Masa Orientasi Perpustakaan 2012

Dengan berakhirnya libur lebaran 1433 H, maka aktifitas dan kehidupan kampus mulai beranjak berjalan normal kembali seperti biasanya. Musim perkuliahan berdasarkan kalender akademik ITB yang sudah harus dimulai tanggal 27 Agustus senin lalu mulai membawa mahasiswa meramaikam Kampus ITB termasuk UPT Perpustakaan . Mahasiswa sudah kembali dari aktifitas mudiknya dengan membawa semangat baru untuk berjuang menuntut kembali ilmu di ITB.

Sejak hari Senin, terpantau mahasiswa telah meramaikan Gedung Perpustakaan Pusat. Kebanyakan dari mereka adalah mahasiswa program studi Sarjana ITB yang melaksanakan aktifasi dan daftar ulang keanggotaan perpustakaan. Beberapa dari mereka pun sudah terlihat mulai meminjam buku untuk dibaca di perpustakaan. Buku-buku tersebut tentunya adalah Buku TPB yang merupakan buku rujukan referensi kuliah untuk mahasiswa program sarjana semester satu dan dua.Sebelumnya mahasiswa program sarjana telah mengikuti orientasi perpustakaan yang dilaksanakan secara pleno bersama USDI dan Bumi Medika Ganesha di Sabuga ITB pada tanggal 27 Juli 2012 lalu.

Tidak hanya mahasiswa program Sarjana, Mahasiswa program Pasca-Sarjana pun mulai terlihat memenuhi perpustakaan. Mereka mencari informasi untuk aktifasi keanggotaan perpustakaan. Terkait dengan hal tersebut, UPT Perpustakaan menyelenggarakan Kelas Orientasi Perpustakaan yang akan dimulai pada bulan September 2012. Kelas Orientasi ini tidak bersifat wajib bagi mahasiswa Pasca-Sarjana yang menamatkan program Sarjana nya di ITB, namun tetap dianjurkan untuk mengikutinya.

Kelas Orientasi diselenggarakan dalam dua jenis, yaitu (1) kelas reguler, dan (2) kelas khusus. Kelas Reguler akan dilaksanakan rutin setiap hari Jumat dalam dua sesi, yaitu (1) Sesi I pada pukul 09.00-10.30 WIB dan (2) Sesi II pada pukul 13.30-15.00 WIB. Untuk kelas khusus, pelaksanaannya tergantung dari permintaan dan kesediaan mahasiswa. Untuk menggelar dan mengikuti kelas khusus ini, mahasiswa Pasca-Sarjana cukup datang ke Bagian Layanan Referensi/Pemanduan (Berlokasi di lantai satu sebelah layanan sirkulasi—peminjaman dan pengembalian buku) untuk mengetahui sekaligus membuat jadwal pelaksanaan kelas khusus orientasi.

Dalam pelaksanaannya, tidak ada perbedaan materi baik secara kuantitas maupun kualitas dalam penyampaian informasi orientasi baik itu di kelas regular maupun kelas khusus. Dalam kelas ini akan dipresentasikan pemanfaatan perpustakaan secara komprehensif dan menyeluruh.

Beberapa hal yang akan dipresentasikan adalah (1) Informasi umum tentang perpustakaan; (2) Penelusuran dan temu balik koleksi tercetak (Buku dan Jurnal); (3) Informasi mengenai layanan perpustakaan digital; (4) Penelusuran dan temu balik artikel dari E-Journal yang dilanggan oleh ITB; (5) Penelusuran dan pemanfaatan E-Book yang dilanggan oleh ITB; (6) Informasi lain yang berkaitan dengan peningkatan kemampuan dan ketrampilan pencarian informasi.

Mahasiswa yang mengikuti kelas ini akan memperoleh manfaat, yaitu: (1) Meningkatkan kemampuan pencarian dan temu balik koleksi tercetak (Buku dan Jurnal) secara lebih efektif dan efisien; (2) Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam melakukan penelusuran E-Journal dan E-Book yang sesuai dengan kebutuhannya; (3) Meningkatkan kemampuan literasi mahasiswa terutama dalam mendukung peningkatan ketrampilan dalam pencarian informasi.

Melalui media ini UPT Perpustakaan mengucapkan “Selamat Datang Kembali Mahasiswa ITB” “Mari manfaatkan secara maksimal dan optimal segala fasilitas yang ada di Perpustakan”. “Perpustakaan siap melayani kebutuhan informasi anda”.

Salam Sukses!! Salam Perpustakaan!!

Berita Terkait

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com