HADIAH BUKU BARU DARI BPK. M. M. PURBO-HADIWIDJOYO

Perpustakaan Pusat ITB melalui Ir. Nanan Hasanah, M.Sc. telah menerima hadiah buku dari Bpk. M. M. Purbo-Hadiwidjoyo pada hari ini Kamis, 1 Februari 2007. Beliau adalah staf pengajar (purna bhakti) di Departemen Geologi.

Buku yang dimaksud berjudul : “Kamus Inggris – Indonesia : pilihan kata lain penerjemah” sebanyak 1 eksemplar. Buku ini digagas dan awalnya dihimpun oleh Santi W. Purbo-Hadiwidjoyo. Dan kemudian dipersiapkan penerbitannya oleh Bpk. M. M. Purbo-Hadiwidjoyo.

Buku ini tumbuh dari hasil sampingan penerjemahan sejumlah buku ajar asing (Inggris) ke dalam bahasa Indonesia. Dalam perkembangannya, disertakan juga aran (Entry) yang berasal dari penataran menulis dan menerjemahkan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi bagi para dosen dari seluruh Indonesia sejak sekitar pertengahan tahun 1980. Dengan demikian, bagian terbesar kumpulan ini tidak (belum) tercantum dalam kamus yang kini beredar. Penghimpun keburu dipanggil Sang Pencipta pada 18 Agustus 2003, sehingga buah karyanya terpaksa disajikan secara anumerta.

Bukan maksud kamus ini menyulih kata yang telah ada, alih-alih memberikan pilihan lain. Hanya sedikit orang yang tahu bahwa bahasa Indonesia memiliki aturan pembentukan baru. Banyak kata baru di sini menggunakan cara tersebut.

Bagi anda yang membutuhkan buku tersebut, selama masih dalam pengolahan, Anda dapat menghubungi :

Sdr. Hidayat

Bag. Pengadaan

Perpustakaan Pusat

Institut Teknologi Bandung.

Berita Terkait

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com