Peresmian SNI Corner ITB 2015

Rabu, 4 November 2015. UPT Perpustakaan ITB bersama dengan Badan Standardisasi Nasional meresmikan SNI Corner. SNI Corner merupakan outlet informasi standardisasi dan penilaian kesesuaian, yang menyediakan; dokumen SNI dengan topik terpilih, direktori laboratorium dan lembaga sertikasi, buku referensi, serta berbagai multimedia pendidikan standardisasi, promosi SNI maupun video streaming.

 

Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama antara Ir. Abdul Rahman Saleh, Dipl. M.Sc selaku Kepala Pusat Informasi dan Dokumentasi Standardisasi BSN dan Dr. Ir. Yuli Setyo Indartono selaku Kepala UPT Perpustakaan ITB. Kegiatan ini turut disaksikan oleh Dr.Miming Miharja, ST,M.Sc.Eng. selaku Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Alumni dan Komunikasi ITB dan Drs. Kukuh S Achmad, M.Sc selaku Deputi I Bidang Penelitian dan Kerjasama Standardisasi BSN.

 

Bagi Perguruan Tinggi, SNI Corner dapat bermanfaat untuk menjadi salah satu referensi bahan ajar bagi mahasiswa, baik dalam perkuliahan maupun dalam melakukan penelitian. Namun demikian keberadaan SNI Corner ini dapat bermanfaat untuk membuka akses informasi bagi masyarakat umum khususnya industri dan UKM di wilayah Bandung dan Jawa Barat sebagai acuan standardisasi dan diharapkan dapat mendorong daya saing produk unggulan daerah.

 

Layanan informasi yang tersedia pada SNI Corner meliputi; (1) Informasi tercetak (Katalog SNI, Dokumen SNI terpilih, SNI Valuasi, Jurnal Standardisasi, Prosiding Pertemuan dan Presentasi Ilmiah Standardisasi (PPIS), Buku Pengantar Standardisasi, Kemasan Informasi SNI, Terbitan lepas lainnya); (2) Informasi Elektronik (Elektronik file publikasi BSN, SNI dalam bentuk flipbook, Streaming Live seluruh acara kegiatan BSN, Siaran dari BSN TV, Iklan Layanan Masyarakat, Konsultasi secara online dengan layanan Terpadu satu pintu langsung ke BSN, Kegiatan promosi melalui partisipasi langsung masyarakat pada SNI Corner, Panduan penggunaan & panduan layanan). Disampaikan pula oleh Kepala UPT Perpustakaan bahwa “Rencana SNI Corner kedepan juga akan mengadakan program kegiatan bersama, seperti diseminasi pengenalan standar yang sudah ada di Indonesia”.

 

Rangkaian kegiatan peresmian ini kemudian dilanjutkan dengan uji coba/ simulasi penggunaan SNI Corner dengan dipandu Tim BSN dalam memperagakan cara akses informasi di SNI Corner. Tim BSN pun melakukan kegiatan pelatihan pemanfaatan informasi dan simulasi praktek penggunaan SNI Corner dengan peserta petugas layanan perpustakaan pada siang harinya.

 

SNI Corner ITB berlokasi di Ruang Periodikal Lantai 3 Gedung Perpustakaan ITB. Akses terbuka untuk umum setiap hari kerja, pukul 08:00-16:30 WIB.

Berita Terkait

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com