Pengenalan UPT Perpustakaan kepada mahasiswa baru ITB

Jumat, 27 Juli 2012 UPT Perpustakaan ITB bersama-sama dengan Unit Sumber Daya Informasi (USDI-ITB) dan Bumi Medika Ganesha (BMG-ITB) melakukan sosialisasi pengenalan fasilitas-fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa baru. Pengenalan tersebut disampaikan secara pleno bertempat di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga-ITB) berlangsung selama kurang lebih satu setengah jam. Acara yang dimulai pada pukul 15.30 WIB dan berakhir pukul 17.00 WIB tersebut dihadiri oleh 3,338 mahasiswa baru ITB.

Mendapat kesempatan pertama, Kepala UPT Perpustakaan ITB Bapak Drs. Mahmudin, SIP menyambut mahasiswa dengan sapaan “Semangat Pagi” dan dibalas dengan semangat pula oleh para mahasiswa baru ITB. Dalam pemaparannya, Bapak Kepala UPT Perpustakaan menyampaikan banyak hal terkait dengan pemanfaatan perpustakaan untuk para mahasiswa baru. UPT Perpustakaan atau yang lebih “familiar” dikenal sebagai Perpustakaan Pusat merupakan salah satu tempat favorit mahasiswa di ITB. Perpustakaan hadir untuk mendukung kegiatan pembelajaran dan pendidikan mahasiswa terutama dalam hal pemenuhan kebutuhan informasi yang saat ini beraneka ragam bentuk dan variannya.

Diperkenalkan pula bahwa perpustakaan di ITB tidak hanya perpustakaan pusat tetapi terdapat pula perpustakaan-perpustakaan fakultas/sekolah dan program studi yang bersama-sama bertugas memenuhi kebutuhan mahasiswa. Di perpustakaan pusat sendiri, perpustakaan hadir dalam bentuk yang unik dan berbeda. Mahasiswa dapat menemukan sudut baca-sudut baca (“Corners”) yang unik dan menarik menampilkan ciri khasnya mewarnai keragaman aktifitas di perpustakaan. Beberapa “corners” tersebut adalah American Corner, Sampoerna Corner, Indonesia Nation Building Corner, Cyberlib, dan Perpustakaan Dody Tisna Amidjadja. “Corners” tersebut merupakan hasil kemitraan antara ITB dan lembaga-lembaga terkait yang tidak hanya meramaikan perpustakaan dengan koleksinya yang khas, namun turut pula melalui kegiatan-kegiatannya yang unik dan atraktif.

Disampaikan pula oleh Bapak Kepala UPT Perpustakaan mengenai koleksi yang tersedia di perpustakaan. Setiap tahun koleksi tersebut terus ditingkatkan baik kuantitas maupun kualitasnya agar dapat dimanfaatkan secara optimal oleh seluruh Sivitas Akademika ITB (SivA-ITB). Dalam presentasinya dipaparkan mengenai cara pencarian, peminjaman, dan pengembalian, jenis koleksi, sistem penyimpanannya, beserta hal-hal teknis lainnya.

Koleksi yang menjadi favorit khususnya mahasiswa baru yang akan menjalani tahun pertamanya di ITB adalah koleksi Tahap Persiapan Bersama (TPB). Koleksi TPB merupakan buku pegangan untuk mendukung perkuliahan Tahap Persiapan Bersama di ITB. Setiap tahunnya koleksi TPB selalu ditingkatkan kuantitasnya secara bertahap untuk mendukung kebutuhan buku mahasiswa TPB. Dalam presentasinya Bapak Kepala UPT Perpustakaan menampilkan koleksi TPB yang tersedia di UPT Perpustakaan.

Koleksi yang dapat dimanfaatkan di UPT Perpustakaan tidak hanya berbentuk cetak saja, dalam presentasi dijelaskan pula mengenai koleksi digital yang tersedia di perpustakaan yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Koleksi digital yang tersedia ada yang berupa koleksi “local content” yang merupakan terbitan dari ITB seperti tugas akhir, tesis, disertasi, hasil penelitian, dan hasil karya ITB lainnya. Tersedia pula akses koleksi digital berupa buku elektronik dan jurnal elektronik yang dilanggan oleh ITB setiap tahunnya. Tahun ini ITB mengalokasikan dana yang cukup banyak untuk melanggan akses koleksi buku elektronik dan jurnal elektronik yang sesuai dengan kebutuhan SivA ITB.

Kesempatan presentasi berikutnya disampaikan oleh Unit Sumber Daya Informasi (USDI ITB) dan UPT Layanan Kesehatan ITB – Bumi Medika Ganesha (BMG). Dalam pemaparannya disampaikan mengenai fasilitas layanan teknologi informasi dan layanan kesehatan yang dapat dimanfaatkan secara optimal oleh mahasiswa baru ITB.

Selain menyimak presentasi mengenai fasilitas UPT Perpustakaan ITB, mahasiswa baru ITB diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan terkait pemanfaatan fasilitas di UPT Perpustakaan ITB. Beberapa pertanyaan dari mahasiswa yang ditujukan kepada Kepala UPT Perpustakaan adalah sebagai berikut:

(1)
Raden Fahrul Saefulloh (Mahasiswa Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB)

Untuk memanfaatkan fasilitas perpustakaan di fakultas dan sekolah, apakah harus berhubungan dengan perpustakaan pusat?

(2)
Nirman (Mahasiswa Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati)

Apakah fasilitas perpustakaan di ITB jatinangor sudah siap secara maksimal?

(3)
Sagung (Mahasiswa Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara)

Apresiasi untuk UPT Perpustakaan ITB karena telah menyediakan koleksi TPB yang umumnya harga dari buku-buku yang termasuk dalam koleksi TPB cukup mahal.

Saran untuk pertimbangan kebijakan terkait lama peminjaman koleksi TPB selama satu tahun.

(4)
Ratna (mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam)

Berapa maksimal buku yang dapat dipinjam di perpustakaan?

Apakah masih harus membayar untuk memanfaatkan fasilitas “wifi” di perpustakaan?

(5)
Tengku Rizki (mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan)

Apakah di perpustakaan tersedia “ebook” koleksi TPB?

Dengan berakhirnya sesi Tanya Jawab tersebut, maka berakhir pula seluruh rangkaian acara pengenalan pemanfaatan fasilitas di ITB. Selamat datang mahasiswa baru ITB, selamat belajar dan berjuang menuntut ilmu di ITB.

Berita Terkait

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com