American Spaces Indonesia Annual Workshop 2017

Rabu, 1 November 2017 American Corner Institut Teknologi Bandung memulai rangkaian acara American Spaces Indonesia Annual Workshop 2017. American Spaces merupakan salah satu platform diplomasi luar negeri Amerika Serikat (AS) untuk melibatkan komunitas lokal dalam melakukan diplomasi publik tatap muka secara langsung. Jaringan global saat ini lebih dari 700 American Spaces di seluruh dunia yang dikelola langsung oleh Pemerintah AS melalui Kedutaan Besar dan Konsulat Jenderal serta ruang yang dioperasikan dalam program kemitraan bersama institusi lokal.

American Corner Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan program kemitraan antara Kedutaan Besar Amerika Serikat Jakarta dan ITB yang sudah terjalin sejak tahun 2008. Selain ITB, saat ini di Indonesia terdapat sembilan American Corner lainnya di berbagai perpustakaan perguruan tinggi, yaitu Universitas Andalas, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Universitas Islam Negeri Walisongo, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Airlangga, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Tanjung Pura, dan Universitas Pattimura. American Corner Indonesia tergabung kedalam jaringan American Space bersama dengan My America dan At America Jakarta yang dikelola langsung Kedutaan Besar AS Jakarta dan My America Surabaya yang dikelola langsung oleh Konsulat Jenderal AS Surabaya.

Setiap tahunnya, Kedutaan Besar AS Jakarta memfasilitasi seluruh American Spaces yang ada di Indonesia untuk menyelenggarakan Workshop bersama. Workshop tersebut bertujuan untuk saling berbagi kiat dalam pengelolaan masing-masing corner dan spaces serta mengenalkan inovasi program-program baru yang akan dilaksanakan. Pada tahun 2017 ini, American Corner ITB mendapatkan bagian untuk menjadi tuan rumah dalam menyelenggarakan Workhop tersebut.

Acara Workshop dibuka secara resmi oleh Prof.Ir. Bermawi Priyatna Iskandar,M.Sc., Ph.D. selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB), dalam sambutannya Bapak Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB mengungkapkan sejak dibuka pada tanggal 19 Februari 2008, American Corner telah menjadi salah satu bagian penting perpustakaan dalam menyediakan, mengembangkan, dan mengelola pengetahuan bagi pengunjung perpustakaan yang tidak hanya dari Mahasiswa dan Dosen ITB namun juga dari masyarakat umum. Dalam hal ini, program American Corner ITB sejalan dengan visi Perpustakaan ITB yaitu membangun masyarakat berbasis pengetahuan di Indonesia dan visi ITB untuk menjadi universitas yang diakui secara internasional yang memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan dalam lingkup nasional dan global.

Dalam kesempatan tersebut Bapak Wakil Rektor secara khusus menyoroti program American Corner ITB yang mendukung visi ITB. Dimulai dari pemanfaatan Printer tiga dimensi yang telah digunakan oleh banyak mahasiswa ITB untuk menyelesaikan proyek akhir mereka dan banyak di antaranya juga memanfaatkannya untuk membangun model prototipe dan desain inovatif untuk kompetisi nasional dan internasional. Program lain yang turut disebutkan adalah Massive Open Online Course atau MOOC. MOOC atau kuliah online tersebut diselenggarakan bekerja sama dengan At America Jakarta memfasilitasi MIT Course pada platform EdX yang dapat diikuti secara langsung dari Bandung dan beberapa kota besar lainnya di Indonesia.

Disampaikan pula bahwa American Corner ITB juga telah mengadakan konferensi merayakan Hari Ozon Internasional untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat mengenai masalah penipisan ozon. Selain itu pada acara yang sama, “Library Seed Sharing Program” Program Berbagi Benih diluncurkan secara resmi. Program ini mendorong masyarakat untuk secara aktif berperan dalam  kelangsungan hidup yang berkelanjutan dengan bertukar benih. “Library Seed Sharing Program” telah menjadikan American Corner ITB dan Perpustakaan ITB sebagai perpustakaan dengan koleksi benih yang disirkulasikan pertama di Jawa Barat dan Indonesia.

