U. S. ELECTIONS 2008 THE GENERAL ELECTION

Rabu, 3 September 2008, American Corner ITB bekerja sama dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat menyelenggarakan presentasi dan diskusi mengenai Pemilihan Presiden Amerika Serikat sebagai media pembelajaran bagi pemilihan presiden di Indonesia. Acara tersebut diselenggarakan di ruang American Corner Perpustakaan Pusat ITB lt. 1 yang dikemas dalam acara ?U.S. Elections 2008 – The General Election: An Insiders Look at US Election? dengan pembicara Mr. Mike Kopetski (Politician Democratic Party).

Acara yang dimulai pada pukul 11.00 hingga 13.00 WIB tersebut, dihadiri tidak hanya dari Civitas akademika ITB, turut pula hadir peserta dari FISIP Unpad dan masyarakat umum. Mr. Mike Kopetski sebagai Pembicara menyampaikan kepada peserta mengenai sistem pemilu di Amerika Serikat dan membahas lebih detail mengenai para kandidat Pemilu Presiden AS 2008, John McCain dan Barack Obama. Dipaparkan lebih lanjut oleh pembicara mengenai alur yang telah ditempuh oleh para kandidat mulai dari hampir 60 pemilu pendahuluan atau kaukus, Konvensi Partai Demokrat dan Partai Republik, Delegasi Super yakni delegasi yang akan memberikan suara apabila tidak ada yang meraih kemenangan mayoritas delegasi dalam pemilu pendahuluan, Calon Wakil Presiden (cawapres)-atau running mate, hingga strategi kemenangan yang meliputi electoral college dan peta kekuatan pemilih pada setiap negara bagian di Amerika Serikat. Selain itu dibahas pula oleh pembicara mengenai hari pemilihan umum di Amerika Serikat dengan fakta bahwa partisipasi pemilih menunjukkan peningkatan pada beberapa pemilu terakhir.

Presentasi kemudian dilanjutkan dengan diskusi, para peserta umumnya tertarik dengan sistem pemilu di Amerika Serikat dengan ?The Long Campain? dari mekanisme yang harus ditempuh untuk menghasilkan dua kandidat calon presiden. Selain itu, pembicara pun menyampaikan informasi atas pertanyaan peserta mengenai isu-isu yang berkembang di publik, seperti Secret Service, perbandingan ?golput? di Indonesia dengan fakta pemilu di Amerika Serikat, kelemahan sistem pemilu di Amerika Serikat, hingga pengetahuan umum mengenai keberadaan dua partai di Amerika Serikat dan karakterisk dari masing-masing partai tersebut dalam menjalankan sistem pemerintahan ketika para kandidatnya memenangkan pemilu.

Diskusi berakhir dan acara ditutup dengan informasi mengenai rangkaian acara selanjutnya, yaitu Digital Video Conferencing (DVC) mengenai US Foreign Policy dengan pembicara, Mr. John Alterman (Director and Senior Fellow, Middle East Program). Acara tersebut akan diselenggarakan pada hari rabu 10 September 2008 bertempat di ruang American Corner, Perpustakaan Pusat ITB Lt. 1.

Berita Terkait

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com