Migrasi digilib.itb

Perpustakaan ITB telah melakukan migrasi sistem digital library dari GDL v 4.0 menjadi GDL v 4.2, pengguna digilib.itb masih dapat melakukan login dengan username dan password yang telah dimiliki sebelumnya.

Secara umum menu bagi pengguna yang terdapat pada GDLv4.2 sama, namun ada beberapa tambahan antara lain remote login, dimana pengguna dapat menelusur ke koleksi institusi digital library lainnya tanpa memerlukan login kembali. Namun Fasilitas ini baru bisa digunakan bila institusi yang bersangkutan juga menggunakan sistem GDL4.2.

Feature lain yang disediakan GDLv4.2 dan dapat dimanfaatkan oleh pengguna yaitu fasilitas RSS feed dan Folksonomy. RSS feed adalah salah satu feature dimana pengguna dapat mem “bookmark” dalam browser sehingga dapat mengikuti perkembangan koleksi digital tanpa perlu akses ke situsnya. Selain pemanfaatan oleh pengguna, RSS feed juga dapat dimanfaatkan aggregator. Folksonomy merupakan metoda penandaan content dimana dengan konsep ini dimunculkan kata-kata yang berkaitan dengan content tersebut. Kata-kata yang memiliki jumlah keterkaitan content yang banyak akan dimunculkan dengan kata dengan ukuran yang lebih besar. Metoda Folksonomy diharapkan dapat membantu pengguna dalam penelusuran content.

Selain dari sisi pengguna, GDLv4.2 ini juga mengikuti standar aplikasi berbasis web yaitu:

1. “markup language” mengacu pada standar XHTML1.1 yang dikeluarkan oleh W3C (World Wide Web Consortium)

2. Pemberian style pada tampilan menggunakan CSS (Cassading Style Sheet) yang juga mengacu pada standar dari W3C.

Standar-standar lain yang berkaitan dengan konten yang telah diimplementasikan GDLv4.0 masih tetap digunakan pada GDLv4.2, antara metadata Dublin Core dan Standar Protocol Interoperability OAI-PMH (Open Archive Initiative – Protocol Metadata Harvesting) .

Sistem GDLv4.2 sama dengan GDLv4.0 yang merupakan aplikasi “open source” dimana setiap orang atau institusi dapat menggunakannya secara gratis. Proses development GDLv4.2 didanai oleh program INHERENT-DIKTI

(Contibutor: benirio)

Berita Terkait

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com