Indartono memperkenalkan pula perpustakaan program studi/fakultas/sekolah yang ada di lingkungan ITB yang nantinya bersama-sama dengan Perpustakaan Pusat memberikan pelayanan kepada mahasiswa. 

Sesi pengisian kuis dalam acara ini wajib diikuti oleh para mahasiswa karena kelulusan dalam pengisian kuis akan mempengaruhi apakah mahasiswa dapat menggunakan fasilitas perpustakaan atau tidak. Antusiasme para mahasiswa terhadap kegiatan ini cukup tinggi terlihat dari banyaknya pertanyaan yang muncul dari para mahasiswa terkait materi yang disampaikan yang dijawab langsung oleh Dr. Ir. Yuli S. Indartono. Salah satu pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa baru ITB adalah terkait dengan akses e-journal yang perlu memakai OpenVPN ITB. “Apakah akses journal harus selalu menggunakan OpenVPN?”, tanya mahasiswa. “Ya tadi saya sampaikan, untuk awalnya iya semuanya pakai VPN. Kemudian, ada yang punya fasilitas remote access seperti ScienceDirect, itu bisa menggunakan remote access. Setelah pertama kali menggunakan VPN”, jawab Dr. Ir. Yuli S. Indartono.

Recorded Live Event tanggal 18 Agustus 2021. klik DI SINI. Akses video dokumentasi menggunakan akun Microsoft ITB (sign in: …@mahasiswa.itb.ac.id, …@office.itb.ac.id).

#ITBEvent

#PMBITB2021

#ITBProud

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

X