Jenis Koleksi

KOLEKSI, LAMA WAKTU PEMINJAMAN DAN LOKASI KOLEKSI

KOLEKSI DI LANTAI 1

  • Koleksi Buku Baru

Koleksi Buku Baru disimpan secara tertutup, artinya pemustaka tidak dapat langsung mengambil buku dari rak, tetapi harus dilayani oleh petugas. Buku-buku koleksi ini dipilih oleh para staf pengajar sebagai buku pegangan mata kuliah. Koleksi Buku Baru berlokasi di bagian Pengadaan Perpustakaan. Lama peminjaman 1 Minggu dan jumlah yang boleh dipinjam sebanyak 2 buku.

  • Koleksi Kerjasama

Koleksi Kerjasama merupakan buku-buku hadiah dan hibah dari beberapa lembaga. Terdiri dari Koleksi kerjasama dengan PT HM. Sampoerna, berupa koleksi buku dan CD/DVD terkait peningkatan softskill. Koleksi ini disebut juga koleksi Sampoerna Corner diberi kode SC.

Koleksi American Corner merupakan hasil kerjasama dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat Jakarta. American Corner menyediakan koleksi baik berupa buku, CD, maupun DVD yang memuat informasi kebudayaan, sejarah dan geografi Amerika Serikat, serta buku-buku terkait bidang sains, teknologi, seni, manajemen dan bisnis. Koleksi American Corner diberi kode AC.

Koleksi Goethe Institute merupakan koleksi hadiah dari Goethe Institute dengan subjek buku terkait bidang seni dan arsitektur. Koleksi Goethe Institute diberi kode GI.

Koleksi Indonesian Corner merupakan kerjasama dengan Yayasan Nurani Dunia (Imam Budidarmawan Prasodjo). Koleksi Indonesian Corner menyediakan buku terkait nasionalisme dan wawasan kebangsaan. Koleksi Indonesian Corner diberi kode IC.

Koleksi Kerjasama berlokasi di lantai 1. Lama peminjaman 2 minggu dan jumlah yang boleh dipinjam sebanyak 2 buku.

KOLEKSI DI LANTAI 2

  • Koleksi Tahap Persiapan Bersama (TPB)

Koleksi Tahap Persiapan Bersama (TPB) merupakan buku pegangan bagi Mahasiswa Tingkat Pertama di ITB. Koleksi Tahap Persiapan Bersama (TPB) diberi kode TPB. Lokasi Koleksi TPB di BookWall (Rak yang menempel pada dinding) Lantai 2. Lama peminjaman 1 minggu dan jumlah yang boleh dipinjam sebanyak 2 buku.

  • Koleksi Mingguan

Koleksi Mingguan merupakan buku-buku yang terkait dengan bidang ilmu yang dipelajari di ITB, yaitu sains, teknologi/rekayasa, manajemen dan seni. Buku disimpan dalam urutan Kode Dewey Decimal Classification (DDC). Buku mulai dari Kode Kelas 500 sampai dengan 799 disimpan di rak secara terbuka. Pemustaka dapat langsung mencari buku yang disusun berdasarkan subjeknya. Lokasi Koleksi Mingguan terletak pada seluruh Rak di Lantai 2. Lama peminjaman 2 minggu dan jumlah yang boleh dipinjam sebanyak 8 buku.

KOLEKSI DI LANTAI 3

  • Koleksi Mingguan

Koleksi mingguan di lantai 3 merupakan koleksi buku yang terkait dengan subjek pengetahuan umum, ilmu komputer, informatika, filsafat, psikologi, agama, ilmu sosial, bahasa, kesusasteraan, sejarah, dan geografi. Buku disimpan dalam urutan Kode Dewey Decimal Classification (DDC). Buku mulai dari Kode Kelas 000 sampai dengan 499 ditambah Buku dengan Kode  Kelas 800 sampai dengan 999 disimpan di rak secara terbuka. Pemustaka dapat langsung mencari buku yang disusun berdasarkan subjeknya. Lokasi Koleksi Mingguan terletak pada Rak sisi utara Lantai 3. Lama peminjaman 2 minggu dan jumlah yang boleh dipinjam sebanyak 8 buku.

  • Koleksi Jurnal Cetak

Koleksi Jurnal Cetak yang dimiliki Perpustakaan disimpan secara terbuka di Bagian Layanan Jurnal. Koleksi Jurnal Cetak terdiri dari (1) Arsip Jurnal cetak perolehan pembelian dan (2) Jurnal Cetak perolehan hadiah. Koleksi Jurnal Cetak disusun secara alfabetis berdasarkan nama jurnal. Jurnal Cetak hanya dapat dibaca di tempat. Perpustakaan menerbitkan daftar tercetak Koleksi Jurnal dan dapat ditelusur melalui OPAC.

  • Koleksi Kliping

Koleksi Kliping merupakan kumpulan berbagai artikel dalam subjek ilmu pengetahuan, teknologi serta seni dari Koran yang dilanggan perpustakaan. Perpustakaan melanggan enam judul koran harian yang terdiri dari (1) Kompas, (2) Pikiran Rakyat, (3) Bisnis Indonesia, (4) Tempo, (5) Republika, (6) Media Indonesia. Artikel koran terkait subjek terkait dikumpulkan dalam bentuk kliping. Kliping tersebut disusun berdasarkan subjek dan disimpan di Bagian Layanan Jurnal. Koleksi Kliping hanya dapat dibaca di tempat.

