SOSIALISASI KATALOG INDUK DI LINGKUNGAN ITB

Sebagai perpustakaan perguruan tinggi, Perpustakaan Pusat beserta perpustakaan program studi/fakultas/sekolah di lingkungan ITB mempunyai tugas pokok dan fungsi untuk menyediakan berbagai sumber informasi yang mendukung terlaksananya program tridharma perguruan tinggi.

Tentu saja sumber informasi tersebut baik tercetak maupun non-cetak, harus dikelola dengan benar dalam segi penempatan lokasi fisik dokumen dan sarana penelusuran untuk mengetahui keberadaan sumber informasi yang dibutuhkan. Sarana penelusuran tersebut menjadi lebih penting apabila dikaitkan dengan upaya kerjasama dalam penyebarluasan informasi koleksi yang dimiliki oleh beberapa perpustakaan, melalui sarana katalog induk.

Di lingkungan ITB sendiri, sempat mencuat wacana integrasi perpustakaan di lingkungan ITB dengan idiom ?Satu Perguruan Tinggi Satu Perpustakaan?. Sedangkan kita ketahui bersama di lingkungan ITB selain perpustakaan pusat , ada banyak perpustakaan program studi/fakultas/sekolah yang telah lama memberikan layanan kepada sivitas akademik di lingkungan masing-masing. Integrasi perpustakaan ke depan perlu kajian lebih mendalam, melihat berbagai potensi permasalahan yang ada dan kemungkinan konsep implementasi yang dipilih. Sehingga implementasinya masih memerlukan waktu yang cukup panjang.

Tetapi meskipun demikian, untuk tahap awal Perpustakaan Pusat dan Perpustakaan Program Studi/Fakultas/Sekolah dapat melakukan kerjasama integrasi data dan informasi koleksi yang dimiliki masing-masing perpustakaan melalui fasilitas katalog induk (union catalogue). Sehubungan dengan hal tersebut, Perpustakaan Pusat menyelenggarakan soft launching dan sekaligus sosialisasi katalog induk ITB kepada narapustaka dan pustakawan di lingkungan ITB.

Waktu Pelaksanaan
Hari dan tanggal : Senin, 30 November 2009
Jam : 08.30 ? 12.00 WIB
Tempat : American Corner, Perpustakaan Pusat ITB Lt. 1
Pemateri : Benni Rio Hermanto, ST, MM (Ketua Knowledge Management Research Group/KMRG ITB), dan
Ena Sukmana, S.Sos. (Kepala Divisi Layanan Perpustakaan Pusat)

Berita Terkait

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com