Program terbaru lainnya “Women Empowerment Series: Promoting the Power of Women in Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics (STEAM)” yang dilakukan selama satu tahun merupakan bukti bahwa ITB, sebagai lembaga sains, teknologi, dan seni, beserta American Corner ITB mendukung kelompok marginalisasi terutama perempuan, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat” demikian dipaparkan oleh Bapak Wakil Rektor dalam sambutannya.

Setelah sambutan tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan Workshop terkait pengelolaan American Spaces. Beberapa presentasi yang disampaikan adalah “American Spaces: Here, Now and the Future” dari Scott Hartmann selaku Regional Information Resource Officer for Maritime Southeast Asia and the Pacific Island yang menyoroti terkait arah kebijakan dan dukungan program dari Kedutaan Besar AS saat ini untuk American Spaces.

Presentasi lainnya dari At America Jakarta yang disampaikan oleh Jed Dornburg, At America Director yang menekankan pada kolaborasi program antara semua American Spaces.

Sesi lainnya dalam “Policy-driven and networking program best practices” disampaikan oleh beberapa American Spaces dengan program terbaik yang telah berjalan yaitu “Women Empowerment Series” yang disampaikan oleh Lusia Marliana Nurani, Ph.D dari American Corner Institut Teknologi Bandung; “Ecomakers: Go Kalimantan Girls” yang disampaikan oleh Stella Prancisca, S.Pd.,M.Pd dari American Corner Universitas Tanjungpura, Pontianak; “Ecomakers: EcoTech Exhibit and Competition” yang disampaikan oleh Heru Wibowo, S.Pd. dari Universitas Muhammadiyah Malang dan “365Stories Digital Storytelling Networking” yang disampaikan oleh Oktiviane Sinaga dari MyAmerica Jakarta.

American Spaces lainnya menyampaikan presentasi terkait rencana program tahun depan, yaitu dari American Corner UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang menyampaikan terkait “Campus-based Broadcast Journalism Workshop”, American Corner Universitas Pattimura Ambon yang menyampaikan terkait “Enhancing Engagement Activities (ENACT) for Young People to Combat Violence and Extremism” ; American Corner Universitas Tanjung Pura Pontianak yang menyampaikan “YSEALI Social Entrepreneurship Camp” dan American Corner Institut Teknologi Bandung yang menyampaikan rencana program “Series of Building a Sustainable Society”.  Program untuk tahun depan juga disampaikan oleh American Space lainnya, yaitu American Corner Universitas Muhammadiyah Yogyakarta terkait “Eco-Print  Batik Project to Create Women Entrepreneurs : SHERO (She is a hero). My America Jakarta yang menyampaikan terkait “Series od digital literacy to counter negative narratives” dan dari At America Jakarta beserta My America Surabaya menyampaikan terkait rencana program dari tempat mereka untuk tahun depan yang dikemas dalam “Outlook of 2018”.

Selain pemaparan program dan rencana program, kegiatan workshop tersebut juga disampaikan pemaparan materi terkait pelatihan penggunaan toolkit/software terbaru yang dapat mendukung pelaksanaan program. Dalam hal ini penggunaan mentimeter, canva, filmorago, virtual programming, social media strategy, A-B-C model for communication and program strategic yang secara keseluruhan disampaikan sebagai bagian dari pelatihan untuk lebih mensukseskan program yang telah berjalan beserta rencana program kedepan. Pada akhinya, rangkaian kegiatan ditutup pada hari kedua, tanggal 2 November 2017 bertempat di Hotel Jayakarta Bandung oleh Susan M. Schultz selaku Counselor for Public Diplomacy Kedutaan Besar AS Jakarta yang disertai dengan penyerahan sertifikat kepada seluruh peserta. Dokumentasi kegiatan lainnya dapat dilihat di fanpage American Corner ITB (https://www.facebook.com/americancorneritb)

Berita Terkait

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com