  • Dokumen Standar Nasional Indonesia (SNI)

SNI Corner merupakan outlet informasi standardisasi dan penilaian kesesuaian, yang menyediakan; dokumen SNI dengan topik terpilih, direktori laboratorium dan lembaga sertikasi, buku referensi, serta berbagai multimedia pendidikan standardisasi, promosi SNI maupun video streaming. Koleksi yang tersedia pada SNI Corner meliputi; (1) Informasi tercetak (Katalog SNI, Dokumen SNI terpilih, SNI Valuasi, Jurnal Standardisasi, Prosiding Pertemuan dan Presentasi Ilmiah Standardisasi (PPIS), Buku Pengantar Standardisasi, Kemasan Informasi SNI, Terbitan lepas lainnya); (2) Informasi Elektronik (Elektronik file publikasi BSN, SNI dalam bentuk flipbook, Streaming Live seluruh acara kegiatan BSN, Siaran dari BSN TV, Iklan Layanan Masyarakat, Konsultasi secara online dengan layanan Terpadu satu pintu langsung ke BSN, Kegiatan promosi melalui partisipasi langsung masyarakat pada SNI Corner, Panduan penggunaan & panduan layanan). Koleksi SNI Corner hanya dapat dibaca di tempat.

  • Koleksi Rujukan

Koleksi rujukan adalah kumpulan bahan pustaka yang digunakan untuk mencari suatu keterangan tertentu, tidak untuk dibaca secara keseluruhan. Koleksi rujukan yang tersedia terdiri dari, kamus, ensiklopedia, handbook, manual, direktori, buku tahunan, biografi dan peta. Koleksi rujukan diberi kode R. Pemustaka dapat langsung mencari buku yang disusun berdasarkan kode DDC kelas 000 sampai dengan kelas 999. Koleksi Rujukan hanya dapat dibaca di tempat. Lokasi Koleksi Rujukan terletak pada Rak sisi selatan Lantai 3.

KOLEKSI DI LANTAI 4

  • Koleksi Umum

Koleksi umum merupakan buku-buku hadiah dari The British Council yang disumbangkan kepada ITB. Koleksi Umum terdiri dari beragam pustaka dalam bahasa Inggris dan Indonesia, mulai dari buku-buku khusus untuk anak, remaja, novel, biografi, geografi, budaya, dan sejarah. Koleksi Umum diberi kode KU. Koleksi Umum dapat dipinjam selama 2 minggu dengan jumlah yang dapat dipinjam sebanyak 4 buku. Selain sumber perolehan dari buku-buku hadiah The British Council, koleksi lainnya yang termasuk kedalam kategori koleksi umum perpustakaan, yaitu:

  • Koleksi Prof Doddy Achdiat Tisna Amidjaja (DATA). Koleksi DATA merupakan kumpulan koleksi buku Perpustakaan Prof Doddy Achdiat Tisna Amidjaja (DATA). Beliau merupakan Rektor ITB periode 1969-1976. Perpustakaan DATA dipindahkan ke UPT Perpustakaan ITB sesuai perjanjian kesepakatan antara ITB dan Yayasan Prof. Doddy Achdiat Tisna Amidjadja pada hari Jumat, tanggal 18 Juni 2010. Koleksi DATA mempunyai ciri khas terkait dengan buku-buku dalam bidang Budaya di Indonesia. Koleksi DATA diberi kode DT. Koleksi DATA dapat dipinjam selama 2 minggu dengan jumlah yang boleh dipinjam sebanyak 2 buku.
  • Koleksi World Bank. Koleksi World Bank di Perpustakaan ITB merupakan depository library untuk publikasi the World Bank. Sebagian besar berupa laporan pembangunan di negara-negara berkembang dalam bentuk tercetak dan CD ROM. Koleksi ini diberi kode WB. Koleksi World Bank dapat dipinjam selama 2 minggu dengan jumlah yang boleh dipinjam sebanyak 2 buku. Saat ini the World Bank membuka akses online di The World Bank’s Open Data Initiative dan World Bank Open Knowledge Repository – OKR.
  • Koleksi United Stated Geological Survey (USGS). Koleksi USGS merupakan hasil kerjasama Program Teknik Geologi ITB dan United States Geological Survey berupa arsip buku-buku hasil survey USGS. Koleksi ini diberi kode GS. Koleksi GS dapat dipinjam selama 2 minggu dengan jumlah yang boleh dipinjam sebanyak 8 buku. Data USGS saat ini dapat diakses di Search USGS.
  • Koleksi Nationaal Luchct en Ruimtevaart Laboratory (NLR). Koleksi NLR merupakan hasil kerjasama Program Teknik Penerbangan ITB dan Nationaal Lucht en Ruimtevaart Laboratory (NLR). Sebagian besar koleksi berupa arsip laporan penelitian. Koleksi ini diberi kode NLR. Koleksi NLR dapat dipinjam selama 2 minggu dengan jumlah yang boleh dipinjam sebanyak 8 buku. Data NLR saat ini dapat diakses di NLR Reports repository.

Koleksi Umum berlokasi di seluruh rak lantai 4 yang dapat diakses secara terbuka oleh pemustaka.

  • Koleksi Khusus

Koleksi Khusus disimpan di ruang tertutup Lantai 4. Pemustaka yang memerlukan akan dilayani oleh staf perpustakaan. Koleksi Khusus hanya dapat dibaca di tempat. Koleksi Khusus terdiri dari:

  • Tesis dan Disertasi Mahasiswa ITB, dengan kode buku T
  • Laporan Penelitian Staf Pengajar ITB, dengan kode buku Ba
  • Karya Ilmiah Sivitas Akademika ITB, dengan kode buku B
  • Koleksi Indonesiana, dengan kode buku I
  • Koleksi Langka (Koleksi Technische Hoogeschool te Bandoeng)

Seluruh peminjaman Koleksi Perpustakaan terpusat di Bagian Layanan Sirkulasi Lantai 1.

Berita Terkait

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com